Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y91

Vivo Y91 menjadi salah satu ponsel kelas pemula yang cukup bisa diandalkan. Dihadirkan sejak akhir 2018, seri ini hadir dengan harga di bawah 3 juta Rupiah. Spesifikasi yang dibawakan sudah cukup mumpuni, terutama dari segi baterai yang terbilang besar di kelasnya.

Penasaran bagaimana detail dari ponsel ini? Yuk simak reviewnya.

Menawarkan Desain Mewah

loader

Kesan mewah akan didapat oleh pengguna saat pertama kali memegang perangkat ini. Bahan polikarbonat yang digunakan diolah menghasilkan bodi yang menawan. Apalagi dengan sentuhan akhir mengilap dengan pilihan warna ocean blue, glossy red, dan starry black.

Tidak hanya terlihat mewah, ponsel ini juga nyaman dalam genggaman.Hal ini berkat digunakannya konsep lengkungan 3D untuk bodi gawai. Meski memiliki dimensi 155.11 x 75.09 x 8.28 mm, Vivo Y91 tetap nyaman saat digenggam.

Tampilan perangkat juga semakin menawan berkat hadirnya desain takik alias poni pada bagian depan. Poni ini menjadi rumah untuk sebuah kamera depan. Selain itu ada juga tombol navigasi melayang di bagian sisi layar bawah.

Bagian belakang ponsel sudah dihuni oleh dua buah kamera lengkap dengan lampu flash LED. Selain itu ada juga fitur keamanan fingerprint yang disematkan pada bagian tengah. Sedangkan, slot microSD ada di sisi kiri.

Tombol power dan juga volume berdampingan di sisi kanan. Bagian bawah ditempati oleh jack audio 3.5 mm yang ditemani oleh port USB.

Layar yang Cukup Luas

loader

Mengusung layar 6,22 inch, tampilan yang disajikan oleh gawai ini terbilang cukup luas. Keberadaan poni di bagian depan dengan rasio layar ke bodi mencapai 88,6% membuatnya jadi tampak semakin lapang.

Luasnya layar yang digunakan merupakan IPS Full Incell. Layar ini didukung dengan resolusi HD+ yang sudah cukup nyaman saat dilihat. Dengan kepadatan hingga 320 dpi, gambar yang ditampilkan sudah memiliki detail dan warna yang jelas dan lumayan tajam.

Layar ini juga memiliki respon sentuh yang bagus. Pengujian dengan sepuluh sentuhan sekaligus, layar dapat memberikan respon cukup cepat.

Baca Juga:  Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Performa yang Bisa Diandalkan

loader

Sebagai ponsel keluaran tahun 2018, antarmuka yang disematkan para perangkat ini masih FunTouch OS 4.Android Oreo 8.1. Meski cukup tertinggal, tetapi antarmuka ini sudah memiliki beragam fitur yang memudahkan pengguna.

Misalnya saja V-appstore yang membuat pengelolaan aplikasi lebih mudah. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghapus otomatis aplikasi yang tidak digunakan serta membersihkan cache.

Selain itu terdapat pemutar video dan musik khas milik Vivo yang dilengkapi beragam efek saat digunakan. Misalnya saja efek Mega Bass maupun Panoramic Surround. Para penggemar radio pun dapat menikmati berbagai siaran lewat radio FM yang dibekalkan.

Selain memiliki sistem operasi versi lama, pengguna juga harus pintar berhemat memori ketika menggunakan ponsel ini. Sebab, sebagai ponsel kelas pemula RAM yang dibekalkan hanya 2GB dengan memori internal 16GB. Meski begitu, secara umum Vivo Y91 masih tetap bisa digunakan dengan cukup lancar. Hanya saja, penggunaan memori eksternal rasanya wajib disematkan agar perangkat bisa berjalan lebih mulus.

Performa yang cukup apik tersebut disebabkan adanya chipset Snapdragon 439 yang menjadi otak dari ponsel. Chipset ini mengusung CPU Octa-core dengan unit pemrosesan grafis Adreno 505.

Pengujian dengan AnTuTu maupun Benchmark menghasilkan skor yang cukup tinggi untuk ponsel di kelasnya. Hasil pengujian GeekBench bahkan menampilkan nilai yang lebih tinggi dari MediaTek Helio A22. 

Jeroan tersebut sudah mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas standar harian seperti akses media sosial hingga menonton video. Penggunaan untuk aktivitas multitasking pun ponsel ini masih bisa berjalan cukup mulus. 

Hanya saja jika ingin bermain game dengan grafis tinggi, seperti PUBG, seri ini tidak direkomendasikan. Namun untuk beragam game berat dengan grafis rendah Vivo Y91 masih cukup lancar.

Saat menggunakan ponsel ini pun pengguna tidak perlu merisaukan soal keamanan data. Vivo sudah membekalinya dengan beragam sistem keamanan standar. Selain itu, ada pula fitur keamanan biometrik seperti pemindai sidik jari dan juga Face Unlock. 

Hasilkan Efek Bokeh dengan Dual Kamera

loader

Hadir dengan harga yang sangat terjangkau, Vivo Y91 hadir dengan membawa dua buah kamera sekaligus pada bagian belakang bodi. Kamera ini pun sudah dilengkapi dengan lampu flash LED untuk menambah sumber cahaya saat memotret. 

Dua kamera tersebut masing-masing memiliki sensor 2 MP dan 13 MP. Sensor 2 MP yang dibekalkan berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh saat memotret. Hasil yang didapat pun terbilang sudah cukup baik. Sementara untuk sensor 13 MP menjadi kamera utama yang diandalkan pada perangkat ini. Saat digunakan, kamera mampu menghasilkan foto yang tidak terlalu mengecewakan. Khususnya saat digunakan dalam kondisi terang.

Agar hasil jepretan semakin apik, Vivo juga menyematkan fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Keberadaan fitur ini mampu mengetahui kedalaman ruang sehingga mendapatkan hasil efek bokeh seperti profesional.

Bagi para pecinta swafoto, Vivo telah menyediakan kamera 8 MP yang disembunyikan pada poni bagian depan. Sama dengan kamera belakang, kamera depan ini pun sudah dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty. Fitur tersebut berfungsi untuk melakukan pendeteksian pada tekstur kulit, warna, jenis kelamin hingga pencahayaan sekitar. Saat sudah ditemukan algoritma yang sesuai, secara otomatis kamera akan melakukan penyempurnaan terhadap hasil foto.

Selain itu, hasil foto juga bisa dipercantik dengan melakukan editing pada gambar yang sudah diambil. Beragam pilihan pun tersedia. Mulai dari teks, coretan, efek filter, hingga stiker yang dapat membuat foto semakin menarik.

Baterai Bisa Bertahan Lama

loader

Penggunaan baterai dengan kapasitas cukup besar menjadi salah satu hal yang banyak diunggulkan akhir-akhir ini. Vivo Y91 pun turut mengandalkan segi ini dengan menanamkan baterai berkapasitas 4030 mAh.

Ketika digunakan untuk menunjang beragam aktivitas harian, baterai ini sudah mampu bertahan cukup lama. Sayangnya, belum ada fitur fast charging yang dibekalkan. Tetapi beruntung sistem manajemen daya yang dimiliki cukup dapat diandalkan untuk membuat baterai lebih efisien.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y93 Terbaru

Spesifikasi Vivo Y91

Berikut tabel spesifikasi Vivo Y91 terlengkap:

Tabel Spesifikasi Vivo Y91

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 8.1(Oreo) with Funtouch OS 4.5

SIM

Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm Snapdragon 439 Octa core

Kecepatan CPU

1.95 GHz

Storage

16GB/32 GB

RAM

2 GB/3 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4030 mAh

Ukuran Layar

6,22 inci

Resolusi Layar

HD+ 1520 × 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

UMTS B1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 2 MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Face Unlock, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

155.11 × 75.09 × 8.28 mm

Berat

163.5 g


Harga Vivo Y91

Harga Vivo Y91 tahun ini berada pada angka 2 juta Rupiah. Harga yang cukup masuk akal untuk kualitas yang ditawarkan. 

Vivo Y91, Ponsel Pemula yang Cukup Bisa Diandalkan

Vivo Y91 hadir dengan kemampuan performa yang cukup mumpuni di kelasnya. Perangkat ini juga sudah memiliki kamera yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan dan juga baterai besar. 

Kombinasi tersebut membuat Vivo Y91 layak untuk dibeli oleh orang-orang yang hanya membutuhkan aktivitas standar. Bisa juga dijadikan hadiah sebagai ponsel pertama untuk buah hati.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas