Melihat Lebih Dekat Streamer, Profesi Menjanjikan di Dunia Digital

Kemajuan teknologi menghadirkan sejumlah profesi baru yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah streamer yang semakin hari semakin banyak yang menggeluti profesi ini. 

Steamer merupakan orang yang melakukan streaming atau menyajikan konten secara terus menerus kepada penonton melalui sebuah platform atau media. Dalam konteks digital, streamer mengacu pada seseorang yang melakukan siaran langsung atau live streaming video, audio, atau game. 

Umumnya, streamer dilengkapi dengan beberapa alat pendukung, mulai dari komputer, kamera, mikrofon, dan software khusus untuk merekam layar dan mentransmisikan konten secara realtime kepada penonton. Dengan jaringan yang terbuka bebas, konten yang dibuat streamer dapat ditonton dari berbagai negara. 

Beberapa streamer juga mengandalkan konten mereka untuk menerima gift atau pemberian dari penggemar. Tak jarang juga streamer membuat konten untuk open donation melalui fitur chat yang disediakan. 

Sebagai sebuah profesi, streamer mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber, seperti iklan, donasi atau gift dari penonton, sponsor, atau lainnya. Biasanya, streamer akan membagikan kontennya melalui berbagai platform streaming populer, misalnya Twitch, YouTube Loe, Facebook Gaming, TikTok, dan masih banyak lagi. 

Secara umum, streamer menjadi bagian dari budaya modern sebagai salah satu wadah hiburan yang tersegmentasi. Keberhasilan streamer tergantung pada seberapa besar loyalitas penonton terhadap konten yang disajikan. 

Intinya, streamer membutuhkan penonton untuk mendapatkan pemasukan, sementara penonton membutuhkan streamer untuk mencari hiburan yang sesuai dengan selera atau ketertarikan mereka. Penonton dan streamer menjadi bagian yang saling mendukung dan terikat satu sama lain di dunia digital yang kian berkembang saat ini. 

Baca Juga: Cara Membuat Vlog Lebih Menarik dan Keren untuk Pemula

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Konten Streaming yang Banjir Peminat

Banyak tema pembahasan yang bisa dijadikan ide konten. Setiap tema pun punya pasar dan peminatnya masing-masing sehingga cakupan konten para streamer sangat luas. 

Meski begitu, setidaknya ada 10 konten streaming yang sangat populer saat ini. Berikut ulasannya. 

  1. Gaming

    loader

    Gaming PC

    Game merupakan salah satu subyek konten yang paling populer di kalangan streamer. Salah satu faktornya didorong karena komunitas gaming yang sudah sangat besar dan datang dari berbagai kalangan. 

    Selain itu, perkembangan dunia game juga membuat konten gaming membuka segmen penonton yang luas dan bervariasi. Tidak hanya game terbaru saja, tetapi juga game populer dan klasik juga sangat dinantikan oleh para penggemarnya. 

    Konten gaming biasanya menampilkan saat streamer bermain game sambil berinterkasi dengan penonton secara langsung. Dari konten ini, para gamers mencari insight atau tip dan trik bermain game yang mungkin sulit dipelajari hanya dengan teori saja. 

  2. In Real Life

    loader

    Konten IRL

    Konten tentang keseharian streamer atau in real life (IRL) juga menjadi salah satu yang banyak ditonton. Biasanya, streamer yang membuat konten IRL merupakan selebriti atau seseorang yang telah dikenal luas oleh publik. 

    Kemudian, ia ingin membagikan tentang keseharian kepada penggemar, mulai dari memasak, bermain, berbelanja, atau sekadar ngobrol. Aktivitas ini sangat menarik bagi penggemar untuk dapat mengenal idolanya lebih dalam lagi. 

    Konten IRL juga menjadi kesempatan untuk memperlihatkan sisi lain dari kehidupan para artis. Tak heran jika para penggemar amat menunggu konten IRL idolanya. . 

  3. Seni 

    loader

    Konten Seni

    Segmen seni juga memiliki penggemarnya sendiri. Konten ini biasanya akan memperlihatkan proses pembuatan sebuah karya mulai dari nol hingga menjadi sebuah masterpiece yang indah. 

    Biasanya, steamer seni juga akan membagikan tip dan cara membuat untuk penonton agar bisa diikuti. Informasi ini sangat menarik, tidak hanya kepada penonton reguler, tetapi juga para seniman lain yang ingin menambah ilmu dari konten streaming ini. 

  4. Musik

    loader

    Konten Musik

    Konten musik biasanya dikemas layaknya konser sebuah band atau penyanyi melalui platform digital. Penampilan penyanyi bisa dalam konsep studio atau outdoor

    Pertunjukkan musik melalui streaming menyuguhkan pertunjukkan yang berbeda karena interaksi yang terjalin hadir dalam bentuk online dan offline. Beberapa konten streaming juga pernah dihadirkan secara eksklusif dan terbatas hanya kepada yang sudah berlangganan ke channel streamer atau membeli tiket. 

  5. Podcast

    loader

    Podcast

    Salah satu konten yang juga sedang naik daun. Podcast menghadirkan konten wawancara dengan narasumber untuk membahas topik tertentu.

    Fitur chat pada platform streaming juga dijadikan sebagai media interaksi tanya jawab dengan pendengar. Podcast juga menjadi media untuk mengundang orang-orang yang terlibat pada topik pembahasan tentu untuk memberikan opininya.  

    Tak hanya untuk berdiskusi, podcast juga kerap dijadikan sebagai media promosi film, musik, buku, dan event baru yang akan digelar. 

  6. Review

    loader

    Review

    Jika ingin membeli barang baru, gadget misalnya, kamu pasti akan melihat review-nya terlebih dulu untuk mendapatkan penilaian yang akurat. Oleh karena itu, tak salah jika konten review menjadi sumber informasi ketika ada barang baru yang muncul di pasaran. 

    Tak cuma produk, konten review juga ada yang membahas dan memberikan penilaian kepada film, acara TV, drama, buku, dan tayangan lainya yang baru dirilis secara publik. Jadi, konten review biasanya akan menjadi acuan bagi penonton sebelum menonton atau datang ke suatu acara. 

  7. Traveling

    loader

    Travel Content

    Konten jalan-jalan atau traveling juga cukup diminati. Biasanya, konten ini dijadikan sebagai pedoman sebelum berkunjung ke suatu tempat oleh para penontonnya. 

    Streamer akan melengkapi konten traveling dengan berbagai tip, seperti rute terbaik, harga tiket masuk, akomodasi terdekat, waktu yang tepat untuk datang, hingga aktivitas yang dapat dilakukan. 

  8. Olahraga

    loader

    Konten Olahraga

    Saat pandemi, konten olahraga sangat dicari oleh orang karena pembatasan aktivitas yang tidak memungkinkan untuk datang ke sport center. Kini, konten olahraga pun tetapi digemari oleh penonton jika ingin olahraga di rumah.

    Konten olahraga biasanya dibuat oleh instruktur profesional. Gerakan yang ditampilkan akan dijelaskan cara melakukannya dengan detail agar bisa diikuti oleh penonton di rumah.

  9. Cooking

    loader

    Konten Memasak

    Konten memasak juga populer di platform streaming. Streamer akan melakukan demo memasak hidangan yang menggugah selera di hadapan para penonton online

    Tidak hanya itu, streamer akan membagikan cara memasak dan tip untuk membuat hidangan yang sedang dibuat. Penonton juga bisa mengikutinya secara langsung di rumah dengan melihat proses pembuatannya. 

  10. Make up dan beauty

    loader

    Konten Beauty

    Produk skin care dan make up yang muncul di pasaran membuat masyarakat membutuhkan informasi yang tepat terkait cara penggunaan dan review produknya. Pada momen iinilah, streamer make up dan beauty amat dibutuhkan untuk berbagai mengedukasi dan memberikan tip.

    Streamer juga akan memberikan informasi terkait cara pemakain yang tepat, kombinasi produk, dan memberikan honest review. Tak hanya produk kecantikan, streamer juga akan membagikan tutorial riasan yang dapat diikuti. 

    Itulah 10 konten streaming yang populer di internet. Setiap konten memiliki segmen penontonnya sendiri. Jadi pilihlah yang menjadi favoritmu.

    Baca Juga: 37 Kata Motivasi Hidup untuk Membangun Semangat

Tertarik Jadi Streamer? Pahami 7 Langkah Ini

Setelah memahami jenis-jenis konten streaming, kamu dapat menentukan tema yang akan dibuat. Namun, beberapa persiapan tambahan juga perlu dilakukan untuk menjadi streamer

Persiapan ini dapat mendukung dalam membuat konten agar channel semakin besar dan berkembang. Apa saja langkahnya? Berikut 7 cara yang dapat dilakukan streamer pemula dalam mengembangkan channel-nya. 

  1. Siapkan hardware dan software pendukung

    Penting untuk mempersiapkan perangkat yang akan digunakan untuk memulai karier sebagai streamer. Kamu bisa menggunakan komputer, laptop, bahkan smartphone sekalipun selama didukung oleh dapur pacu yang mumpuni. 

    Kamu bisa menambahkan kamera eksternal untuk merekam aktivitas streaming. Tambahkan dengan mikrofon jika ingin menambahkan audio pada konten yang akan dibuat. Jika menggunakan smartphone, kamu dapat mengunduh aplikasi edit video sederhana. 

  2. Tentukan jenis konten

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setidaknya ada 10 konten streaming yang populer saat ini. Jadi, tentukan konten yang akan dibuat sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki. 

    Jika perlu, pelajari dulu segmen penonton dari konten yang akan dibuat. Hal ini akan membantumu dalam menentukan model dan konsep yang sesuai agar bisa dinikmati dengan baik. 

    Perdalam juga konten yang ingin dibuat agar lebih kaya dan tidak biasa saja. Kamu juga bisa mempelajari konten serupa dari streamer terdahulu untuk mencari insight yang diperlukan. 

  3. Pilih platform streaming yang tepat

    Banyak platform streaming yang bisa dipilih, mulai dari Twitch, YouTube, Dlive, dan masih banyak lagi. Namun, tentukan platform yang digunakan sesuai dengan konten yang akan dibuat. 

    Setiap platform memiliki kultur penonton yang berbeda. Sebaiknya, gunakan YouTube dulu sebagai langkah awal untuk membagikan konten yang dibuat. Setelah mempelajari konten lebih lanjut, kamu dapat mencoba memposting di platform lain yang dirasa lebih sesuai. 

  4. Buat content plan

    Jangan lupa membuat content plan yang berisi tentang apa saja yang akan dibuat selama sebulan ke depan. Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan topik atau poin yang akan dibahas dalam konten. 

    Perhatikan jeda setiap konten. Atur berapa kali konten akan diunggah, misalnya dua hari sekali atau bisa juga tiga hari sekali. Tentukan juga jam untuk mengunggah sesuai dengan kultur penonton. 

    Dengan membuat content plan, pekerjaan membuat konten akan lebih terjadwal dan tertib. Kamu juga akan lebih mudah mengatur rencana konten ke depannya dengan lebih baik.

  5. Jangan malu promosi

    Sebagai pemula, penting untuk melakukan promosi di sosial media tentang konten yang dibuat. Semakin banyak promosi, orang akan semakin tau channel dan jenis konten yang kamu hadirkan. 

    Memanfaatkan fleksibilitas media sosial untuk memperkenalkan channel ke banyak orang. Dengan cakupan internet yang limitless, segmen penonton yang diinginkan akan lebih mudah menemukan channel dan konten sesuai dengan target yang dibuat. 

  6. Cari keunikan

    Salah satu faktor yang membuat penonton suka melihat konten adalah karena adanya keunikan yang membedakan dengan yang lain. Meski tema konten bisa sama, misalnya sama-sama tentang game, kamu harus punya ciri khas.

    Untuk itu, sebaiknya temukan keunikan dari konten. Bisa dengan gaya berbicara yang khas, editing video yang unik, dan tema yang tidak general.

  7. Buka kesempatan berkolaborasi

    Jangan ragu untuk mengajak sesama streamer untuk berkolaborasi. Bisa dengan streamer yang satu konten atau lintas konten agar lebih bervariasi. Tentunya tentukan dulu apa yang bisa dijadikan tema kolaborasi yang sesuai. 

    Untuk mengajak kolaborasi, kamu harus approaching dengan baik. Pelajari tata caranya agar tetap profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku.  

    Jangan lupa juga untuk membangun interaksi dengan penonton. Ingat, channel akan semakin besar jika penonton semakin banyak dan dapat menjaga loyalitas. 

    Itulah 7 cara menjadi streamer yang dapat dipelajari. Setelah memahami seluk beluknya, tertarik mencoba profesi sebagai streamer.

Peluang Besar Streamer di Dunia Digital

Sama seperti profesi lainnya, menjadi streamer juga perlu keseriusan agar bisa menghasilkan konten yang berkualitas demi menghibur penonton. Kamu juga harus fokus dan konsisten agar channel bisa terus berkembang dan semakin diminati serta dikenal banyak orang. 

Untuk kamu, jangan malas mempelajari segala perubahan di dunia digital, terlebih yang berkaitan dengan ranah streamer dan konten yang dibuat. Buatlah konten yang baik, menghibur, dan bermanfaat bagi penonton. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Merakit PC Gaming, Aktivitas Seru sambil Belajar Hal Baru