Review, Spesifikasi, dan Harga Xiaomi Poco X3 NFC

Sedang bingung mencari ponsel di bawah Rp4 jutaan tapi memiliki rasa performa yang tidak kalah dari gawai kelas flagship? Mungkin Xiaomi Poco X3 NFC bisa menjadi salah satu jawabannya. 

Perangkat yang dipasarkan untuk segmen menengah ini membawa sejumlah keunggulan yang dapat membuat pesaingnya memutar otak. Jeroan dari perangkat ini jelas sangat bisa diandalkan untuk menemani berbagai aktivitas harian. 

Tidak hanya jeroan, sektor kameranya pun memiliki kualitas yang andal. Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? 

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Desain Glossy yang Cukup Tebal

desain xiaomi poco x3 nfc

Desain Xiaomi Poco X3 NFC

Mungkin soal urusan desain menjadi salah satu kelemahan dari perangkat ini. Secara tampilan seri ini memang terlihat lebih segar dan menarik dari pendahulunya Pocophone F1. Hanya saja, ponsel ini terlihat cukup tebal. 

Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki dimensi bodi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dengan bobot mencapai 215 gram. Ukuran yang cukup bongsor jika dibanding beberapa pesaingnya yang mengusung bodi tipis.

Tapi secara keseluruhan, desain bodi luar dari Poco X3 NFC ini cukup menawan. Meski masih menggunakan cover bodi berbahan plastik, tetapi sentuhan akhir glossy ditambah dengan aksen apik membuatnya jadi lebih menarik. 

Dua pilihan warna shadow grey dan cobalt blue dari seri ini juga memberikan kesan semakin kokoh pada gawai. Ada tekstur kilau metalik yang menurut produsennya dibuat dengan proses yang rumit. 

Sayangnya, dengan sentuhan akhir tersebut, gawai jadi lumayan licin saat digenggam. Selain itu, sensor sidik jari juga sangat mudah menempel dan sulit untuk dihilangkan. Untungnya, Poco sudah membawakan soft case transparan yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Seperti beberapa pesaingnya di harga yang sama, seri ini pun sudah dilengkapi dengan perlindungan anti percikan IP53. Di bagian bawah, ada mikrofon, USB Type-C, jack audio, dan speaker. Sementara di bagian atas ada mikrofon dan pemancar infra merah.

Di sisi kanan ada tombol volume yang berdampingan dengan tombol power yang juga menjadi rumah untuk sensor pemindai sidik jari. Cukup disayangkan pada sisi kiri gawai hanya dibekali dengan SIM tray hybrid.

Layar Besar dengan Corning Gorilla Glass 5

layar xiaomi poco x3 nfc

Layar Xiaomi Poco X3 NFC

Soal urusan layar, pengguna sudah akan disuguhi sajian yang setara dengan spesifikasi yang ada pada ponsel flagship. Poco X3 NFC mengusung desain dot display yang membuat Panel IPS LCD seluas 6,67 inci yang dibenamkan tampak begitu lega.

Layar yang luas dilengkapi dengan tampilan gambar yang sudah beresolusi full HD+. Selain itu, gawai juga sudah dibekali dengan refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240 Hz. Pengalaman menonton video hingga bermain game pun menjadi lebih memuaskan.

Selain itu, sudah ada sertifikasi cahaya biru rendah dari TÜV Rheinland yang akan membuat mata jadi semakin nyaman. Tidak ketinggalan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar semakin aman dari goresan dan benturan ringan.

Performa Ciamik

performa xiaomi poco x3 nfc

Performa Xiaomi Poco X3 NFC

Dengan slogan the real mid-range killer, gawai anyar yang dikeluarkan oleh Xiaomi ini bisa dibilang merusak pasaran. Pasalnya, dengan harga yang ditawarkan pengguna sudah akan dimanjakan dengan performa yang sangat mumpuni. 

Sesuai dengan namanya, seri ini memang sudah dibekali dengan fitur NFC yang berguna untuk melakukan cek saldo e-money hingga top-up. Sebuah fitur yang mulai banyak dicari oleh pengguna masa kini. 

Selain itu, gawai juga dibekali dengan jeroan Qualcomm Snapdragon 732G Octa-core yang memiliki kecepatan hingga 2.3 GHz dan dibuat dengan fabrikasi 8nm.Urusan grafis pun sudah ada GPU Adreno 618 yang sangat bisa diandalkan.

Jeroan anyar ini didukung dengan pilihan RAM 6GB dengan ROM 64GB serta RAM 8GB dengan ROM 128GB. Chipset anyar ini pun sudah dilengkapi dengan artificial intelligence (AI) yang canggih. 

Tidak heran jika saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi ponsel berjalan dengan mulus. Bahkan untuk bermain game dengan grafis tinggi seperti PUBG pun tidak ada masalah.

Pengguna juga semakin dimanjakan dengan adanya sistem pendingin yang sangat baik pada seri ini. Suhu ponsel tidak akan banyak meningkat berkat teknologi liquid cool 1.0 plus yang dapat melakukan pembuangan panas dengan kecepatan penuh.

Selain itu ada juga antena penta yang akan memastikan ponsel selalu mendapat sinyal tanpa gangguan. Fitur Game Turbo 3.0 pun turut dibekalkan dan siap membuat pengalaman bermain game jadi lebih menyenangkan.

Untuk antar mukanya, sudah ada MIUI 12 berbasis Android 10 yang digunakan. Sedangkan keamanan data lebih terjamin berkat sensor pemindai sidik jari dan face unlock.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya

Quad Cameras

kamera xiaomi poco x3 nfc

Kamera Xiaomi Poco X3 NFC

Tidak hanya performa mumpuni, kemampuan kamera milik gawai ini juga mengagumkan. Empat buah kamera yang dibekalkan mampu memberikan pengguna pengalaman memotret yang menyenangkan.

Sebagai kamera utama, ada sensor Sony IMX682 sebesar 64MP yang siap diandalkan. Selain itu ada juga kamera ultra wide 13MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP.

Hasil jepretannya pun terbilang cukup baik. Apalagi ada sejumlah fitur menarik yang turut dibenamkan pada seri ini. Hasil jepretannya pun terbilang cukup apik untuk ponsel di kelasnya. Siap mendukung kreativitas dimanapun pengguna berada.

Untuk kebutuhan swafoto ada kamera 20MP yang siap digunakan untuk mengabadikan sisi terbaik pengguna. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang membuat foto jadi lebih memukau.

Kapasitas Baterai yang Besar

baterai xiaomi poco x3 nfc

Baterai Xiaomi Poco X3 NFC

Performa apik Poco F3 NFC semakin sempurna dengan adanya kombinasi baterai yang cukup besar. Memiliki kapasitas 5.160 mAh, baterai ini mampu digunakan untuk menunjang beragam aktivitas selama seharian. Untuk mendengarkan musik bisa sampai 153 jam, menonton video 17 jam, dan bermain game 10 jam.

Jika habis pun, pengguna tidak perlu bingung. Ada pengisian daya cepat 33W yang siap memulihkan daya hingga penuh dalam kurun waktu 65 menit saja. Bahkan hanya dalam waktu 30 menit kapasitas baterai bisa terisi sampai 62 persen.

Spesifikasi Xiaomi Poco X3 NFC

Tabel Spesifikasi Xiaomi Poco X3 NFC
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, MIUI 12 for POCO
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU QQualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) Octa core
Kecepatan CPU 2x 2.3GHz Kryo 470 Gold & 6x 1.8GHz Kryo 470 Silver
Storage 64GB/128GB
RAM 6GB/8GB
Baterai 5.160 mAh
Ukuran Layar 6,67 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2400 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/4/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 64MP + 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 20 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Infrared, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras, NFC, Splash-Resistant
Dimensi dan Ukuran 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Berat 215 g

Harga Xiaomi Poco X3 NFC

Sebagai ponsel yang dibanderol di harga Rp3 jutaan, seri ini sangat layak untuk dibawa pulang. Salah satu ponsel terbaik dikelasnya ini sudah mengusung performa yang apik lengkap dengan baterai besar dan kemampuan fotografi yang mumpuni.

Ponsel dengan Kualitas Tidak Murahan

Para pemilik budget pas-pasan yang ingin memiliki gawai dengan kemampuan tinggi bisa memilih seri ini. Begitu juga orang-orang yang tengah mencari ponsel untuk sumber hiburan, mulai dari streaming hingga bermain game. Termasuk juga orang-orang yang sedang merintis karier sebagai konten kreator.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi Note 9 Pro