Sejuta Manfaat Teripang untuk Kesehatan

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia dengan luas lautnya mencapai 3,25 juta km2. Kondisi tersebut menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya laut yang memiliki berbagai macam kegunaan dan manfaat.

Di antaranya adalah untuk industri farmasi (antitumor, antikanker, antibiotik), bidang pertanian (fungisida, pestisida, growth simulator), industri kosmetik, dan makanan ( zat pewarna dan bio polisakarida).

Nah, salah satu sumber daya laut yang belum banyak dikenal adalah teripang. Echinodermata atau teripang adalah sumber bahan aktif yang sangat potensial. 

Di antara berbagai organisme laut, teripang merupakan komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi dan umumnya diperdagangkan dalam bentuk kering. Berdasarkan data pangan dan pertanian PBB (FAO), pada tahun 2000, Indonesia sempat menjadi negara pengirim teripang terbesar di dunia (2.500 ton) dengan tujuan utama Tiongkok, Singapura, dan Taiwan.

Hewan laut yang satu ini memiliki bentuk yang khas, yaitu bertubuh panjang, lunak, dan tidak memiliki tulang belakang. 

Baca Juga: Suka Mengonsumsi Ikan Dori? Manfaat Kesehatan Inilah yang Pasti Didapatkan Tubuh

Apa Itu Teripang?

loader

Salah Satu Olahan Teripang

Timun laut atau teripang adalah istilah yang diberikan pada hewan invertebrate holothuroidea yang dapat dimakan. Timun laut ini termasuk ke dalam hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, maupun dalam lingkungan terumbu. 

Di Indonesia, timun laut banyak tersebar di daerah Riau, Lampung, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Maluku, dan Papua. Menurut penelitian, teripang yang terdapat di perairan Indonesia adalah dari genus Holothuria, Muelleria, dan Stichopus.

Tidak hanya itu, teripang telah dikenal sebagai bahan makanan sejak beberapa ribu tahun yang lalu, terutama di Asia. Hewan yang cenderung hidup di dasar laut ini ternyata kaya akan nutrisi. Seperti, kondroitin sulfat, glikosida, triterpene, protein, zat besi, zinc, serta vitamin A, B1, B2, B3 dan C. Nutrisi tersebutlah yang membuat timun laut baik untuk dikonsumsi. 

11 Manfaat Teripang

loader

Teripang

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Teripang merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena pada dinding tubuh teripang terkandung protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Jenis-jenis protein ini berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

    Selain itu, kandungan asam aminonya dipercaya mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian yang telah dilakukan juga menyatakan bahwa ekstrak teripang memiliki fungsi antivirus yang dapat melawan virus HIV dan herpes simpleks.

  2. Mencegah Kanker

    Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak teripang mengandung antioksidan yang dapat menghambat terjadinya radikal bebas, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan kanker.

    Selain itu, kandungan glikosida titerpen dipercaya berkhasiat sebagai antitumor. Sehingga, hewan laut  ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

  3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

    Pada sebuah studi disebutkan bahwa timun laut mengandung EPA (eicosapentanooic acid) dan DHA (docosehexaenoic acid). Kedua asam tersebut dipercaya dapat mengurangi kekentalan darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan menurunkan risiko terjadinya gangguan kardiovaskular.

    Diketahui pula bahwa hewan laut ini mengandung protein yang lebih tinggi daripada makanan lainnya. Bahkan, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, mengonsumsi 6 ons teripang sudah memenuhi asupan protein minimum harian yang dibutuhkan. Menarik, kan? 

  4. Mempercepat Penyembuhan Luka

    Bagi Anda yang mengalami luka, mengonsumsi timun laut bisa menjadi salah satu alternatif, lho. Hal ini karena kandungan asam amino di dalam hewan laut ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka luar maupun dalam. 

    Bakteri Proteus mirabilis yang merupakan bakteri penginfeksi luka terbukti terhambat pertumbuhannya setelah diberi ekstrak teripang.

    Tak cukup sampai di situ, ternyata pada hewan berbentuk unik ini juga terkandung kolagen yang mana merupakan zat yang diperlukan untuk membentuk lapisan kulit.

  5. Mengatasi Nyeri Sendi

    Timun laut adalah sumber mukopolisakarida terutama kondroitin yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri tulang. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 3 gram teripang kering per hari dapat membantu mengurangi nyeri sendi secara signifikan.

  6. Sebagai Antimikroba dan Antijamur

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif, Holothuria tubulosa dapat menghambat pertumbuhan Saccharomyces cerevisiae. Selain itu, bahan bioaktif dari teripang pasir (Holothuria scabra) dapat menghambat pertumbuhan kapang Candida maltosa.

    Penelitian lain juga membuktikan bahwa kandungan zat pada teripang juga mampu melawan pertumbuhan Candida albicans, yaitu jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan mikroba maupun jamur, konsumsi teripang bisa menjadi pilihan yang tepat.

  7. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

    Kandungan asam lemak esensial di dalam timun laut berguna untuk memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi. Sedangkan kandungan asam mukopolisakaridanya bermanfaat untuk penyembuhan penyakit ginjal.

  8. Mengurangi Serangan Asma

    Hal ini berdasar pada sebuah studi yang menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak teripang dapat mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma. 

  9. Menguatkan Tulang

    Manfaat teripang selanjutnya adalah sebagai penguat tulang. Salah satu hewan lauit ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi serta kolagen yang berfungsi sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit. 

  10. Menjaga Kesehatan Gusi

    Dilansir dari Journal of Oral Science, jika Anda menggunakan pasta gigi berbahan dasar ekstrak teripang, Anda akan terhindar dari penyakit gusi, lho. Gusi akan jarang berdarah dan plak gigi pun bisa berkurang.

  11. Mencegah Keriput

    Manfaat teripang yang satu ini pasti sangat digemari kaum wanita. Ya, ternyata menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak teripang dapat mencegah kulit dari keriput. Ekstrak biota laut ini mampu mengatasi kulit tipis dan kering serta menyamarkan garis-garis halus pada kulit orang dewasa. 

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, Ini Beragam Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Teripang

Teripang memang menyimpan sejuta manfaat yang berguna bagi kesehatan. Namun, di balik itu semua ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi biota laut ini. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. 

Sebelum mengonsumsinya:

  • Pastikan terlebih dahulu Anda tidak memiliki alergi terhadap makanan laut. Ini perlu dipertimbangkan mengingat reaksi alergi pada masing-masing orang berbeda. Ada yang masuk dalam kategori alergi ringan, tapi ada pula yang langsung berat.
  • Tidak cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah. Jika dikonsumsi tanpa perhitungan yang tepat, bisa menimbulkan pendarahan dan memar. Konsultasikan dahulu kepada dokter Anda jika ingin mengonsumsi biota laut ini.
  • Jika Anda sedang merencanakan pengobatan berupa pembedahan, teripang tidak boleh dikonsumsi paling tidak dua minggu sebelum tindakan. Ini untuk menghindari adanya pendarahan yang berlebihan. 

Tetap Konsumsi Sesuai Kebutuhan dan Anjuran

Nah, itulah beberapa khasiat teripang yang tak banyak orang ketahui. Tak hanya bisa dinikmati sebagai sajian yang menggiurkan, mereka juga menyimpan sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan. Anda bisa menjadikan hewan laut di atas sebagai alternatif pengobatan yang cukup menjanjikan. 

Meskipun begitu, bersikap bijak tetap menjadi pilihan utama, ya. Konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan tetap berhati-hati agar tak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Ini Syarat, Proses dan Cara Donor Plasma Konvalesen untuk Bantu Obati Covid-19