Mengenal RHB Sekuritas, Ini Ulasan Layanan dan Produk untuk Berinvestasi secara Online

Bagi yang ingin mulai berinvestasi dengan lebih mudah dan praktis, kamu wajib memahami apa itu yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas. Secara umum, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang secara legal dan resmi mendapatkan izin untuk menjembatani aktivitas investasi antara investor dengan pasar modal. Dengan begitu, masyarakat bisa dengan lebih mudah dan praktis berinvestasi serta bertransaksi emiten. 

Di Indonesia sendiri, ada beragam perusahaan sekuritas yang bisa dipilih oleh masyarakat. Salah satu contohnya adalah RHB Sekuritas yang kerap dianggap sebagai perusahaan sekuritas ternama oleh banyak investor di dalam negeri.

Merupakan anak perusahaan dari RHB Banking Group asal Malaysia, RHB Sekuritas hadir untuk menjajakan layanannya pada para penanam modal di Indonesia. 

Tentunya, melihat kenamaan dan reputasinya saja sudah bisa membuat investor yakin untuk memanfaatkan layanan perusahaan sekuritas ini ketika berinvestasi. Namun, sebelum itu, kamu tetap harus memahami dulu profil dari RHB Sekuritas ini, termasuk keunggulan layanan, cara pendaftaran, hingga fee yang dibebankan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang RHB Sekuritas berikut ini. 

Baca Juga:  Indo Premier Sekuritas, Ini Profil, Pilihan Produk, Cara Investasi, dan Keuntungannya

Profil RHB Sekuritas Indonesia

loader

RHB Sekuritas adalah salah satu layanan atau perusahaan sekuritas ternama yang umum dijadikan sebagai pilihan berinvestasi oleh para investor di Indonesia. Perusahaan sekuritas ini adalah anak perusahaan dari perusahaan asal Negeri Jiran Malaysia, yaitu, RHB Banking Group yang termasuk sebagai perusahaan perbankan paling besar ketiga pada negara tersebut.

RHB Banking Group adalah perusahaan perbankan yang terbentuk melalui merger dari DCB Bank dan Kwong Yik Bank, serta Bank Utama dan Sime Bank. Karenanya, tidak mengherankan jika RHB Bank sering kali disebut dengan sebutan Sime Darby Bank. 

Di Indonesia, RHB Sekuritas hadir pertama kali di tahun 1990. Awalnya, perusahaan tersebut memiliki nama OSK Nusadana Securities Indonesia dan telah sukses menjadi salah satu layanan atau perusahaan sekuritas ternama di dalam negeri.

Lalu, menginjak tahun 2008, perusahaan tersebut diakuisisi oleh OSKIB atau OSK Investment Bank, dan diakuisisi kembali oleh RHB Capital Berhad di bulan November tahun 2012. Melalui proses akuisisi tersebut, perusahaan sekuritas tersebut secara otomatis tergabung dalam RHBIB atau RHB Investment Bank di bulan April tahun 2013. 

Tidak hanya menjadi yang terdepan di negara sendiri, RHB Sekuritas juga dianggap sebagai satu di antara segelintir pemain besar perusahaan sekuritas di ASEAN. Total staf yang dimiliki oleh perusahaan ini mencapai 4.500 serta mempunyai dana pihak ketiga melebihi 1,7 miliar RM. Perusahaan ini juga mempunyai hampir 100 cabang dan kantor yang tersebar di seluruh ASEAN serta Hong Kong.

Baca Juga:  BNI Sekuritas: Cara Daftar, Cara Jual Beli Saham dan Biayanya

Keunggulan Layanan RHB Sekuritas Indonesia

Kamu mungkin penasaran, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh layanan RHB Sekuritas ini jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sederet keunggulan yang bisa didapatkan oleh nasabah RHB Sekuritas.

Jenis KeuntunganKeterangan

1. Deposit Awal Bisa Dimulai 100 Ribu Saja

Jika dibandingkan dengan layanan lainnya, deposit awal agar bisa menabung saham di RHB Sekuritas terbilang sangat terjangkau. Tidak butuh modal yang besar, berinvestasi via perusahaan sekuritas ini bisa dimulai dengan dana 100 ribu saja. Dengan nominal deposit awal yang miring tersebut, akan ada lebih banyak kalangan masyarakat yang bisa membiasakan diri untuk menabung saham dan mencapai target keuangan yang telah ditentukan.

2. Bisa Memilih 3 Pilihan Bank untuk Rekening Dana Nasabah

Semua investor atau nasabah yang mempunyai rekening efek via RHB Sekuritas dapat membuka RDN atau Rekening Dana Nasabah untuk bertransaksi saham melalui 3 pilihan bank. Ketiga bank tersebut adalah Bank BCA, Bank Panin, dan Bank Permata.

3. Fasilitas Utang atau Margin Menarik

Tidak kalah menariknya, keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan saat menjadi investor di RHB Sekuritas adalah dapat berhutang terlebih dulu agar bisa membeli saham atau emiten yang diinginkan. Dalam kata lain, kamu tidak harus melakukan top up pada rekening dana nasabah terlebih dulu agar bisa menanam modal di sekuritas ini.

Fasilitas margin yang ditawarkan oleh RHB Sekuritas tersebut ditawarkan dengan limit atau batas transaksi mencapai 2 kali nilai dari jaminan. Sementara untuk bunganya, pembelian saham melalui layanan ini adalah 18% per tahun dan tak memiliki waktu jatuh tempo. Yang terpenting, rasio margin tidak lebih dari 65 persen total margin agar fitur bebas jatuh tempo tersebut bisa didapatkan.

Sebagai contoh, seorang nasabah mempunyai dana sejumlah 200 juta pada RDN dna bisa digunakan untuk membeli saham. Akan tetapi, uang tersebut tidak mencukupi untuk bisa membeli saham incaran dengan jumlah yang diinginkan.

Nah, melalui fasilitas margin tersebut, nasabah bisa membeli saham dengan limit hingga 400 juta. Nilai limit tersebut didapatkan berdasarkan nilai jaminan yang dimiliki oleh nasabah, yaitu, 200 juta. Namun, perlu diingat jika mengajukan pinjaman melebihi nilai margin 65 persen, fasilitas bebas waktu jatuh tempo tidak akan didapatkan. 

Cara Daftar Akun RHB Sekuritas Indonesia

loader

Cara mendaftar akun RHB Sekuritas bisa dibilang sangat mudah dan mampu dijangkau oleh masyarakat dari hampir semua kalangan. Berikut adalah sederet langkah-langkah membuat akun pada layanan RHB Sekuritas.

1. Download Aplikasi RHB Tradesmart pada Smartphone

Pertama-tama, unduh dulu aplikasi RHB Tradesmart ini dan pasang pada ponsel. Pastikan untuk mengunduhnya di layanan yang resmi, yaitu Playstore untuk pengguna Android, dan AppStore untuk pengguna iOS.

2. Lakukan Registrasi sesuai Petunjuk

Setelah itu, lakukan registrasi atau pendaftaran dengan mengisi formulir, identitas pribadi, serta foto KTP. Langkah ini bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi yang telah diunduh di atas, ataupun melalui situs rhbtradesmart.co.id.  

3. Cek E-Mail untuk Mengetahui Username dan Password

Ketika proses registrasi telah selesai dilakukan, kamu bisa melihat user ID atau username dan password pada email. Baik user ID serta e-mail tersebut penting agar bisa melakukan login atau masuk ke akun RHB Sekuritas nantinya.

4. Tunggu Proses Verifikasi Selesai

Langkah selanjutnya, proses verifikasi akan dilakukan oleh pihak RHB Sekuritas via telepon melalui nomor yang dimasukkan pada proses pendaftaran. 

5. Mendapatkan Dokumen Akun RHB Sekuritas via Kurir

Kemudian, pihak RHB Sekuritas akan mengirimkan beragam dokumen pada alamat yang telah dicantumkan sebelumnya. Kamu perlu menandatangani seluruh dokumen tersebut dan mengirimkannya kembali ke alamat kantor pusat perusahaan sekuritas ini, yaitu, di Wisma Mulia lantai 20, Jln. Gatot Subroto Nomor 42 Jakarta, sekaligus dengan fotokopi KTP, buku tabungan, dan NPWP.

6. Tunggu RDN serta Investor ID

Tunggu proses verifikasi berlangsung hingga RDN serta investor ID telah dibuat. Informasi mengenai rekening dana nasabah atau RDN, serta SID atau investor ID ini akan dikirimkan pada email nasabah.

7. Lakukan Top Up dan Mulai Investasi

Setelah semua langkah pendaftaran di atas telah dilakukan, kamu bisa langsung melakukan transfer dana pada akun RDN dan mulai menabung saham. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minimal setoran awal pada RHB Sekuritas adalah 100 ribu, dan bisa dialokasikan pada produk sesuai pilihan nasabah.

Baca Juga:  Lebih Mudah Investasi Digital dengan Mirae Asset Sekuritas, Ini Cara Daftar dan Ragam Produknya

Ragam Layanan dan Fee Transaksi pada RHB Sekuritas Indonesia

loader

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, RHB Sekuritas memiliki aplikasi trading yang disebut RHB Tradesmart. Aplikasi tersebut mempunyai berbagai fitur menarik yang mampu memudahkan penggunanya dalam berinvestasi. Beberapa di antaranya adalah aplikasi versi reguler dan syariat, serta fitur ARO atau Assisted Robo Optimization. 

Melalui fitur tersebut, investor mampu mengambil keputusan investasi secara retail dan mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapatkan. Selain itu, ARO juga mampu membantu investor melakukan analisis teknikal serta strategi investasi secara otomatis, termasuk produk saham yang layak untuk dijual atau dibeli. 

Di samping itu, ada pula ARO Library yang berisi parameter dan indikator tambahan terkait saham pilihan dan mampu membantu investor dalam mengambil keputusan transaksi. Terkait fee transaksi, kamu hanya akan dibebani dengan biaya pembelian sejumlah 0,15% serta biaya penjualan sebesar 0,25%.

Tepat Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Aktivitas Investasi yang Optimal

Itulah penjelasan mengenai RHB Sekuritas, layanan, keunggulan, cara daftar, hingga biaya yang dibebankan. Sebagai investor yang cerdas, kamu tentu wajib menentukan pilihan pada perusahaan sekuritas yang tepat sebelum berinvestasi. Barulah dengan begitu aktivitas tersebut bisa dilakukan secara optimal sesuai dengan target keuangan yang ingin dicapai.

Baca Juga:  Ajaib Sekuritas: Cara Kerja, Cara Beli, Kelebihan, dan Kekurangannya