Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y93 Terbaru

Kehadiran Vivo Y93 membuat persaingan ponsel kelas menengah di Indonesia semakin ketat. Mengusung jeroan dari MediaTek, vendor asal Tiongkok ini menyajikan performa yang cukup menjanjikan di kelasnya. Apalagi dengan adanya RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

Desain yang Kekinian

loader

Persaingan ponsel murah bukan hanya soal performa yang mumpuni. Desain bodi yang digunakan juga sering menjadi pertimbangan. Vivo Y93 pun hadir dengan desain kekinian yang menawan. Bahan polikarbonat yang digunakan mampu diolah sehingga menghasilkan bodi dengan finishing gradasi warna apik. Warna blue ocean yang serupa laut biru dan starry black yang serupa malam berbintang bisa menjadi pilihan.

Selain memiliki desain rupawan, ketika berada dalam genggaman pun ponsel ini terasa sangat nyaman. Hal ini berkat adanya desain dengan konsep 3D yang diadopsi pada cover belakang sampai bezel. Pada bagian depan, desain masa kini berupa poni juga akan ditemukan. Selain mempercantik tampilan, poni ini menjadi tempat bagi kamera depan. Sementara di bodi belakang, ada dua buah kamera lengkap dengan lampu flash LED.

Ada pula fitur keamanan biometrik sensor sidik jari yang berada pada sisi tengah atas. Penggunaan soft case bawaan juga disarankan saat mengoperasikan gawai ini. Sebab, bagian kamera lebih menonjol yang menjadikannya rawan tergores.

Di seri ini, Vivo meletakkan tombol power dan volume pada sisi kanan. Sementara slot untuk kartu SIM dan microSD ada di sebelah kiri. Pengguna pun semakin dimudahkan karena slot tersebut bisa diisi dual SIM Card dan microSD secara bersamaan.
Sisi bawah ponsel terlihat cukup ramai dengan keberadaan speaker, port microUSB dan juga jack audio 3.5 mm. Sedangkan pada bagian atas terlihat kosong tanpa ada aksesoris.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo S1 Terbaru

Tampilan Layar Semakin Luas

loader

Kehadiran desain poni berbentuk waterdrop membuat penampakan layar Vivo Y93 jadi semakin luas. Ditambah lagi dengan penggunaan rasio 19:9 pada perangkat dengan komposisi 88 % layar dari keseluruhan bagian depan gawai.

Hal ini menjadikan layar 6.22 inch yang digunakan jadi tampak begitu lapang. Penggunaan untuk menonton video maupun akses beragam konten multimedia menjadi lebih nyaman. Apalagi luas layar bisa diatur menjadi penuh atau sekadar sampai batas poni.

Lapangnya layar yang digunakan semakin menyenangkan dengan dukungan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen. Layar tersebut mampu menghasilkan gambar dengan kualitas resolusi HD+ dengan kepadatan 271 ppi density.
Agar selama penggunaan ponsel semakin nyaman, fitur Eye Protection juga turut dibekalkan. Fitur tersebut mampu membuat layar menjadi lebih ramah untuk mata sehingga lebih nyaman saat dilihat.

Performa Vivo Y93

loader

Sebagai ponsel yang hadir di kelas menengah, Vivo menggunakan chipset MediaTek Helio P22 pada seri ini. Hal ini sedikit berbeda dengan Vivo Y93 di Tiongkok yang menggunakan chipset Snapdragon 439.

Mengusung fabrikasi 12 nm, chipset tersebut disokong oleh prosesor octa-core 2.0 GHz cortex-A53 dan juga GPU PowerVR GE8320. Agar performanya semakin maksimal, dibenamkan pula RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB.

Hasil kinerjanya pun cukup mumpuni untuk mengakomodasi beragam aktivitas standar seperti akses media sosial ataupun menonton video. Jika dibandingkan dengan seri Y95 maupun Y91, nilai benchmarknya juga tidak beda jauh.
Meskipun lancar untuk menunjang berbagai aktivitas harian, saat digunakan bermain game gawai ini belum menawarkan pengalaman yang cukup baik. Game Asphalt 9 saja tidak dapat berjalan mulus. Tetapi jika kebutuhan grafis lebih rendah, game dapat dimainkan dengan lancar.

Ada pula teknologi kecerdasan buatan bernama Game Mode yang dibekalkan. Fitur ini memungkinkan penggunanya mengatur notifikasi yang muncul saat bermain game. Selain itu ada juga Game Assistant yang memudahkan dalam melakukan pengaturan.

Menariknya lagi, ada fitur Auto Gaming yang membuat game tetap aktif walaupun posisi layar dalam mode terkunci. Sementara untuk urusan antarmuka, seri ini memang sedikit tertinggal dibanding pesaingnya.

Vivo masih mengandalkan User Interface FunTouch OS 4 berbasis Android 8.1 Oreo. Meski begitu, beragam fitur pendukung yang memudahkan pengguna dalam pengoperasian sudah disematkan.

Misalnya saja asisten virtual andalan Vivo Jovi Smart Scene serta Smart Launcher. Smart Launcher ini berisi beragam shortcut yang memudahkan pengguna. Beberapa di antaranya adalah Speed Up, Clean U, Recorder dan lain-lain.

Hal yang patut diperhatikan pada seri ini adalah jenis keyboard yang berbeda. Secara bawaan seri ini menggunakan Kika Keyboard. Bagi yang terbiasa dengan Google Keyboard dan merasa tidak nyaman, harus mengunduhnya sendiri di Play Store.
Soal keamanan data, beberapa pengaman standar seperti password dan pola juga ada dalam Y93. Jika masih merasa kurang aman, ada fitur keamanan tambahan Face Unlock dan Fingerprint yang siap digunakan. Keduanya pun cukup responsif.

Baca Juga:  Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Memiliki Dual Kamera dan Efek Bokeh

loader

Keistimewaan dari perangkat ini memang tidak berada pada fitur kamera. Bahkan kamera yang terpasang di Vivo Y93 ini hampir sama dengan pendahulunya Vivo Y91. Pada bagian depan ada kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0. Sebagai ponsel masa kini, fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) juga disematkan pada perangkat ini. Ada AI beauty yang siap digunakan untuk membuat hasil foto jadi semakin memukau.

Sementara di bagian belakang, ada dua buah kamera yang siap untuk digunakan. Ada kamera 2 MP yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan foto bokeh. Sementara kamera utamanya memiliki sensor 13 MP. Kedua kamera ini pun sudah dilengkapi dengan lampu flash LED untuk menambah pencahayaan. Hal yang menarik adalah, efek bokeh pada kamera ini pun dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Agar dapat mengaturnya, pengguna bisa membuka fitur mode potrait dan memilih besar bukaan lensa yang diinginkan. Mulai dari bukaan f/8.0 hingga f/0.95. Hasil gambar yang didapat pun tidak kalah dengan jepretan profesional.

Kapasitas Baterai Cukup Besar

Sebagai ponsel kelas menengah, baterai yang digunakan pada perangkat ini terbilang cukup besar. Kapasitasnya mencapai 4030 mAh yang mampu digunakan untuk aktivitas harian standar selama sehari penuh.

Cukup disayangkan jika daya baterai yang besar ini tidak dilengkapi dengan pengisian daya cepat. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam agar baterai dapat terisi penuh.

Spesifikasi Vivo Y93

Berikut adalah tabel spesifikasi Vivo Y93 terlengkap:

Tabel Spesifikasi Vivo Y93

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Funtouch OS 4.5 (Android 8.1 Oreo)

SIM

Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek Helio P22 MT6762ROcta core

Kecepatan CPU

2x 1.95GHz Cortex-A53 & 6x 1.45GHz Cortex A53

Storage

32 GB/64 GB

RAM

3 GB/4 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4030 mAh

Ukuran Layar

6,22 inci

Resolusi Layar

HD+ 1520 × 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

UMTS B1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

13 MP + 2 MP

Kamera Depan

8 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Face Unlock, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

155.11 × 75.09 × 8.28 mm

Berat

163.5 g


Harga Vivo Y93

Memiliki 2 kamera belakang, rasanya harga Vivo Y93 yang berada pada kisaran 2,8 juta Rupiah cukup masuk akal. Harga yang dapat dibilang sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Baca Juga: Kartu Cicilan: Pengertian dan Perbedaannya dengan Kartu Kredit Serta KTA

Senang Beraktivitas di Luar? Vivo Y93 Jawabannya

Vivo Y93 memiliki spesifikasi dan harga yang terbilang cukup sepadan. Performanya sudah cukup mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas keseharian. Dari segi fotografi pun cukup mumpuni dan layak dibagikan ke media sosial.
Menilik spesifikasi yang ditawarkan, gawai ini layak untuk dijadikan pilihan bagi para pecinta fotografi dengan efek bokeh. Baterai yang besar juga bisa menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang aktif di luar ruangan dan harus selalu terhubung dengan internet.