Sederet Khasiat Buah Sawo, Mulai dari Sembuhkan Radang sampai Penawar Racun

Kamu pasti tidak asing dengan buah yang seringkali dijadikan sebagai perumpamaan warna kulit yang satu ini. Ya, warna kecoklatan pada buah sawo banyak dijadikan sebagai penggambaran warna kulit eksotis yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Tak hanya itu, buah tropis ini juga banyak dijadikan sebagai santapan favorit bagi banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan juga lezat.

Dengan bentuk menyerupai telur, buah sawo tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Alasannya karena buah ini dapat dengan mudah dibudidayakan dan memiliki daya tahan yang cocok dengan iklim di Indonesia. Saat sedang musim panen, kamu dapat dengan mudah menjumpai pedagang yang menjajakan buah eksotis ini di pasar, supermarket, maupun di pinggir jalan. 

Tak hanya memanjakan lidah, tahukah kamu jika buah dengan nama latin Manilkara Zapota ini ternyata menyimpan banyak khasiat menyehatkan bagi tubuh saat dikonsumsi? Saat rutin mengonsumsinya, kesehatan tulang, darah, hingga pencernaan akan lebih terjaga. Beragam manfaat buah sawo ini tak lain berasal dari segudang nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya.

Tentunya, masih ada banyak lagi manfaat buah sawo untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Agar tak sampai kelewatan, simak uraian berikut ini.

Baca Juga: Beragam Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

15 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

buah sawo

Buah sawo yang sedang dipotong

  1. Menjaga Sistem Kerja Organ Pencernaan

    Khasiat buah sawo yang pertama, yakni, mampu menjaga sistem kerja dari organ pencernaan karena kandungan seratnya yang melimpah. Bahkan, dalam 100 gram buah sawo, 5,6 gram di antaranya merupakan kandungan serat. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung senyawa tanin yang tak boleh diremehkan jumlahnya. 

    Memberi efek antiinflamasi atau antiperadangan, tanin mampu membatasi sejumlah kondisi. Seperti refluks esofagitis, gastritis erosif, gangguan iritasi usus, serta radang usus. Kandungan vitamin C dalam buah sawo juga mampu mengentaskan radikal bebas, serta kandungan potasium, folat, dan zat besi dapat meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan. 

  2. Atasi Sembelit

    Selain manfaat di atas, buah sawo juga ampuh dijadikan sebagai pencahar alami untuk atasi sembelit. Manfaat ini datang dari kandungan serat dan vitaminnya yang melimpah. Saat proses BAB tubuh berjalan lancar, organ usus pun akan menjadi lebih sehat serta tahan dari serangan infeksi. 

  3. Redakan Stres

    Buah sawo memang dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa yang memanjakan lidah. Namun, di balik kelezatannya tersebut, buah berwarna coklat ini mampu memberikan efek meningkatkan sistem imun tubuh yang sempat menurun akibat stres atau beban pikiran berlebihan karena dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C. 

  4. Cegah Masuk Angin

    Memiliki iklim panas dan hujan, masuk angin menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Saat kekebalan tubuh menurun, seseorang akan lebih rentan terkena masuk angin. Nah, dengan kandungan vitamin C yang lumayan tinggi, buah ini cocok dikonsumsi untuk mencegah risiko penyakit masuk angin, termasuk juga menurunkan potensi pneumonia dan infeksi paru. 

  5. Cocok Sebagai Konsumsi Diet

    Tahukah kamu jika buah sawo juga cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet sehat? Serat yang melimpah membuat buah ini mampu menurunkan keinginan untuk ngemil dan makan berlebihan. Saat asupan kalori, karbohidrat, dan glukosa terjaga, tubuh tak akan menyimpan lemak.

  6. Meningkatkan Kadar Darah 

    Anemia atau kekurangan darah adalah penyakit yang umumnya dijumpai pada wanita yang memasuki usia menopause serta anak-anak, dan disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Akibatnya, tubuh tak mampu memproduksi hemoglobin serta membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya, kamu dapat rutin mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi, salah satunya adalah buah sawo.

  7. Bantu Tubuh Kontrol Tekanan Darah

    Masih berkaitan dengan darah, sawo juga mampu membantu tubuh mengontrol tekanan serta sirkulasi darah dengan memastikan pembuluh darah beroperasi dengan baik. Khasiat buah sawo ini datang dari kandungan magnesium dan kaliumnya. Tak hanya itu, bersifat hemostatik, buah ini juga dapat menjadi obat untuk menghentikan pendarahan. 

  8. Meningkatkan Kerja Otak

    Salah satu kandungan utama dari buah sawo adalah zat besi. Jika kebutuhan akan senyawa tersebut tak tercukupi, tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Seperti, mudah gelisah, lalai, gampang tersinggung, dan tak mampu mengantarkan oksigen hingga ke otak. Saat otak kekurangan oksigen, kamu akan menjadi pelupa serta terlihat lesu hingga mampu mengganggu aktivitas sehari-hari.

  9. Menyehatkan Tulang

    Sudah banyak dipahami jika kalsium merupakan senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain susu, senyawa tersebut juga bisa ditemukan dalam buah sawo. 

    Ditambah dengan fosfor serta zat besi, daya tahan dan kepadatan tulang dan gigi akan terjaga. Jika rutin mengonsumsinya, kamu juga turut terhindar dari risiko osteoporosis dan juga sendi lemah. 

  10. Mampu Mengatasi Arthritis

    Masih berkaitan dengan kesehatan tulang, mengonsumsi buah sawo juga baik untuk menurunkan risiko tubuh terasa nyeri dan kaku akibat arthritis. Pasalnya, tubuh akan mendapatkan asupan tembaga yang cukup untuk memberikan efek antiinflamasi. Jadi, jika menginginkan kondisi otot yang kuat, tak mudah nyeri sendi, dan jaringan ikat yang lebih baik, jangan ragu untuk menjadikan buah ini sebagai konsumsi rutin. 

  11. Mempercepat Penyembuhan Luka

    Berdasarkan sebuah penelitian, vitamin B5 yang juga terkandung dalam buah sawo mampu mempercepat penyembuhan luka serta mencegah reaksi kulit saat melakukan terapi radiasi. Vitamin B5 mendorong proses penyembuhan dengan cara meningkatkan produksi sel dalam tubuh. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi buah sawo juga mampu menjauhkanmu dari proses penuaan dini akibat kerutan dan bintik hitam pada kulit. 

  12. Kaya Akan Vitamin A yang Baik untuk Mata

    Tak kalah pentingnya, buah sawo juga ampuh menyehatkan mata, lho! Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi. 

  13. Menjanjikan Keremajaan Kulit

    Manfaat ini mungkin banyak dicari oleh kaum hawa. Kaya akan vitamin C, buah sawo dapat membantumu memiliki kulit yang nampak sehat dan bersih. Tak hanya itu, kandungan vitamin tersebut juga berperan untuk melawan radikal bebas.

    Disertai dengan antioksidan berupa polifenol, buah sawo juga memberikan efek antiparasit, antiperadangan, antibakteri, dan antivirus pada kulit. Cukup lengkap, bukan? 

  14. Membantu Ginjal agar Tetap Bersih

    Menjadi salah satu organ paling penting dalam tubuh, kesehatan ginjal tentu harus senantiasa dijaga. Jika sampai terlambat, ginjal yang tak mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal akan membuat racun dan senyawa kimia membahayakan sulit dikeluarkan. Untungnya, kamu dapat menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal ini dengan teratur mengonsumsi buah sawo.

  15. Mendorong Proses Detoksifikasi Tubuh

    Terakhir, manfaat buah sawo yang penting untuk kesehatan tubuh adalah mendorong proses detoksifikasi atau pembuangan racun. Manfaat diuretik ini ampuh menghilangkan kandungan limbah tubuh agar tak mengendap terlalu lama dan menjadi sumber penyakit.

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Bercita Rasa Lezat dan Kaya Akan Manfaat, Yakin Masih Enggan Mengonsumsinya?

Itulah 15 khasiat buah sawo bagi kesehatan yang sayang kalau sampai dilewatkan. Memiliki cita rasa yang memanjakan lidah, buah sawo tentu dapat menjadi menu pelengkap sempurna setelah makan siang ataupun sekadar dikonsumsi di saat santai. Dengan begitu, kamu dapat tak akan ketinggalan berbagai manfaat menyehatkan yang dimilikinya bagi tubuh secara optimal.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan