Sering Dianggap Remeh, Ketahui 4 Keuntungan Meniti Karir di Bidang Sales

Profesi sales atau penjualan sering dianggap remeh bagi sebagian besar orang. Padahal profesi ini selalu menjadi bagian penting dalam setiap bisnis, baik itu bisnis skala kecil maupun yang berskala besar. Penjualan akan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan perusahaan. 

Semakin tinggi angka penjualan, maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan. Untuk mendapatkan angka penjualan yang maksimal, perusahaan bahkan kerap melakukan berbagai cara, termasuk dengan merekrut orang-orang yang berkompeten dan tangguh di bidang sales. 

Jika Anda termasuk orang yang senang dengan tantangan kerja yang besar, maka bergabung menjadi staf sales bisa dicoba. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dalam menekuni profesi sebagai sales, bahkan bisa menunjang karir di masa depan.

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan, jika meniti karir di bagian sales.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Punya banyak koneksi

koneksi
Punya banyak koneksi

Berbeda dengan staf dari divisi lainnya yang pada umumnya hanya menghabiskan waktu di kantor saja, staf sales justru banyak bekerja di luar kantor. Anda akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari klien hingga pelanggan lainnya yang sudah biasa membeli produk perusahaan. 

Anda bisa membangun koneksi yang lebih luas. Dengan begitu, Anda bisa menjalin kerjasama untuk waktu yang panjang. Bahkan jika perlu, di masa yang akan datang tidak tertutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama dalam bidang yang lain bersama dengan para relasi ini.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Jenis Pekerjaan Ini Butuh Keahlian Khusus!

2. Punya rasa percaya diri yang tinggi

Menjadi staf sales memang tidak mudah, itulah mengapa hanya segelintir orang saja yang mau mencoba pekerjaan yang satu ini. Staf penjualan memiliki tanggung jawab besar untuk memasarkan produk kepada para pelanggan, termasuk untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang baru. 

Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah, di mana Anda akan berurusan dengan banyak orang-orang yang baru setiap harinya. Anda akan membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, termasuk kemampuan yang baik dalam menciptakan penjualan.

Jika bekerja di bidang sales, maka bisa dipastikan Anda akan terbiasa memiliki rasa percaya diri yang baik karena sudah terbiasa berbincang dengan nyaman dan menjual produk ke banyak orang, baik itu dalam bentuk perusahaan maupun perorangan. Rasa percaya diri yang baik seperti ini, akan menjadi modal besar dan menguntungkan Anda dalam berbagai urusan pekerjaan.

3. Penghasilan yang lebih besar

penghasilan
Penghasilan lebih besar

Bukan rahasia lagi jika sales memiliki penghasilan di atas rata-rata, jika dibandingkan dengan staf dari divisi lainnya di perusahaan. Beban dan tantangan kerja yang lebih berat di bidang sales, sebanding dengan jumlah pendapatan yang bisa dibawa setiap bulannya. Staf penjualan pada umumnya tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja, namun juga akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap produk yang dijualnya.

Semakin banyak produk yang terjual, maka komisi yang bisa didapat juga tentu akan semakin besar. Untuk sebagian sales, jumlah komisi ini bahkan bisa saja jauh lebih besar dari gaji tetap yang mereka dapatkan dari perusahaan.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Terbaru 10 Pekerjaan dengan Gaji Besar di atas Rp15 Juta!

4. Banyak dicari perusahaan

Hampir setiap perusahaan membutuhkan staf sales, inilah salah satu alasan mengapa pekerjaan sebagai sales selalu banyak dibutuhkan. Untuk mendapatkan angka penjualan yang maksimal, perusahaan pada umumnya akan mempekerjakan beberapa atau bahkan banyak sales sekaligus. 

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam pekerjaan yang satu ini, maka tidak perlu khawatir kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Sepanjang tahun, akan selalu ada banyak lowongan untuk bidang yang satu ini di berbagai perusahaan, bahkan perusahaan yang besar sekalipun.

Jadi Sales Profesional dengan Asah Kemampuan Promosi

Sales menjadi salah satu pekerjaan yang terbilang cukup mudah didapatkan, namun sayangnya kurang peminatnya. Padahal sebagai sales akan menunjang karir ke jenjang yang lebih tinggi ditambah lagi penghasilan yang lumayan besar. Latih kemampuan promosi penjualan produk, agar Anda bisa jadi seorang sales profesional.

Baca Juga: Dear Fresh Graduate, 7 Profesi ini Jadi Idaman Generasi Milenial