Solusi Alternatif Buat Kamu yang Tidak Lulus SNMPTN

Pengumuman kelulusan SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui hasil rapor sudah resmi diumumkan. Tentunya, para pelajar yang daftar SNMPTN sudah pasti ada yang dinyatakan lulus dan tidak lulus.

Dari data yang beredar, panitia pusat seleksi SNMPTN 2019, menyatakan 92.331 siswa dari total peserta dengan jumlah 478.608 siswa, dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-indonesia. Dari jumlah yang lulus SNMPTN tersebut, 26.217 siswa merupakan dari peserta program Bidikmisi.

Well, selamat ya buat kamu yang telah dinyatakan lulus SNMPTN dan diterima di PTN tujuan. Tapi, khusus buat kamu yang tidak lulus, please jangan bersedih atau berkecil hati.

Ingat untuk tetap berpikir positif dan ketidaklulusan ini bukan berarti bagian dari kegagalan, justru bisa jadi hal ini menjadi sebuah keberhasilan yang tertunda. Tetaplah bersemangat dan segera lakukan cara ini untuk mempersiapkan diri kamu meraih mimpi.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Ikuti UTBK

loader

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika tidak lulus SNMPTN adalah kamu bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2019. Pendaftaran ujian ini sudah dibuka sejak 1 Maret 2019 lalu. Bagi kamu yang belum mendaftar, tak perlu khawatir karena masih ada kesempatan daftar UTBK gelombang kedua di https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id yang nantinya akan segera ditutup pada 01 April 2019. Rencananya pelaksanaan UTBK ini akan berlangsung 10 kali - 20 sesi pada 13 April 2019 hingga 26 Mei 2019 dan hasil pengumumannya pada 23 April 2019 - 02 Juni 2019.

2. Lakukan Persiapan SBMPTN

loader
Ikutin SBMPTN via tribunnews.com

Ada kesempatan lain yang bisa dilakukan agar bisa diterima di PTN yang diinginkan, yakni ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN yang akan dimulai pendaftarannya pada 10-24 Juni 2019. Nah, saatnya kamu persiapkan diri mulai dari sekarang.

Ketahui informasi penting secara menyeluruh terlebih dahulu dan catat jadwal SBMPTN 2019 di website resmi (https://sbmptn.ltmpt.ac.id/). Agar persiapan semakin matang, kamu bisa beli buku-buku SBMPTN dan jangan lupa untuk mengisi soal-soalnya sebagai latihan di rumah.

3. Ikuti Ujian Mandiri

loader
Ikuti Ujian Mandiri

Jika kamu memiliki kemampuan yang lebih, tidak ada salahnya ikut serta pada seleksi mandiri yang diselenggarakan di masing-masing PTN. Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai jadwal ujian mandiri dan mekanisme yang diberlakukan. Dikutip dari sbmptn.ac.id seleksi Mandiri PTN akan diumumkan paling lambat 30 Juni 2019 mendatang.

Pada umumnya, seleksi mandiri ini memiliki cara dan mekanisme yang berbeda disetiap PTN. Jadi bisa saja sistem PTN yang A berbeda dengan sistem seleksi mandiri PTN yang B, contohnya ada PTN yang memakai seleksi raport, ujian mandiri bersama, bahkan ada yang memakai nilai SBMPTN.

Baca Juga: Mau Kuliah S1/S2/S3? Catat Informasi Beasiswa Terbaru dan Deadlinenya Tahun ini!

4. Ikut di Tahun Depan

loader
Ikuti Seleksi Tahun Depan

Siapa yang tidak kepingin masuk di PTN favorit? Jika tahun ini kamu belum dikasih rezeki untuk masuk di PTN impian, jangan bersedih. Masih ada kesempatan mengikuti SNMPT di tahun depan. Tidak ada salahnya intropeksi diri dari kesalahan yang dilakukan sekarang agar tidak terulang kembali saat ikut SNMPTN di tahun depan.

5. Kursus

loader
Mengikuti Kursus

Sambil menunggu jadwal SNMPTN di tahun depan, kamu bisa mengambil kursus yang sesuai dengan keahlian dasar yang dimiliki. Misal saja, kursus bahasa asing, digital marketing, web developer, desain dan sebagainya. Hal ini sangat baik dilakukan agar keahlian semakin terasah dengan baik dan tentunya bisa menjadi bekal saat nanti ingin melamar pekerjaan.

6. Jadi Freelancer

loader
Jadi Freelance atau Tenaga Lepas

Saat ini banyak perusahaan yang membuka peluang kerja sebagai freelancer atau tenaga lepas dengan upah yang lumayan. Jenis pekerjaan freelance yang saat ini banyak digandrungi, diantaranya penulis, fotografer, reporter atau kontributor dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang tidak mau terikat oleh waktu, tidak ada salahnya mengajukan diri sebagai freelancer.

7. Kerja Part time / Berbisnis

loader
Kerja Part Time atau Membuka Peluang Usaha

Mengisi waktu luang dengan kerja part time atau berbisnis, kenapa tidak? Kini banyak situs khusus lowongan pekerjaan yang menyediakan banyak informasi pekerjaan, baik full time maupun part time. Sebaiknya baca secara menyeluruh informasi yang diberikan perusahaan agar memudahkan kamu saat mengambil keputusan. Agar proses diterima di perusahaan lebih cepat, jangan lupa kirimkan fortofolio terbaik dan cantumkan penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

Hal yang sangat bagus jika keterampilan yang kamu miliki dijadikan sebagai ladang usaha. Dari semua keterampilan yang kamu kuasai, pilihlah keterampilan yang paling kamu sukai untuk dijadikan bisnis. Sebagai contoh, usaha hijab, menjual aksesoris, desain foto dan sebagainya. Jangan pernah takut untuk memulai usaha. Belajarlah secara perlahan agar usaha yang dirintis semakin berkembang.

Dengan begitu justru akan memberikan manfaat yang baik untuk diri sendiri. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang luar bisa.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Raih Beasiswa di Universitas Luar/Dalam Negeri

8. Coba Perguruan Tinggi Swasta atau PTS Terbaik

loader
Mencoba Perguruan Tinggi Swasta

Sudah berkali-kali ikut SNMPTN, SBMPTN tapi tidak diterima juga di PTN impian. Mungkin memang bukan rezeki dan jalan kamu masuk di PTN yang diinginkan. Tidak ada salahnya mencoba mencari tahu PTS terbaik di sekitar tempat tinggal.

Kini, banyak PTS yang tidak kalah bagusnya dengan PTN. Justru masing-masing PTS berlomba-lomba menunjukkan kriteria terbaik agar menghasilkan lulusan terbaik juga. Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari informasi terebih dahulu dengan bertanya kepada saudara dan teman yang sudah masuk ke PTS terlebih dahulu atau mengunjungi langsung ke PTS.

Berjuang Meraih Cita-Cita, Iringi dengan Doa

Siapapun pernah merasakan sulitnya meraih impian, termasuk saat ingin masuk ke PTN favorit. Teruslah berusaha dan pantang menyerah demi masa depan yang kamu impikan. Jangan lupa, minta restu kedua orang tua dan iringi dengan doa agar diberikan kemudahan pada setiap prosesnya.

Baca Juga: Cara agar Diterima Kuliah di PTN