Solusi Alternatif Buat Kamu yang Tidak Lulus SNMPTN

Pengumuman kelulusan SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui hasil rapor sudah resmi diumumkan. Tentunya, para pelajar yang daftar SNMPTN sudah pasti ada yang dinyatakan lulus dan tidak lulus.

Dari data yang beredar, panitia pusat seleksi SNMPTN 2018, menyatakan 110.946 siswa dari total peserta dengan jumlah 586.155, dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-indonesia. Dari jumlah yang lulus SNMPTN tersebut, 28.069 siswa merupakan dari peserta program Bidikmisi.

Well, selamat ya buat kamu yang telah dinyatakan lulus SNMPTN dan diterima di PTN tujuan. Tapi, khusus buat kamu yang tidak lulus, please jangan bersedih atau berkecil hati.

Ingat untuk tetap berpikir positif dan ketidaklulusan ini bukan berarti bagian dari kegagalan, justru bisa jadi hal ini menjadi sebuah keberhasilan yang tertunda. Tetaplah bersemangat dan segera lakukan cara ini untuk mempersiapkan diri kamu meraih mimpi kamu.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Lakukan Persiapan SBMPTN

sbmptn
Ikutin SBMPTN

Ada kesempatan lain yang bisa dilakukan agar bisa diterima di PTN yang diinginkan, yakni ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN yang akan dimulai pendaftarannya pada 29 Maret 2018. Nah, saatnya kamu persiapkan diri mulai dari sekarang.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketahui informasi penting secara menyeluruh dan catat jadwal SBMPTN 2018 di website resmi (https://sbmptn.ac.id/?mid=13). Agar persiapan semakin matang, kamu bisa beli buku-buku SBMPTN dan jangan lupa untuk mengisi soal-soalnya sebagai latihan di rumah.

2. Ikuti Ujian Mandiri

ujian
Ikuti Ujian Mandiri

Jika kamu memiliki kemampuan yang lebih, tidak ada salahnya ikut serta pada seleksi mandiri yang diselenggarakan di masing-masing PTN. Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai jadwal ujian mandiri dan mekanisme yang diberlakukan.

Pada umumnya, seleksi mandiri ini memiliki cara dan mekanisme yang berbeda disetiap PTN. Jadi bisa saja sistem PTN yang A berbeda dengan sistem seleksi mandiri PTN yang B, contohnya ada PTN yang memakai seleksi raport, ujian mandiri bersama, bahkan ada yang memakai nilai SBMPTN.

 

Baca Juga: Ingin Anak Jadi Dokter: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran?

3. Ikut di Tahun Depan

next yeat
Ikuti Seleksi Tahun Depan

Siapa yang tidak kepingin masuk di PTN favorit? Jika tahun ini kamu belum dikasih rezeki untuk masuk di PTN impian, jangan bersedih. Masih ada kesempatan mengikuti SNMPT di tahun depan. Tidak ada salahnya intropeksi diri dari kesalahan yang dilakukan sekarang agar tidak terulang kembali saat ikut SNMPTN di tahun depan.

4. Kursus

belajar komputer
Mengikuti Kursus

Sambil menunggu jadwal SNMPTN di tahun depan, kamu bisa mengambil kursus yang sesuai dengan keahlian dasar yang dimiliki. Misal saja, kursus bahasa asing, digital marketing, web developer, desain dan sebagainya. Hal ini sangat baik dilakukan agar keahlian semakin terasah dengan baik dan tentunya bisa menjadi bekal saat nanti ingin melamar pekerjaan.

5. Jadi Freelancer

freelance
Jadi Freelance atau Tenaga Lepas

Saat ini banyak perusahaan yang membuka peluang kerja sebagai freelancer atau tenaga lepas dengan upah yang lumayan. Jenis pekerjaan freelance yang saat ini banyak digandrungi, diantaranya penulis, fotografer, reporter atau kontributor dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang tidak mau terikat oleh waktu, tidak ada salahnya mengajukan diri sebagai freelancer.

6. Kerja Part time / Berbisnis

pramusaji
Kerja Part Time atau Membuka Peluang Usaha

Mengisi waktu luang dengan kerja part time atau berbisnis, kenapa tidak? Kini banyak situs khusus lowongan pekerjaan yang menyediakan banyak informasi pekerjaan, baik full time maupun part time. Sebaiknya baca secara menyeluruh informasi yang diberikan perusahaan agar memudahkan kamu saat mengambil keputusan. Agar proses diterima di perusahaan lebih cepat, jangan lupa kirimkan fortofolio terbaik dan cantumkan penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

Hal yang sangat bagus jika keterampilan yang kamu miliki dijadikan sebagai ladang usaha. Dari semua keterampilan yang kamu kuasai, pilihlah keterampilan yang paling kamu sukai untuk dijadikan bisnis. Sebagai contoh, usaha hijab, menjual aksesoris, desain foto dan sebagainya. Jangan pernah takut untuk memulai usaha. Belajarlah secara perlahan agar usaha yang dirintis semakin berkembang.

Dengan begitu justru akan memberikan manfaat yang baik untuk diri sendiri. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang luar bisa.

Baca Juga: Bingung Mau Pilih Tinggi Negeri atau Swasta? Pertimbangkan Hal Ini

7. Coba Perguruan Tinggi Swasta atau PTS Terbaik

kampus
Mencoba Perguruan Tinggi Swasta

Sudah berkali-kali ikut SNMPTN, SBMPTN tapi tidak diterima juga di PTN impian. Mungkin memang bukan rezeki dan jalan kamu masuk di PTN yang diinginkan. Tidak ada salahnya mencoba mencari tahu PTS terbaik di sekitar tempat tinggal.

Kini, banyak PTS yang tidak kalah bagusnya dengan PTN. Justru masing-masing PTS berlomba-lomba menunjukkan kriteria terbaik agar menghasilkan lulusan terbaik juga. Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari informasi terebih dahulu dengan bertanya kepada saudara dan teman yang sudah masuk ke PTS terlebih dahulu atau mengunjungi langsung ke PTS.

Berjuang Meraih Cita-Cita, Iringi dengan Doa

Siapapun pernah merasakan sulitnya meraih impian, termasuk saat ingin masuk ke PTN favorit. Teruslah berusaha dan pantang menyerah demi masa depan yang kamu impikan. Jangan lupa, minta restu kedua orang tua dan iringi dengan doa agar diberikan kemudahan pada setiap prosesnya.

Baca Juga: Cara agar Diterima Kuliah di PTN