Suka Buah Pepaya? Inilah Manfaat Pepaya untuk Menjaga Kesehatan dan Keelokan Kulit

Seluruh masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan buah berukuran besar yang satu ini. Ya, pepaya adalah salah satu buah yang cukup populer dan sering dikonsumsi oleh hampir semua kalangan di Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa buah ini mudah dijumpai di pasaran. 

Bahkan, tak sedikit warga yang sampai menanam dan memelihara pohonnya di pekarangan rumah. Selain membuat halaman rumah menjadi teduh, tujuan lainnya tentu agar bisa menikmati buahnya sewaktu-waktu. Jadi, tidak perlu repot-repot pergi ke pasar atau supermarket untuk bisa menikmati pepaya di suasana apapun.

Alasan lain yang membuat buah pepaya populer dikonsumsi adalah khasiat alaminya dalam menyehatkan sistem pencernaan. Banyak orang percaya bahwa dengan rutin mengonsumsi pepaya, BAB akan menjadi lebih lancar dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Alhasil, tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

Namun, percayakah Anda bahwa manfaat tersebut hanyalah segelintir dari segudang khasiat pepaya? Dengan segala kandungan nutrisi yang dimilikinya, inilah manfaat pepaya untuk menjaga kesehatan dan keelokan kulit saat rutin dikonsumsi secara berkala.

Kandungan Apa Saja yang Dimiliki Pepaya?

loader

Pepaya memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kandungan yang paling menonjol adalah vitamin C dan serat. Tidak hanya itu, buah pepaya yang matang mengandung beta karoten, beta cryptoxanthin, maupun zeaxanthin dan lutein yang unggul dibanding buah lainnya.

Umum diketahui bahwa vitamin C dan serta mampu membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit dan melancarkan pencernaan. Untuk kandungan yang lainnya dapat dicerna oleh tubuh menjadi antioksidan dan menekan kadar radikal bebas penyebab sel kanker atau penyakit degeneratif lainnya. 

Mineral seperti zinc, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, serta selenium juga kaya dimiliki oleh buah berwarna oranye ini. Dipadukan dengan rendahnya kandungan lemak, kolesterol, serta sodium membuat pepaya menjadi salah satu buah dengan segudang manfaat kesehatan. Oleh karena itu, simak beragam manfaat pepaya yang mungkin belum Anda ketahui.

Baca Juga: Selain Jaga Kinerja Jantung, ini 5 Manfaat Lain Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Pepaya untuk Tubuh dan Wajah

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

    Pepaya menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Tidak hanya itu, buah dengan daging buah berwarna oranye tersebut juga mengandung vitamin A yang jika dikombinasikan dapat menjadi penawar hampir segala jenis penyakit.

    Bagaimana tidak, dengan mendapatkan asupan vitamin C dan vitamin A yang cukup, sistem imunitas tubuh akan meningkat sehingga bakteri serta virus lebih mudah ditangkis. Jadi, saat merasa sistem kekebalan lemah, jadikan pepaya sebagai konsumsi rutin, terlebih di tengah gejolak wabah virus Corona seperti ini. 

  2. Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

    Sudah menjadi rahasia umum jika pepaya mengandung serat yang berlimpah untuk melancarkan sistem pencernaan. Menjadikan buah ini sebagai konsumsi setiap hari mampu memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

    Agar pepaya lebih nikmat disantap, coba untuk mengolahnya menjadi camilan dengan cara mencampurkannya dengan perasan jeruk lemon dan sedikit gula. Dengan dipotong dadu berukuran bitesize, pepaya dapat dengan mudah disimpan di dalam kulkas dan dikonsumsi kapanpun.

  3. Memulihkan Tubuh Pasca Terserang Penyakit 

    Percaya atau tidak, kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah berbentuk lonjong ini melebihi jeruk. Inilah yang menjadi alasan mengapa pepaya lebih efektif dikonsumsi untuk memulihkan daya tahan tubuh yang tengah turun, terutama pasca terserang penyakit. Jadi, tak jarang pasien penyakit tertentu yang disarankan untuk mengonsumsi pepaya agar kondisi tubuhnya kembali pulih. 

  4. Mengandung Nutrisi Penting Bagi Tubuh

    Selain vitamin C dan vitamin A, pepaya juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin E, vitamin B complex, hingga potassium, magnesium, serta tembaga. Dengan kombinasi nutrisi tersebut, buah yang identik dengan warna oranye ini mampu mendorong regenerasi sel rusak dalam tubuh.

    Perpaduan nutrisi tersebut juga mampu mencegah munculnya masalah kesehatan yang dipicu radikal bebas. Oleh sebab itu, agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi, jangan ragu untuk menjadikan pepaya sebagai konsumsi rutin setiap harinya.  

  5. Sebagai Sumber Cadangan Energi

    Tidak hanya menyehatkan sistem pencernaan, pepaya juga dapat menjadi sumber cadangan energi kala tubuh sering melakukan beragam aktivitas. Alhasil, khasiat pepaya ini membuat tubuh menjadi lebih tidak mudah kecapaian dan memberikan kualitas istirahat yang lebih baik. Jadi, mengonsumsi pepaya juga dapat menjadi salah satu solusi alternatif alami bagi penderita insomnia dan sulit tidur nyenyak.  

  6. Mencegah Risiko Munculnya Penyakit Jantung

    Menjadi penyakit paling mematikan di dunia, penyakit jantung ternyata bisa ditekan risiko terjangkitnya dengan mengonsumsi buah ini. Alasannya karena pepaya memiliki kandungan serat, beragam vitamin, dan juga kalium di dalamnya. Seluruh nutrisi tersebut dapat menekan risiko munculnya penyakit jantung. 

    Dengan mendapatkan asupan kalium, efek buruk dari penyakit jantung dapat dikurangi. Hal ini pulalah yang menjadi alasan utama mengapa pepaya seharusnya dikonsumsi setidaknya satu potong setiap harinya.  

  7. Menekan Proses Pembekuan Darah

    Saat darah dalam tubuh mengalami proses pembekuan, sirkulasinya akan menjadi lebih lambat. Jika dibiarkan terlalu lama, arteri dapat mengalami penyumbatan dan meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung serta stroke. Agar hal tersebut tidak terjadi, pepaya dapat memberi khasiat menekan proses pembekuan darah dalam tubuh.

    Dengan kandungan fibrin yang dimiliki, rutin mengonsumsi buah ini dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, pembekuan darah lebih tidak mudah terjadi dan risiko aliran darah terhambat dapat diminimalisir. 

  8. Membantu Mengatasi Peradangan

    Manfaat selanjutnya adalah kemampuan dalam mengatasi peradangan atau inflamasi. Dalam pepaya, terdapat enzim khusus, papain dan juga chymopapain yang mampu memberi efek antiinflamasi bagi tubuh. 

    Tidak hanya itu, kedua enzim tersebut juga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kronis yang dapat membahayakan penderitanya. Masalah kesehatan yang berhubungan dengan peradangan, sebagai contoh, edema, juga dapat diobati dengan mengonsumsinya. Jadi, masih berpikir manfaat pepaya hanya untuk melancarkan sistem pencernaan?

  9. Mampu Menyehatkan Tulang

    Selain kalsium, kesehatan tulang juga ditentukan dengan banyak tidaknya tubuh mendapatkan vitamin K. Jika tubuh mendapatkan banyak asupan vitamin K dari segala makanan yang dikonsumsinya, kesehatan tulang sudah pasti akan terjaga. Pasalnya, vitamin K mampu mempu membantu tubuh dalam mengkonversi protein matriks pada tulang. 

    Nah, hal ini bisa didapatkan dengan menjadikan pepaya sebagai konsumsi setiap hari. Kandungan vitamin Knya mampu membuat kalsium lebih mudah diserap oleh tulang. Jadi, ekskresi yang biasa terjadi pada tulang dapat dicegah dan meningkatkan kepadatannya. 

  10. Membuat Kulit Terlihat Lebih Awet Muda

    Munculnya keriput dan kerutan pada kulit menjadi salah satu momok bagi kebanyakan orang, terutama dari kalangan wanita. Pasalnya, kondisi kulit tersebut merupakan tanda seseorang mulai terlihat tidak muda lagi. Jadi, tak sedikit yang berusaha mencari cara agar kulitnya senantiasa terlihat kencang dan awet muda. 

    Tidak perlu ribet, pepaya dapat menjadi sumber vitamin E, vitamin A, serta vitamin C yang dapat membantu kulit menjadi lebih sehat, halus, dan juga kencang. Vitamin E dan vitamin C berguna untuk mendorong produksi kolagen yang membuat kulit terjaga kekencangannya. Sedangkan vitamin A membantu menampilkan kondisi kulit yang lebih halus dan menghilangkan noda. 

  11. Mengangkat Sel Kulit Mati Sekaligus Mencerahkan Kulit

    Selain membuat kulit nampak lebih awet muda, pemanfaatan pepaya sebagai masker wajah juga berkhasiat untuk mencerahkan. Saat dijadikan sebagai masker, pepaya mampu menurunkan tekanan pada kulit serta mengangkat jaringan kulit mati sehingga kulit terlihat lebih rileks, segar, dan cerah. Ditambahkan dengan kandungan antioksidan, masker pepaya akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan terasa lembut. 

  12. Mengusir Jerawat yang Muncul

    Manfaat terakhir yang dimiliki adalah untuk mengusir jerawat yang muncul pada wajah. Jerawat seringkali disebabkan oleh pori-pori besar pada wajah dan produksi minyak kulit yang berlebihan. Untuk meredakannya, Anda dapat menjadikan pepaya sebagai masker yang rutin digunakan beberapa hari sekali. 

    Dengan rutin menggunakan masker pepaya, lambat laun noda bekas jerawat serta flek hitam juga dapat disamarkan. Cukup mudah, masker pepaya dapat dibuat dengan mencampurkan buah tersebut dengan lemon dan juga madu. Dijamin formula masker alami tersebut dapat menangkal segala masalah kulit pada wajah Anda. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Khasiat dari Daun Pepaya yang Tak Kalah Hebatnya

loader

Bukan hanya bagian buahnya, daun pepaya juga sering dijadikan obat untuk mengatasi beragam penyakit. 

  1. Mengobati Demam Berdarah dan Mencegah Malaria

    Salah satu manfaat daun pepaya adalah untuk mengobati demam berdarah dan mencegah terserang malaria. Bagi penderita demam berdarah, daun pepaya dapat menjadi sumber trombosit bagi tubuh yang terkuras karena penyakit tersebut. Sedangkan untuk mencegah malaria, daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin yang bertugas agar penyakit tersebut tidak menyerang. 

  2. Mengatasi Penyakit Organ Dalam

    Selain itu, beragam penyakit organ dalam seperti hati, sistem pencernaan, serta kadar gula darah berlebih dapat pula diatasi dengan mengonsumsi daun pepaya. 

  3. Meredakan Nyeri Haid

    Untuk kaum hawa, daun pepaya dapat meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh haid.

  4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Menumbuhkan Rambut

    Kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut juga dapat ditingkatkan dengan rutin mengonsumsinya. 

Harga Terjangkau dan Banyak Dijual di Pasaran, Pepaya Memiliki Khasiat Tak Terhitung bagi Kesehatan

Tak dapat dipungkiri jika pepaya menjadi buah yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran, pepaya menjadi salah satu buah yang mampu memberikan banyak khasiat hebat untuk kesehatan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan pepaya sebagai konsumsi rutin di rumah agar kondisi kesehatan terjaga. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan