Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Z1 Pro

Kehadiran esport sebagai salah satu kompetisi yang cukup menjanjikan membuat banyak vendor gencar mengeluarkan ponsel murah dengan kemampuan bermain game yang mumpuni. Tidak hanya soal bermain game, kemampuan kameranya pun mampu memuaskan pengguna.

Lalu bagaimana dengan desain, performa, hingga baterainya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain Baru, Lebih Berkilau

loader

Meski hadir sebagai ponsel masa kini, seri milik Vivo ini ternyata tidak mengadopsi desain poni seperti kebanyakan ponsel lain. Desain yang diusung justru menyerupai bagian depan salah satu seri dari pesaingnya, Samsung Galaxy S10.

Pada bagian sudut kiri atas tampak desain serupa poni yang menjadi tempat untuk kamera depan. Sementara untuk bagian belakang, bahan plastik masih menjadi andalan sebagai cover. Bahan tersebut dibuat berkilau sehingga tampak terkesan mewah.

Sayangnya, efek berkilau ini justru membuat debu maupun bekas sidik jari mudah menempel. Untuk menyiasati hal ini, pengguna akan secara otomatis mendapatkan softcase ketika melakukan unboxing Vivo Z1 Pro.

Selain memberikan finishing yang berkilau, Vivo juga memoleskan gradasi warna untuk membuat gawai semakin terlihat cantik. Selain itu, desain lengkungan 3D pada bodi belakang menjadikan perangkat lebih nyaman saat digunakan.

Ponsel berbobot 201 gram tersebut juga dibekali dengan triple kamera yang diletakkan di bodi bagian belakang. Selain kamera, ada juga lampu flash LED untuk menambah cahaya saat memotret. Tidak ketinggalan, sensor keamanan fingerprint juga menghuni bagian belakang gawai.

Tombol Google Assistant terletak di sebelah kiri bersebelahan dengan slot untuk dual SimCard dan microSD. Sementara di sisi sebaliknya, terpasang tombol power untuk membuka kunci dan juga tombol volume.

Bagian atas gawai tidak diisi oleh port maupun sensor. Semuanya dipadatkan berjajar di sisi bawah perangkat. Lubang pengisi daya diletakkan pada bagian tengah dan diapit oleh lubang speaker serta jack audio 3.5 mm.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit

Layar yang Luas

loader

Sebagai ponsel yang dihadirkan untuk para pecinta game, Vivo masih menggunakan layar IPS LCD. Meski begitu, resolusi yang didapat oleh pengguna sudah Full HD+. Saat digunakan untuk bermain game pun sudah menghasilkan tampilan yang cukup memuaskan.

Apalagi, layar yang dibenamkan memiliki luas 6,53 inch. Layar Ultra O Screen ini semakin tampak lebar karena rasio layarnya mencapai 90,77%. Apalagi dengan diletakkannya desain ala “poni” di sudut kiri atas yang menjadikan layar jadi semakin lebar. 

Sayangnya, pengguna harus lebih berhati-hati ketika menggunakan perangkat ini. Sebab, layar yang dibenamkan belum dibekali dengan lapisan pelindung seperti Corning Gorilla Glass. Agar lebih aman, ada baiknya saat membeli langsung ditambahkan lapisan pelindung.

Performa Memuaskan

loader

Performa yang ditawarkan memang cukup menggiurkan. Perangkat ini mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE fabrikasi 10nm dengan CPU 64 bit Qualcomm Kryo 360.

CPU tersebut mampu berjalan dengan kecepatan hingga 2.3 GHz dan didukung unit pemrosesan grafis Adreno 616. Kombinasi tersebut mampu menghasilkan performa 25% lebih baik dibanding dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660.

Agar pengalaman Anda semakin memuaskan, Vivo Z1 Pro dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Pengalaman bermain game kekinian seperti PUBG dan Mobile Legend pun mampu berjalan mulus tanpa ada hambatan.

Apalagi adanya Ultra Game Mode yang mampu menjadikan pengalaman bermain terasa lebih nyata. Selain itu, sinar biru yang dipancarkan oleh layar juga dapat dikurangi dengan fitur ini. Artificial Intelligence (AI) Engine generasi ketiga semakin membuat pengalaman lebih menyenangkan.

Di dalam ponsel ini juga sudah disematkan vivo Multi Turbo yang membuat performa perangkat berjalan lebih cepat. Cooling Turbo mampu mengurangi panas perangkat saat digunakan bermain game dalam waktu lama. 

Center Turbo dapat meningkatkan kinerja prosesor sehingga CPU dan juga memori yang digunakan tetap berjalan mulus. Ada juga Net Turbo yang membuat jaringan menjadi lebih stabil. Sedangkan AI Turbo akan mempelajari aplikasi yang sering digunakan sehingga dapat dibuka lebih cepat.

Soal antarmuka, pengguna sudah disuguhkan dengan sistem operasi Android Pie 9 dengan Funtouch OS 9. Beragam fitur yang memudahkan pengguna seperti AI Jovi dan smart button pun siap digunakan.

Meski hadir sebagai ponsel gaming, urusan keamanan data tetap menjadi hal penting dalam seri ini. Tidak hanya mengandalkan fitur keamanan standar seperti password, ada pula fitur keamanan biometrik fingerprint.

Triple Camera

loader

Hal lain yang diunggulkan Vivo dari seri ini adalah segi kamera. Seperti kebanyakan ponsel Vivo kelas premium, kemampuan memotret kamera depan jelas bisa diandalkan. Dengan sensor 32 MP, pengguna bisa puas berswafoto.

Sebagai ponsel masa kini, kamera depan Vivo Z1 Pro ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur kecerdasan buatan. Tidak mengherankan jika hasil jepretannya lumayan baik dan layak untuk dipamerkan ke media sosial.

Sementara untuk kamera belakang, pengguna sudah disuguhi dengan tiga kamera sekaligus. Ketiga kamera ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagai kamera utama, dipasang sebuah sensor 16MP dengan bukaan f/1.8.

Kedua merupakan kamera 8 MP ultra-wide dengan bukaan f/2.2. Lensa ini dapat menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Sementara untuk kamera 2 MP berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh.

Kamera tersebut sudah mampu menghasilkan gambar yang baik. Terutama ketika digunakan untuk memotret dengan kondisi cahaya cukup. Tetapi jika cahaya di sekitar kurang, kamera tersebut kurang bisa diandalkan.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Bisa Menjadi Power Bank

loader

Bermain game mobile merupakan salah satu aktivitas yang menyedot cukup banyak daya ponsel. Tidak heran jika Vivo Z1 Pro ini juga hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Daya yang begitu besar ini tentu mampu digunakan untuk bermain game lebih lama.

Apalagi saat baterai habis, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya juga tidak terlalu lama. Hal ini berkat adanya teknologi Dual-Engine Fast Charging 18 watt yang turut disematkan. Menariknya, gawai ini juga bisa menjadi power bank dengan adanya teknologi OTG Reverse.

Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Tabel Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Funtouch OS 9 (Android 9.0 Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)

Kecepatan CPU

2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver

Storage

64 GB/128 GB

RAM

4 GB/6 GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

5000 mAh

Ukuran Layar

6.53 inci

Resolusi Layar

HD+ 1544 x 720 pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

16 MP + 8 MP + 2 MP

Kamera Depan

32 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant

Dimensi dan Ukuran

162.39 x 77.33 x 8.85 mm

Berat

201 g


Harga Vivo Z1 Pro

Harga Vivo Z1 Pro di pasaran tidak akan menguras isi kantong Anda. Karena harga Vivo Z1 Pro hanya berada pada kisaran 3 jutaan Rupiah. Cukup menarik bukan?

Ponsel Bagi Si Pecinta Game

Vivo Z1 Pro hadir sebagai sebuah pilihan murah untuk para pecinta game mobile. Diotaki dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan dukungan baterai 5000 mAh. Kemampuan untuk bermain game pun tidak diragukan lagi.

Walau disebut sebagai ponsel gaming, kemampuan kamera yang dibekalkan juga sudah mumpuni. Para penggila esport pemula yang masih minim budget tidak akan rugi jika memilih ponsel ini. 

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!