Suka Mengonsumsi Ikan Dori? Manfaat Kesehatan Inilah yang Pasti Didapatkan Tubuh

Pecinta film animasi keluarga pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis satwa laut yang satu ini. Tepat! Ikan dori merupakan jenis ikan yang cukup populer karena menjadi tokoh penting di salah satu film animasi keluarga paling fenomenal, Finding Nemo dan Finding Dory. 

Namun, bukan berbicara tentang film maupun tokoh dari jenis ikan tersebut, dori ternyata juga menjadi ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat, lho! Ikan dori merupakan jenis ikan yang menjadi favorit masyarakat di Inggris untuk dikonsumsi dalam makanan yang bernama fish ‘n chips. Di Indonesia sendiri, ikan dori juga mulai banyak dijadikan sebagai kudapan dan laris dijual di pasaran. 

Banyak dijual di pasaran, mungkin Anda sudah pernah atau bahkan sudah menjadi penikmat rutin dari ikan dengan daging yang lembut nan lezat ini. Jika ya, maka secara tidak langsung Anda juga telah membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bagi yang belum tahu, ikan dori tidak hanya mampu memanjakan lidah saja. Namun, kandungan gizi yang dimiliki oleh jenis ikan tersebut juga mampu menjadikan tubuh lebih sehat dan menghindarkan diri dari serangan penyakit. Lantas, nutrisi apa saja yang dimiliki oleh ikan dori dan khasiat kesehatan apa yang bisa diberikan dari mengonsumsi ikan tersebut?

Kandungan Gizi Ikan Dori

loader

Ikan dori merupakan jenis ikan yang banyak dihidangkan sebagai lauk makanan maupun kudapan. Tidak hanya lezat, ikan ini ternyata juga menyimpan gizi berlimpah yang penting untuk didapatkan oleh tubuh. Beberapa nutrisi penting yang dimilikinya adalah omega 3, zat besi, yodium, magnesium, dan taurin. 

Ada pula kandungan lain yang tak kalah bergunanya dari ikan dori adalah DHA, EPA, flourida, dan juga selenium. Bagi yang belum tahu, omega 3 terkandung di banyak ikan laut, termasuk ikan dori dan salmon. Khasiatnya yang berlimpah bagi manusia membuat kandungan omega 3 banyak dicari, dan salah satu sumbernya adalah dari mengonsumsi ikan dori.  

Baca Juga: Saat Sahur, Makan Nasi Merah Atau Nasi Putih? Ini Pertimbangannya

Manfaat Ikan Dori Bagi Kesehatan

  1. Mampu Mendorong Pertumbuhan Sel Otak

    Sudah menjadi rahasia umum jika omega 3 dan zat besi merupakan nutrisi yang penting untuk otak. Pasalnya, kedua nutrisi tersebut mampu mendorong pertumbuhan sel otak agar kinerjanya senantiasa maksimal. Nah, kedua kandungan tersebut bisa ditemukan dalam ikan dori yang juga turut membuktikan bahwa ikan sangat penting untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan. 

    Terlebih pada anak-anak, hendaknya memperbanyak mengonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan omega 3 dan zat besinya. Dengan begitu, perkembangan otaknya menjadi maksimal dan menjadi individu yang cerdas dan mampu bersaing. 

  2. Kuliner Idaman bagi Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

    Dua kandungan penting lainnya yang dimiliki oleh ikan dori adalah DHA dan EPA. Bagi yang belum tahu, kedua kandungan tersebut merupakan singkatan dari docosahexaenoic acid dan eicosapentaenoic acid. Keduanya sudah banyak dipahami memiliki banyak manfaat pada masa pertumbuhan bayi. 

    Namun, khasiat DHA dan juga EPA tidak hanya untuk bayi dalam masa perkembangan saja. Bagi penderita hipertensi, kandungan tersebut dapat menurunkan tekanan darah yang meninggi. Jadi, mengonsumsi ikan dori dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi penyakit tersebut.  

  3. Menghindarkan Diri dari Risiko Penyakit Kardiovaskular

    Penyakit jantung atau kardiovaskular banyak dikenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan, setiap tahunnya, korban jiwa akibat penyakit jantung ini bisa mencapai ratusan ribu orang. Hal inilah yang membuat penyakit kardiovaskular menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat dari seluruh dunia. 

    Sebenarnya, penyebab utama dari penyakit jantung adalah dari gaya hidup yang tidak sehat serta tidak menjaga asupan makanan dalam tubuh. Hasilnya, tubuh akan menyimpan terlalu banyak lemak jahat dan juga kolesterol yang bisa membuat aliran darah menjadi terganggu.

    Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat memanfaatkan ikan dori. Pasalnya, daging ikan tersebut mengandung beragam vitamin, protein, dan mineral lainnya yang berguna untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Oleh karena itu, bagi Anda yang mendambakan hidup yang sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung, biasakan diri untuk rutin mengolah resep ikan dori. 

  4. Solusi Bagi Si Mudah Lelah dan Pegal

    Rasa pegal dan lelah akibat beraktivitas seharian memang wajar. Namun, saat tubuh merasa capai walau hanya melakukan aktivitas ringan dalam jangka waktu yang pendek, berarti ada yang salah dengan kekuatan otot. Untuk mengatasinya dapat dengan rutin mengonsumsi ikan dori. 

    Alasannya, ada beragam vitamin dalam ikan dori yang mampu mengembalikan kekuatan otot pasca melakukan kegiatan yang melelahkan. Oleh karena itu, bagi yang merasa tubuhnya mudah lelah dan pegal, coba untuk sering mengolah resep-resep ikan dori yang menarik.  

  5. Mengandung Vitamin A dan Beragam Mineral Lain untuk Kesehatan Mata

    Banyak orang percaya bahwa mata akan selalu sehat saat tubuh rutin mendapatkan asupan vitamin A. Nutrisi tersebut ternyata juga terkandung dalam ikan dori ini. Dalam kata lain, rutin mengonsumsi ikan ini dapat membantu mata agar tetap sehat dan terhindar dari risiko terkena penyakit mata.

    Tidak hanya itu, ikan dori juga mengandung mineral dan juga protein yang mampu menjaga mata tetap sehat dari dalam. 

  6. Sistem Pencernaan Menjadi Lebih Sehat

    Tak dapat dipungkiri jika sistem pencernaan memegang kontribusi besar dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Pasalnya, segala nutrisi dari makanan akan dicerna dan diurai melalui organ tubuh tersebut. Barulah semua kandungan gizi dari makanan dapat disebar ke seluruh bagian tubuh yang lainnya dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

    Nah, saat kesehatan sistem pencernaannya saja sudah buruk, bukan tidak mungkin seluruh asupan gizi yang diterima oleh tubuh akan terbuang begitu saja. Untuk menyiasatinya, ikan dori menawarkan beragam zat yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan. Dengan begitu, tubuh mampu mengurai makanan dengan lebih optimal dan nutrisinya dapat diedarkan ke seluruh area tubuh secara maksimal.  

  7. Mendambakan Kulit Berseri? Jadikan Ikan Dori Sebagai Konsumsi Rutin

    Kesehatan kulit menjadi salah satu aspek paling penting dalam hal kecantikan, khususnya bagi kaum hawa. Saat kulit tampil lebih bersih dan awet muda, rasa percaya diri pun akan menjadi lebih tinggi pula. 

    Khasiat inilah yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi ikan dori. Penyebabnya, kandungan omega 3 di dalam ikan ini mampu merangsang sel serta hormon dalam tubuh untuk melindungi kulit dari serangan radiasi maupun radikal bebas. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih sehat dan tidak menurunkan penampilan serta kecantikan Anda. 

  8. Mencegah Tubuh Memproduksi Partikel Inflamasi

    Khasiat ikan dori selanjutnya lagi-lagi berasal dari kandungan omega 3-nya, yaitu untuk mencegah tubuh memproduksi partikel inflamasi. Inflamasi atau peradangan memiliki potensi cukup tinggi untuk merusak kulit atau bagian tubuh lainya. Jadi, saat produksinya dikurangi, maka  tubuh akan menjadi jarang terkena penyakit peradangan. 

    Peradangan dalam tubuh biasanya menyebabkan badan kurang sehat dan terasa nyeri. Jika saat ini merasakan gejala tersebut, maka ada proses inflamasi dalam tubuh dan sebaiknya segera ditangani dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Salah satunya bisa ditemukan dalam ikan dori ini. 

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Salmon Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi

Proses Pengolahan Ikan Dori yang Sehat Memaksimalkan Khasiat Kesehatannya

Ikan dori adalah jenis ikan yang dapat diolah dengan berbagai macam cara, tergantung dari selera orang yang akan memakannya. Baik dengan cara dikukus, direbus, diasap, dipanggang, maupun digoreng, ikan dori tetap akan menjadi kuliner yang mampu memanjakan lidah.

Meski begitu, tetap perhatikan cara pengolahan ikan dori ini agar nutrisi yang dimilikinya tidak hilang. Cara terbaik mengolah ikan ini adalah dengan menjadikannya sebagai campuran salad, pasta, maupun risotto dan juga camilan sehat lainnya. Dengan begitu, khasiat ikan dori bagi kesehatan bisa didapatkan sepenuhnya. 

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh