Inilah Jejak Karier Ririn Dwi Ariyanti, Mantan Istri Aldi Bragi

Sosok cantik Ririn Dwi Ariyanti Noto makin dikenal publik setelah berperan sebagai Cinta dalam Ada Apa Dengan Cinta? versi sinetron di tahun 2003. Kala itu, wanita kelahiran Malang, 6 November 1985 ini beradu akting dengan Andrew White dan Revaldo.

Sejak saat itu, putri dari Amelia Rustanti dan Sudirman Riantonoto ini kian dikenal sebagai pesinetron, model, hingga presenter acara televisi. Namun kini, Ririn tengah dihadapkan dengan prahara rumah tangga dan perceraian dengan Aldi Bragi.

Di tengah problem kehidupan pribadinya yang tengah jadi sorotan, perjalanan karier seorang Ririn Dwi Ariyanti pun tak kalah menarik untuk disimak. Berikut adalah cerita selengkapnya.

Baca Juga: Pernah Dibully Waktu Kecil, Kini Irish Bella Jadi Pemain Sinetron yang Bersinar

Ririn Dwi Ariyanti Sinetron

Sebagai pemain sinetron yang andal, akting Ririn Dwi Ariyanti sudah tak perlu diragukan lagi. Pemain film Dejavu: Ajian Puter Giling (2015) ini sudah punya jam terbang tinggi. 

Memiliki pesona tersendiri, wanita yang pernah membintangi TV Movie: Ustadz Kembar (2016) ini juga dikagumi banyak fans setia. Terhitung, Ririn sudah bermain dalam lebih dari 20 judul sinetron.

Beberapa di antaranya ialah Kasmaran (2001), Ada Apa dengan Cinta? The Series (2003), dan Romansa 21 (2004). Setelah itu, ia kembali membintangi Manusia Bodoh serta Pintu Hidayah di tahun 2005. Kariernya pun kian memuncak dengan menjadi salah satu artis paling laris. 

Di puncak kariernya, Ririn pun tampil dengan memikat dalam sejumlah sinetron di tahun 2006. Selain bermain dalam Cincin dan Bukan Diriku, alumni Universitas Paramadina ini juga melakoni Maha Kasih, Impian Cinderella, Chatting Cinta, hingga Bang Jagur.

Kesuksesan Ririn Dwi Ariyanti terus berlanjut. Di tahun 2007, ia melakoni sinetron Cinta Kembar, Janji dan Maha Cinta. Ririn pun semakin tenar sebagai pesinetron. Ia lantas membintangi Cahaya (2007-2008), Namaku Mentari (2008), dan Terlanjur Cinta (2009).

Berkiprah Sebagai Presenter TV

Kiprah Ririn sebagai presenter juga bukan kaleng-kaleng. Ia pernah menjadi pemandu acara Kamar Kita (2002-2003) yang tayang di SCTV. Selanjutnya, ia menjadi host untuk Let’s Dance yang ditayangkan GTV (2004-2005).

Tak hanya itu, ia juga berpengalaman membawakan acara Clas News yang tayang tahun 2006-2007 di GTV. Sementara di tahun 2008-2009, ia memandu acara Cermin Hati yang juga tayang di GTV.

Pernikahan Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi

Sebelum akhirnya melepas masa lajang, Ririn sempat berpacaran dengan Benny Mulya selama empat tahun. Namun hubungan tersebut putus dan tak berakhir di pelaminan.

Belakangan, Ririn menjadi dekat dengan Reinaldi Hutomo Wahab alias Aldi Bragi di awal tahun 2009. Aldi yang juga mantan suami penyanyi dangdut Ikke Nurjanah ini telah dikenal publik sebagai vokalis, pianis, dan gitaris Bragi (band yang populer di tahun 2000an). 

Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi pun mantap melanjutkan jalinan kasih mereka ke jenjang yang lebih serius. Memasuki tanggal 11 Juli 2010, keduanya menikah di Hotel Crown Plaza, Jakarta Selatan. Pernikahan tersebut membuat Ririn menjadi ibu sambung dari Siti Adira Kinaya, putri Aldi dari Ikke Nurjanah.

Adapun bersama Aldi, Ririn dikaruniai dua orang putri dan seorang putra. Putri pertama mereka diberi nama Siti Alana Kalyani yang lahir pada 13 Oktober 2011. Putri kedua mereka yang bernama Siti Alecia Kaira, lahir pada 12 Januari 2013. Sementara itu, putra bungsu mereka lahir pada 15 April 2018 lalu dan dinamai Ramy Alfie Utomo.

Baca Juga: Awal Perjalanan Karier Aktris Naysilla Mirdad, Dulunya Cuma Antar Kakak Ikut Casting!

Terus Eksis di Dunia Akting

Dengan perjalanan kariernya yang semakin mantap, Ririn hadir dalam Takdir Cinta dan Sinar di tahun 2010. Ia juga membintangi sinetron Hikmah Ilahi Tafakur serta Fathiyah di tahun 2012.

Memasuki 2013, ia muncul dalam Hikmah Ilahi yang disusul dengan Bolu Bolu dan Hidayah Cinema. Di tahun berikutnya, ia melakoni Anak-Anak Manusia (2014) dan Gerobak Cinta Wakwaw (2015).

Menjadi ibu rumah tangga pun tak menyurutkan semangat Ririn dalam berakting. Di tahun 2016, ia sukses memerankan Renata dalam Kesempurnaan Cinta (2016). Demikian juga dengan sinetron Cinta yang Hilang yang menampilkan aktingnya di tahun 2018-2019.

Di tengah marak bermunculan bintang muda yang baru dan berbakat, nama Ririn Dwi Ariyanti tak lekang oleh waktu. Kariernya tetap berjalan mulus dengan eksistensi yang berhasil ia pertahankan. 

Beralih ke tahun 2019-2020, Ririn meraih sukses dengan memerankan Dewi Saraswati dalam sinetron Dewi. Demikian juga dengan Bukan Salah Cinta serta Aku Hanya Ingin Dicintai yang tayang di tahun 2020. 

Adapun di tahun 2021, Ririn masih wara-wiri di layar kaca dan tampil dalam sinetron Cinta Untuk Bunda (sebagai Kanaya Maharani). Sementara dalam Raden Kian Santang: Mahkota Baru Pajajaran, Ririn dengan apik memerankan tokoh Nimas Anggrahini (Tirtawati).

Raih Sejumlah Prestasi Bergengsi

Sejak terjun ke industri entertainment di tahun 2001, nama Ririn Dwi Ariyanti memang kian melambung. Tak hanya semakin terkenal seiring dengan berjalannya waktu. Tercatat, sejumlah prestasi bergengsi pun telah diraihnya.

Kilas balik ke tahun 2001, Ririn berhasil menggondol penghargaan Aktris Sinetron Terpuji berkat sinetron Kasmaran yang ia bintangi. Penghargaan tersebut ia dapatkan dari Festival Film Bandung 2001.

Kemudian namanya menjadi nominator dalam Aktris Ngetop di ajang SCTV Awards dua tahun berturut-turut, yakni 2009 dan 2010. Kerap tampil bermain sinetron, nama Ririn lagi-lagi masuk nominasi Pemeran Wanita Serial Televisi Terpuji di Festival Film Bandung 2016.

Adapun di tahun 2020 kemarin, wanita yang telah melakoni puluhan judul sinetron ini berhasil memenangkan Best Rising Star dari Asia Contents Awards (ACA). Pencapaian tersebut telah sukses diraihnya berkat akting yang menawan dalam sinetron Dewi garapan MNC Pictures.

Menariknya lagi, Ririn menjadi satu-satunya aktris asal Tanah Air yang dianugerahi penghargaan dari ajang bergengsi Asia tersebut. Seperti diketahui, Asia Contents Awards (ACA) mengapresiasi serial serta drama dari seluruh antero Asia yang tayang secara streaming maupun di televisi. Asia Content Awards (ACA) ini juga termasuk bagian dari perhelatan Busan International Film Festival (BIFF) yang bergengsi.

Digugat Cerai oleh Sang Suami

Tak pernah diterpa isu tak sedap, publik kemudian dikejutkan dengan kabar Ririn digugat cerai oleh sang suami. Setelah sebelas tahun membina bahtera rumah tangga, Aldi melayangkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 30 Agustus 2021. 

Selain menjatuhkan talak, pihak Aldi juga memohon hak asuh bagi ketiga anak mereka. Kabar terbaru menyebutkan, keduanya sepakat untuk merawat dan membesarkan anak-anaknya bersama-sama demi kebaikan tumbuh kembang mereka.

Sebelumnya, rumor tak sedap terkait pertikaian rumah tangga Ririn sudah terendus publik di tahun 2020 lalu. Namun awalnya, Ririn pun selalu menampik isu keretakan rumah tangganya dengan Aldi dan menutupi masalah pribadinya di hadapan media.

Sementara itu, menurut kuasa hukum Riri Purbasari, sebenarnya pihak Ririn sudah ingin bercerai sejak lima tahun lalu. Namun waktu itu, rumah tangga mereka masih bisa diselamatkan dan mereka tetap bersama. 

Kabarnya, perbedaan prinsip yang sudah tidak bisa disatukan lagi disebut menjadi akar dari perpisahan mereka. Sebagai akibatnya, jalinan kasih di antara Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi pun kian merenggang dan resmi berakhir di awal tahun 2022.

Digosipkan Selingkuh hingga Menikah Siri

Kendati sempat diwarnai isu adanya orang ketiga, Ririn sempat mengungkapkan rasa kesal dan kekecewaannya terkait perangai Aldi kepada media. Menurutnya, Aldi enggan diajak bertengkar guna mendapatkan solusi atas permasalahan rumah tangga mereka.

Seperti diketahui, desas-desus mengenai Ririn berselingkuh dengan Jonathan Frizzy (Ijonk) mulai jadi sorotan baru-baru ini. Pasalnya, Ririn dan Ijonk digosipkan terlibat cinta lokasi ketika melakoni sebuah sinetron yang sama. 

Tak hanya diduga main serong, mereka pun digosipkan telah menikah siri. Terlebih, Ijonk dan Dhena Devanka saat ini juga sudah resmi bercerai. 

Terkait hal ini, Riri Purbasari yang merupakan kuasa hukum dari Ririn lagi-lagi langsung menepisnya. Menurutnya, rumah tangga Ririn dan Aldi memang sudah tidak harmonis lagi. Sering terjadi pertengkaran akhirnya membuat keduanya lantas memutuskan untuk berpisah.

Demikianlah perjalanan karier Ririn Dwi Ariyanti sebagai selebritis. Di tengah merebaknya tempaan sejumlah persoalan rumah tangganya, Ririn terus bersinar dan meniti kariernya dengan profesional.

Baca Juga: Begini Kesuksesan Jonathan Frizzy di Panggung Hiburan Tanah Air