Sudah Kelamaan WFH dan Kini Harus Kembali ke Kantor? Begini Cara Mengatasinya

Selama masa pandemi banyak sekali perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk bekerja di rumah. Hal ini sesuai anjuran dari pemerintah agar terhindar dari penyebaran virus yang bisa membahayakan kesehatan.

Setelah hampir satu tahun lebih hidup berdampingan dengan pandemi, ditambah lagi program vaksinasi virus Covid-19 yang mulai berjalan, sejumlah sektor pekerjaan pun mulai kembali beroperasi seperti biasa. Beberapa di antaranya bahkan juga memperbolehkan kembali para karyawannya untuk bekerja langsung di kantor. 

Alhasil, banyak pekerja yang selama ini sudah terlalu nyaman bekerja dari rumah dengan ditemani musik favorit dan camilan mungkin akan merasa kaget. Lantaran harus kembali ke dunia kerja di kantor dan berpakaian serba rapi dengan jam kerja dan suasana yang hectic.

Tips Mengembalikan Semangat Bekerja di Kantor Akibat Kelamaan WFH

loader

Tak sedikit para pekerja yang merasa canggung, kikuk hingga grogi ketika harus bekerja kembali di kantor akibat terlalu lama bekerja dari rumah. Barangkali, kamu pun juga salah satu dari mereka yang merasa kesulitan menghadapi situasi kerja di kantor. Belum lagi menghadapi rekan kerja yang berbeda, termasuk dengan bos.

Jika kamu merasakan hal tersebut, tak perlu cemas dan khawatir dengan kantor. Kamu hanya perlu menjalani semuanya dengan pikiran positif dan semangat yang baru. Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan jika kamu merasa cemas ketika harus kembali kerja di kantor.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Tunjukan dan Tumbuhkan Rasa  Optimis

Sebagian orang mungkin akan merasa lebih bersemangat saat kembali ke kantor atau tempatnya bekerja. Buat kamu yang merasa kesulitan, menunjukan sikap optimistis mampu memudahkan untuk kembali beraktivitas dengan dunia kerja sembari bercengkrama dan saling sapa dengan rekan sejawat.

Mental Health Commission Government of West Australia menyebutkan bahwa, kamu harus mencoba memberanikan diri untuk berbicara atau meminta dukungan dari manajer maupun atasan berkaitan dengan kesulitan yang tengah dihadapi. Kamu juga bisa meminta saran atau masukan yang tepat terkait pekerjaan. Maupun sekedar menjalin relasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan agar tercipta suasana kerja yang harmonis dan nyaman di kantor 

2. Pikirkan sesuatu yang Menyenangkan 

loader

Mungkin banyak yang merasa takut kembali melangkahkan kaki ke kantor, karena yang ada dipikirannya hanyalah setumpuk pekerjaan dengan deadline mepet, maupun rapat dengan yang tak ada hentinya. Daripada hanya memenuhi pikiran dengan hal-hal yang negatif, mengapa tak mencoba memikirkan sesuatu yang lebih menyenangkan saat bekerja di kantor? 

Misalnya bertemu sahabat di divisi lain, atau ngobrol seru bersama rekan kerja mungkin bisa jadi hal yang kamu rindukan secara tidak sadar. Cobalah untuk mengingat-ingat kembali kejadian atau momen apapun yang menyenangkan saat bekerja di kantor, supaya kamu bisa kembali bersemangat dalam bekerja.

3. Perbaiki Hubungan yang Baik dengan Siapa Pun

Ramesh Rajandran, Chief Marketing Officer dari SEEK Asia mengatakan, cobalah untuk membiasakan diri dengan perubahan baru yang ada di kantor. Kamu mungkin saja akan mendapati sejumlah rekan kerja sudah dipindah tugaskan ke bagian lain atau bahkan terkena PHK akibat pandemi. 

Sehingga kamu harus berkenalan dan menjalin hubungan kerja dengan sejumlah orang baru. Cobalah untuk menciptakan hubungan yang baik dengan rekan-rekan yang baru tadi meski usia kamu mungkin lebih muda atau bahkan sedikit lebih tua dari mereka.

"Seorang pekerja sebaiknya tak perlu khawatir jika harus kembali bekerja ke kantor, cobalah menjalani setiap langkahnya satu per satu, setelahnya mungkin saja akan terbiasa bahkan bisa mendapatkan rekan baru, ngobrol, dan suasana kerja kembali menyenangkan sama seperti sebelumnya," ujar Rajandran dalam suatu diskusi yang dilakukan secara daring.

Baca Juga: Ini Dia Tren Bekerja di Kantor Modern

4. Saling Bekerjasama

loader

Ramesh mengatakan, tak ada salahnya untuk mencoba mengajak para staf atau manajer bekerja sama dalam mengerjakan suatu tugas. Jika kebetulan berada di posisi sebagai manajer, kamu bisa meminta bantuan staf untuk membantu menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat selesai. Atau bisa dengan membentuk sebuah tim agar project yang ditangani bisa segera dituntaskan.

"Hal ini sebenarnya perlu dilakukan oleh perusahaan, mentraining seorang manajer agar mampu mendukung sebuah kerjasama dengan semua karyawan," ungkap Ramesh.

5. Berikan Konsultasi Secara Gratis

Jika kamu berada merupakan seorang manajer, atau bahkan seorang bos dari suatu perusahaan, maka jangan pernah anggap remeh kekhawatiran para karyawan yang harus kembali bekerja ke kantor. Ketika seseorang bekerja di lingkungan yang membuatnya tidak nyaman ditambah perasaan cemas, ini tidak baik untuk produktivitas kerjanya. 

Bukan hanya menyebabkan suatu pekerjaan jadi terhambat, bahkan bisa membuat pekerjaan tidak ditangani dengan baik sama sekali. Karenanya alangkah lebih baik untuk menyediakan jasa konsultasi dari seorang psikolog untuk para karyawan yang merasa masih belum bisa beradaptasi dan bekerja kembali di kantor.

Meskipun kedengarannya bisa menambah biaya operasional, namun ini bisa membantu memperbaiki kembali lingkungan perusahaan agar semakin membaik. Selain itu, juga pekerjaan yang akan diselesaikan juga lebih banyak karena didukung suasana dan lingkungan kerja yang kembali nyaman.

Baca Juga: 7 Rahasia agar Tetap Fokus Kerja di Luar Kantor

Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman Bersama-sama 

Ketakutan kembali bekerja di kantor memang bisa menghantui sebagian orang yang sudah terlalu nyaman bekerja dari rumah. Daripada memendam perasaan kurang nyaman sendirian, beberapa tips diatas bisa kamu coba untuk mengurangi ketakutan dan kekhawatiran yang dirasakan ketika harus kembali ke kantor.

Rasa canggung, khawatir, bahkan grogi memang wajar terjadi ketika lama tak bekerja dan bertemu rekan-rekan kerja langsung. Namun jangan sampai hal tersebut mengganggu produktivitas kerja, ya. Tetap semangat mengembangkan diri dan menyambut masa depan dengan giat bekerja!

Baca Juga: Tips Terbaik agar Tetap Produktif saat Mulai Bekerja di kantor Baru