Mengintip Kisah Sukses Steven Wongsoredjo dengan Social Commerce Garapannya, Aplikasi Super

Nama Steven Wongsoredjo menambah panjang daftar pengusaha muda dari generasi milenial yang sukses di Indonesia. Ia dikenal sebagai pendiri dan CEO platform bernama Super, yang ditujukan untuk agen penyalur barang kebutuhan toko dan warung.

Aplikasi besutan Steven telah membantu para pelaku usaha kecil untuk menjadi agen, serta memesan barang dengan harga yang dibanderol jauh lebih murah. Di awal 2022 lalu, aplikasi Super yang digadang-gadang sebagai pionir social commerce Tanah Air ini telah sukses menerima sertifikasi ISO 9001:2015.

Selain itu, Steven Wongsoredjo yang punya banyak lini bisnis ini juga dikenal sebagai Co-Founder Nusantara Technology. Steven memang mempunyai segudang pengalaman sebagai pengusaha, namanya kerap dikaitkan dengan sejumlah bisnis startup, beserta prestasi dan pencapaiannya. Bahkan ia pun berhasil masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 2019.

Baca Juga: Berjaya Berkat Kewirausahaan di Sektor Real Estate, Berikut Cerita Sukses Keluarga Ciputra

Merintis Beragam Lini Bisnis Sejak Lama

loader

Steven Wongsoredjo (Sumber: intermezzo.id)

Perjalanan Steven terbilang cukup panjang dalam meraih kesuksesan yang ditargetkannya. Dalam dunia pendidikan, ia pernah meraih Bachelor of Science dari The John Hopkins University (2012-2014) dan Master of Science di Columbia University (2015-2016), di New York, Amerika Serikat.

Sepulangnya dari Negeri Paman Sam, Steven memulai rintisan startup yang terdiri dari Yukepo.com, Keepo.me, dan juga aplikasi Super. Rintisan bisnis Steven ini ditujukannya untuk generasi milenial. 

Yukepo menyajikan konten lifestyle yang menargetkan perempuan Gen Y sebagai pembacanya. Selagi mengembangkan Yukepo, Steven Wongsoredjo lantas mengakuisisi Keepo yang merupakan salah satu media online yang kemudian menjadi viral di kalangan netizen dalam negeri.

Sedangkan aplikasi Super memiliki segmentasi yang lebih detail dan spesifik lagi, yakni usaha kecil menengah/UKM dengan keuntungan sistem bagi hasil. Aplikasi Super termasuk sebuah terobosan yang memberi impact bagi banyak orang. 

Menjadi Co-Founder dari Nusantara Technology

Akuisisi Yukepo dan Keepo membuat wilayah jangkauan bisnis Steven menjadi lebih luas lagi. Sehingga ia pun sukses membuka kantor perusahaan di Surabaya, Jakarta, serta Yogyakarta. Tak berhenti di situ, Steven pun menghadirkan platform Artificial Intelligence (AI) dengan nama PlayingVIral untuk konten kuis dan survei. 

Dengan bisnisnya yang berkembang, Steven pun lantas menciptakan perusahaan induk yang menaungi keempat lini garapannya. Akhirnya, lahirlah Nusantara Technology yang menaungi semuanya.

Aplikasi Super Memberikan Pengaruh Positif Melalui Program Super Center

Aplikasi Super yang didirikan pada tahun 2019 menjadi aplikasi kulakan yang membantu UKM melakukan upgrade toko kelontong miliknya dengan lebih banyak barang pilihan. Adapun aplikasi Super menyasar toko kelontong dan warung kopi sebagai target utamanya.

Platform yang inovatif diciptakan untuk membantu pertumbuhan ekonomi daerah yang ada di Indonesia. Harapannya, para pemilik usaha kecil kelontong dan warung kopi bisa kulak dan belanja grosiran dengan harga murah serta proses mudah. 

Adapun aplikasi Super menawarkan sejumlah keuntungan. Salah satunya dengan pengadaan sebuah program yang bernama Super Center. Program tersebut bertujuan untuk memajukan perkelontongan Indonesia. Caranya yakni melalui penerapan 3P: Pelatihan, Pendapatan Tambahan, serta Promosi.

Untuk saat ini, aplikasi Super dan program Super Center memang baru menjangkau wilayah Surabaya dan Sidoarjo (Jawa Timur). Kendati demikian, aplikasi Super terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Sehingga masyarakat banyak pun terbantu dengan keberadaannya.

Walaupun belum begitu lama berdiri, aplikasi Super telah meraih sejumlah pencapaian besar. Terdapat 707 pemilik UKM toko kelontong dan warung kopi yang sudah menjadi Super Agen. Mereka juga telah tercatat sebagai Mitra Super Center.

Baca Juga: Menapaki Suksesnya Kiprah Budiono Darsono, Pendiri Portal Berita Kenamaan Detik.com

Meraih Pendanaan Masif dari Para Investor

Soal pendanaan, Steven telah mengumpulkan setidaknya 106 juta Dollar AS (sekitar Rp1,56 triliun) dan mendapat dukungan dari para investor tersohor dalam berbagai lini bisnisnya. Di antaranya termasuk NEA, Y-Combinator Continuity Fund, SoftBank, DST, Horizons, B Capital, dan Chairman dari Bain Capital. 

Selain itu, nama Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu, pemilik Boston Celtics, Jay-Z’s Arrive, serta sejumlah pihak investor global terkemuka lainnya turut ambil bagian berinvestasi.

Super App menerima Pendanaan Seri C dengan nilai Rp1,01 triliun (70 juta Dollar AS). Diketahui, pendanaan ini dipimpin oleh NEA dengan sokongan dari jajaran venture capital lainnya. Mereka meliputi SoftBank Ventures Asia, Insignia Ventures Partners, DST Global Partners, TNB Aura, dan B Capital. 

Pada April 2021 lalu, Super tercatat pernah menerima Pendanaan Seri B sejumlah Rp405 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 28 juta Dollar AS.

Menerima Beragam Gelar Kehormatan dan Penghargaan

Super diketahui telah mencetak prestasi dalam membangun jaringan agen distributor sembako di 28 kota Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, perusahaan besutan Steven ini juga telah membuka lapangan kerja yang baru.

Namun tak hanya itu saja. Di sepanjang kiprahnya, Steven telah mengantongi beragam prestasi dan pencapaian. Di antaranya seperti sejumlah gelar kehormatan dan penghargaan bergengsi. 

Bisnisnya berhasil terpilih sebagai startup Indonesia pertama berbasis AI dan mendapatkan Y Combinator Top Company di tahun 2022. Ia juga mengantongi Social Impact Awards oleh Credit Suisse and Tatler 2022 serta World Economic Forum Global Shapers. 

Pada tahun 2019 dan 2022, Steven masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30. Selain itu ia juga mendapat Generation Tomorrow Tatler dari Tatler, YouTube Silver Button, hingga Alibaba Cloud Social Impact 2022.

Super Berhasil Mendapatkan Sertifikasi ISO

Pada 27 Januari 2022 lalu, aplikasi Super menerima sertifikat ISO 9001:2015 dari DAS Certification Indonesia. Sebagaimana diketahui, sertifikasi ini adalah standar internasional yang menitikberatkan pada kualitas perusahaan, terutamanya sistem manajemen mutu. 

ISO 9001:2015 mengatur hal-hal yang berhubungan dengan mekanisme perusahaan dalam berkegiatan bisnis dan berorganisasi. Jadi, perusahaan yang mendapat standar ini dianggap sudah memenuhi standar mutu internasional, dengan kualitas layanan dan hasil produk yang lebih terjamin. 

Sistem sertifikasi ini pun membantu organisasi perusahaan menjadi lebih efisien dalam meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Menjadi social commerce pertama Indonesia dengan raihan luar biasa ini, aplikasi Super pun diakui mempunyai manajemen dan pengelolaan kualitas yang baik dan berstandar internasional. 

Menurut Steven, pencapaian ini bisa membuat aplikasi Super lebih maju lagi. Karena dengan begitu, social commerce ini telah terbukti lebih terpercaya baik bagi investor maupun publik.

Social Commerce yang Terus Berproses

Tentunya, tak mudah bagi Steven dan tim perusahaan dalam meraih seluruh pencapaiannya. Proses yang ketat, panjang, dan disertai kerja keras organisasi menjadi makanan mereka sehari-hari. 

Akan tetapi, sukses itu sendiri bukanlah suatu tujuan—sukses ialah sebuah perjalanan yang berproses. Steven memang merasa bangga atas pencapaiannya beserta seluruh tim perusahaannya. Kendati begitu, ia tidak mudah puas.

Kepada media, Steven menyebutkan bahwa masih ada banyak target yang ingin diraihnya bersama perusahaan induknya. Perjalanan Steven dan Super garapannya tersebut masih panjang. Dan menurutnya, saat ini barulah sebuah permulaan. 

Steven Wongsoredjo masih melanjutkan usahanya dalam perkembangan aplikasi Super. Bagi pelaku UKM yang hendak menjadi Mitra Super Center, bisa mengunggah aplikasinya melalui Google Play Store

Setelah melengkapi data diri, pelaku usaha kecil bisa menjadi mitra agen dan kulakan sembako pun akan lebih mudah. Belanja grosir dan pengiriman barangnya pun terbilang lebih cepat. Jika pesan sekarang, maka keesokan harinya sudah terkirim dan sampai ke toko.

Tak hanya itu. Aplikasi Super juga menjanjikan beragam promo menarik lainnya yang dapat diakses dari platform tersebut. Salah satunya seperti flash sale.

Kiat Sukses Ala Steven Wongsoredjo

loader

Steven Wongsoredjo (Sumber: www.forbes.com)

Dari kisah sukses Steven, generasi muda bisa belajar bahwa usaha yang di atas rata-rata dan banyak mencoba dapat menghasilkan kesuksesan. Jadi, jangan ragu untuk banyak mencoba dan melakukan terobosan yang inovatif. Berusahalah dengan luar biasa, karena kesuksesan jarang diraih dengan upaya yang biasa-biasa saja. 

Selain itu, milikilah mental baja karena usaha pertama belum tentu bisa langsung berhasil. Takut itu manusiawi, namun taklukkanlah rasa takut gagal itu dengan keteguhan, ketekunan, serta visi misi yang jelas.

Generasi muda bisa menjadi lebih proaktif lagi dalam berupaya mewujudkan cita-citanya dengan kerjasama tim. Di samping itu, keluarlah dari zona nyaman dan beranikan diri untuk memulai. Karena semakin banyak usaha yang dikerahkan, semakin besar pula kemungkinannya untuk sukses dan berhasil—seperti yang telah dilakukan Steven Wongsoredjo.

Baca Juga: Kembangkan Rice Bowl Mangkokku, Begini Cerita Randy Kartadinata Sukses Berbisnis Foodtech