Selain Bikin Senang, 5 Game Ini Mengajarkan Anda Mengelola Keuangan

Bermain game menjadi solusi yang tepat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bahkan, beberapa orang akan bermain game ketika dirinya merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaan. Dengan bermain game tentunya bisa membuat seseorang merasa senang. 

Namun tanpa kita sadari, game tak hanya bikin senang saja tapi ada beberapa game juga yang memberikan edukasi pengelolaan keuangan. Jadi, bermain sambil belajar bagaimana mengelola uang agar permainan tetap berjalan.

Kira-kira game apa saja yang bisa mengajari pemainnya untuk mengelola keuangan dengan baik? Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Monopoly

loader
Monopoly

Siapa sih, yang tidak pernah memainkan Monopoly? Permainan ini diciptakan oleh Lizzie Magie, pada tahun 1903. Bahkan board game kenamaan ini sekarang hadir dalam versi mobile game dengan berbagai judul, tampilan, dan variasi. 

Permainan yang lisensinya dipegang oleh perusahaan mainan terkemuka Hasbro ini mengajarkan kita untuk menjalankan bisnis properti. Seperti, membeli dan menjual petak properti, ada juga pertukaran uang di bank, hingga membayar sewa atau denda.

Beberapa hal dalam mengelola keuangan yang dapat kita temukan dari permainan ini diantaranya, mengelola kas dan transaksi keuangan, memahami pajak dan dana darurat, negosiasi, hingga matematika keuangan, juga pengembangan investasi.

Baca Juga: 3 Game Unik Yang Mengajarkan Keuangan Untuk Anak

2. The Sims

Game ini diciptakan oleh developer Maxis dan dipublikasikan oleh perusahaan game raksasa, Electronic Arts. Sejak dirilis pada tahun 2000 yang silam, The Sims menarik perhatian banyak orang. Dan inti dari permainan ini sebenarnya sangat sederhana.

Kita akan dibawa dalam simulasi kehidupan sehari-hari. Makan, tidur, kerja, bersosialisasi, menghibur diri dan berbagai hal lain yang harus kita kendalikan dengan seimbang. Jika tidak, karakter yang kita mainkan bisa meninggal.

Pengelolaan uang yang diajarkan oleh The Sims sederhana saja. Bagaimana cara kita mengelola hasil pendapatan, untuk memenuhi dan mengembangkan kehidupan. Mulai dari belanja, membeli rumah, kendaraan, hingga menggelar sebuah pesta.

3. Cashflow 101

Permainan ini berangkat dari sebuah buku terkemuka yang bertitel Rich Dad Poor Dad. Mungkin Anda tidak asing lagi dengan judul bukunya. Betul, buku tersebut ditulis oleh seorang pebisnis terkemuka asal Amerika Serikat, Robert Kiyosaki.

Robert membuat permainan Cashflow 101 sebagai sebuah board game. Tujuannya, agar orang dapat lebih memahami apa yang ia tumpahkan dalam bukunya.

Pelajaran yang dapat Anda temukan dalam permainan ini adalah prinsip arus kas dan mengembangkan pengetahuan soal investasi. Selain itu ada fungsi-fungsi dasar investasi, perbedaan aset dan utang, juga dasar akuntansi keuangan untuk pribadi.

Permainan ini terbagi menjadi tiga jenis. Ada yang diperuntukan bagi anak diatas 6 tahun, kemudian 14 tahun, juga Cashflow 202 bagi yang ingin lebih mendalami tentang arus kas.

Baca Juga: Mendadak Kaya dari Game Online, Ini Tipsnya

4. Harvest Moon Back to Nature

loader
Harvest Moon

Para penggemar konsol seperti PlayStation tentunya tidak asing lagi dengan judul game yang satu ini. Hingga sekarang, Harvest Moon masih diburu untuk dimainkan oleh banyak orang. Siapa yang menyangka, game ini juga dapat mengajari kita tentang pengelolaan uang.

Dalam Harvest Moon Back to Nature, kita memainkan karakter seorang anak yang mendapat hibah rumah sekaligus kebun dari keluarganya, dan harus dikelola dengan baik.

Kita akan memulai game ini dengan uang terbatas. Untuk menghasilkan lebih banyak uang, tentu saja, kita harus mampu mengelola tanah yang kita miliki. Beternak dan bertani adalah cara bagi kita untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Oh ya, pastinya. Ada diantara Anda yang sering menggunakan cheat untuk mendapatkan uang lebih banyak, rumah yang sempurna, atau stamina. 

5. Pay Day

Permainan berikutnya adalah sebuah board game yang diciptakan pada tahun 1975 oleh Parker Brothers. Pay Day akan mengajak kita bermain di atas sebuah board yang menandakan kalender dalam satu bulan.

Kemudian, pemain mendapat kesempatan untuk melakukan pinjaman, pembayaran dan pengeluaran mendadak dalam hitungan hari. Pay Day juga dapat membuat kita memahami beberapa hal tentang mengelola uang.

Pembelajaran pengelolaan uang dengan game Ini cukup banyak. Diantaranya, mengevaluasi arus kas, mengatur tingkat pinjaman uang, dan memahami tentang tabungan bulanan dan membuat dana darurat. Selain itu, game ini juga bisa memperkuat skill matematika pemainnya.

Ambil Sisi Positif Terapkan dalam Hidup

Memang, ada beberapa game yang digolongkan sebagai serious game, yaitu sebuah game yang diciptakan bukan hanya untuk menghadirkan hiburan semata. Tapi juga, mampu memberikan kita berbagai macam edukasi.

Untuk itu, jangan memilih sembarangan game yang sekedar menghibur saja, tapi juga melihat apakah di game tersebut ada sisi positifnya yang bisa diambil dan diterapkan dalam hidup atau tidak. Dengan begitu, selain menyenangkan game juga bisa memberikan pembelajaran.

Baca Juga: Game Offline Berikut Tak Kalah Seru dengan Game Online, Kamu Harus Coba!