Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y51 (2020)

Besaran RAM dan memori internal telah menjadi salah satu pertimbangan utama bagi seseorang saat akan membeli ponsel selain performa yang apik. Vivo Y51 pun tampaknya hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Hadir di akhir tahun 2020, ponsel dengan RAM 8GB dan ROM 128GB ini menawarkan performa yang sangat baik untuk menunjang aktivitas harian. Ditambah lagi kapasitas baterai besar yang akan semakin memanjakan.

Tapi seberapa layak ya seri ini dibawa pulang? Sebelum memutuskan untuk membelinya, simak dulu ulasan berikut ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y50

Selalu Menghadirkan Desain Menawan

desain vivo y51 2020

Desain Vivo Y51 (2020)

Vivo memang selalu menghadirkan gawai dengan tampilan bodi yang menarik. Tampilan luarnya terkesan mewah dengan pemilihan warna yang fresh dan sesuai untuk anak muda yang dinamis. 

Memanfaatkan warna efek 3D, Vivo memberikan dua pilihan warna, crystal symphony yang menawan serta titanium sapphire yang memiliki sentuhan berkelas.

Bukan sekadar tampilan luarnya yang menarik, desain yang digunakan pada bodi ini juga membuatnya nyaman saat berada dalam genggaman. Baterai bongsor yang dibenamkan tidak membuatnya jadi memiliki bodi tebal. Vivo mampu membuatnya cukup tipis dengan ketebalan 8,38 mm saja.

Penempatan kamera di dalam modul persegi panjang pada bagian belakang juga menambah kesan menarik pada perangkat. Bagian depannya sendiri masih menggunakan desain poni berbentuk tetesan air yang juga menjadi rumah untuk kamera selfie. 

Di sisi kiri masih menjadi tempat untuk meletakkan slot SIMCard dan microSD. Sisi sebaliknya, ada pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi dengan tombol power berdampingan dengan volume. Sedangkan di bagian bawah ada USB Type-C, jack audio, dan juga speaker.

Layar Full HD+

layar vivo y51 2020

Layar Vivo Y51 (2020)

Di harga yang ditawarkan Vivo memang belum bisa menghadirkan panel Super AMOLED. Tetapi panel IPS yang dibenamkan sudah mampu menghadirkan gambar dengan resolusi full HD+. Menonton film atau bermain game akan semakin menyenangkan dengan gambar jernih dan tajam.

Apalagi dengan layar seluas 6,58 inci dengan desain Ultra All Screen yang akan membuat sajian gambar jadi lebih luas. Ditambah lagi ada fitur penyaring cahaya biru yang akan membuat mata tetap merasa nyaman meski menatap gawai dalam waktu lama.

Vivo tidak menyebutkan apakah seri ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass atau belum. Tetapi demi keamanan, memasang pelindung layar tambahan tampaknya menjadi pilihan lebih bijak.

Performa yang Cukup Bisa Diandalkan

performa vivo y51 2020

Performa Vivo Y51 (2020)

Bagi yang menginginkan gawai dengan RAM dan memori internal besar, seri ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebab, selain memiliki RAM 8GB dan memori internal 128GB, pengguna masih bisa memperluasnya dengan microSD sampai 1TB.

Soal urusan jeroan, gawai ini sebenarnya sudah dibekali chipset yang mumpuni. Chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core yang menjadi otak gawai sudah bisa diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas harian.

Membuka beragam aplikasi perpesanan, media sosial, platform streaming, hingga multitasking bisa berjalan lancar. Tetapi jangan terlalu berharap banyak jika ingin menggunakan gawai ini untuk menjadi gamer profesional.

Selain itu, meski harga yang ditawarkan berkisar di Rp3 jutaan, seri ini belum dilengkapi dengan fitur NFC yang mulai banyak dicari saat ini. Meski begitu, sejumlah fitur menarik lain seperti iManager dan AI Album dapat dinikmati di Vivo Y51 (2020).

Di balik kekurangannya soal urusan game, pengguna sudah akan dimanjakan dengan sistem operasi terbaru Android 11 dengan antarmuka Funtouch OS 11. Tentu saja sebagai sistem operasi terbaru ada banyak fitur menarik yang akan membantu mempermudah pengguna.

Hal yang menarik dari seri ini adalah penempatan sensor sidik jari yang ada di bagian samping, menyatu dengan tombol power. Apalagi sensor ini diklaim sangat responsif dan bisa membuka layar hanya dalam waktu 0,248 detik saja.

Triple Cameras

kamera vivo y51 2020

Kamera Vivo Y51 (2020)

Vivo selalu menjadikan kamera sebagai bahan jualan utamanya di berbagai seri. Vivo Y51 (2020) pun tampaknya tidak jauh beda. Kamera utama 48MP yang dibenamkan sudah mampu menghasilkan gambar yang menawan. 

Sejumlah mode juga dibekalkan sehingga pengguna bisa mengambil gambar dengan lebih leluasa. Bahkan untuk memotret di malam hari pun, gambar masih bisa terlihat bagus.

Jika sedang berkumpul dan ingin foto beramai-ramai, lensa super wide angle 8MP di seri ini sudah sangat bisa diandalkan untuk membuat semua orang berada dalam frame. Untuk memotret objek kecil atau jarak dekat, pengguna pun bisa mengandalkan lensa makro 2MP.

Pengguna juga bisa mendapatkan hasil pengambilan video berkualitas dengan gawai ini. Video lebih stabil berkat teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) dan bahkan resolusi yang dihasilkan bisa 4K.

Pecinta selfie juga sudah akan dimanjakan dengan lensa 16MP. Melakukan panggilan video maupun swafoto akan terlihat jernih dengan kamera ini. Saat malam hari, pengguna bisa memanfaatkan fitur Super Night Selfie yang akan membuat foto tetap cantik meskipun cahaya kurang.

Kapasitas Baterai Semakin Besar

baterai vivo y51 2020

Baterai Vivo Y51 (2020)

Jika memilih seri ini untuk dibawa pulang, pengguna tidak lagi perlu khawatir kehabisan baterai di tengah jalan. Pasalnya, gawai ini sudah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang siap digunakan untuk bermain game selama 7,26 jam atau menikmati video berkualitas HD 14,3 jam.

Jika baterai habis pun, ada teknologi pengisi daya cepat 18W. Meski pengisi daya ini bisa mengembalikan baterai dengan cukup cepat, tetapi di harga yang sama beberapa pesaingnya sudah berani menggunakan teknologi 30W yang jauh lebih cepat.

Teknologi pengisi daya cepat 18W ini dapat digunakan untuk mengisi baterai hingga 70 persen hanya dalam waktu sekitar 67 menit saja. Ketika gawai teman atau saudara habis baterai, pengguna juga bisa muncul sebagai pahlawan karena seri ini bisa digunakan sebagai power bank.

Baca Juga: Jangan Sampai Rugi, Cek 4 Hal Ini Sebelum Ambil Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit

Spesifikasi Vivo Y51 (2020)

Tabel Spesifikasi Vivo Y51 2020
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 11, Funtouch OS 11
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) Octa core
Kecepatan CPU 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver
Storage 128GB
RAM 8GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,58 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2408 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Triple Cameras
Dimensi dan Ukuran 163.9 x 75.3 x 8.4 mm
Berat 188 g

Harga Vivo Y51 (2020)

Harga Vivo Y51 (2020) di pasaran saat ini berada di angka Rp3,5 jutaan. Apakah harga tersebut sesuai dengan budget Anda?

Ponsel yang Cukup Layak untuk Anda Bawa Pulang

Vivo Y51 (2020) menjadi salah satu ponsel dengan kapasitas baterai bongsor yang memiliki bodi tipis. Tidak hanya tampilan luarnya yang keren dan futuristik, kemampuan kameranya juga sangat bisa diandalkan untuk mengambil gambar maupun video.

Anak muda yang membutuhkan gawai untuk membuat konten berkualitas rasanya layak untuk meminang seri ini. Para pecinta selfie dan fotografi juga bisa mengandalkan kamera Vivo Y51 (2020). Orang-orang yang sedang mencari perangkat untuk sekadar memberi hiburan dan menyimpan banyak file pun akan cocok dengan gawai ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y91