Beragam Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Telah lama diketahui jika wortel merupakan satu di antara beragam jenis sayuran yang menjadi sumber vitamin A. Karena memiliki kandungan nutrisi tersebut, wortel dikenal sebagai sayuran yang sering dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, khasiatnyal jauh lebih berguna daripada itu.

Bukan hanya menjaga kesehatan mata, sayuran berwarna oranye ini juga mampu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Pasalnya, wortel memiliki beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, salah satu khasiat lainnya adalah untuk menjaga keelokan kulit juga, lho!

Karena bisa diolah dengan berbagai macam cara, wortel seringkali dijadikan sebagai bahan makanan di berbagai masakan. Dalam memasak wortel, kebanyakan orang akan mengukus atau merebusnya bersamaan dengan sayur lain menjadi kuliner sop dan sebagainya. Beberapa orang juga banyak mengonsumsinya sebagai campuran jus atau bahkan langsung memakannya mentah-mentah. 

Mengetahui hal tersebut, mengidentikkan wortel sebagai sayuran untuk menyehatkan mata saja harus mulai dihilangkan. Untuk itu, kenali beragam kandungan serta manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini.

Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Wortel

loader

Khasiat kesehatan dan kecantikan yang diberikan oleh wortel tentu berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Beberapa nutrisi penting yang dimiliki adalah:

  1. Vitamin A

    Pertama adalah vitamin A yang sudah identik menjadi kandungan yang dimiliki oleh wortel. Fungsi umum dari vitamin A ini adalah untuk menjaga mata agar tetap sehat, mendorong pertumbuhan, dan juga meningkatkan fungsi imunitas tubuh. 

    Selain vitamin A, wortel juga memiliki biotin yang menjadi salah satu jenis vitamin B. Biotin ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme protein dan lemak dalam tubuh. 

  2. Vitamin K1

    Ada juga vitamin K1 yang berperan dalam melakukan pembekuan darah saat muncul luka pada kulit. 

  3. Vitamin B6 dan Kalium

    Tak hanya itu, kandungan vitamin B6 dan kalium yang memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah dan membuat energi dari makanan yang dikonsumsi. Perpaduan vitamin dan mineral tersebut tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

  4. Karbohidrat

    Selanjutnya, wortel juga memiliki karbohidrat yang penting bagi tubuh. Berbeda dengan jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat, sayuran berwarna oranye ini memiliki kadar glikemik yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, wortel tidak akan bisa secara langsung membuat kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. 

  5. Serat

    Sama halnya dengan jenis sayuran lain, kandungan serat dalam wortel juga cukup banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat serat selulosa, pektin, lignin, dan hemiselulosa dalam jenis sayuran akar tersebut. Fungsi dari serat yang dimiliki adalah untuk memperlambat proses pencernaan gula serta menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus. 

Selain nutrisi di atas, sayuran ini juga memiliki beberapa kandungan senyawa lain yang tak kalah pentingnya, seperti lutein dan karotenoid, beta karoten, likopen. Wortel juga memiliki anthocyanin yang menjadi antioksidan dalam tubuh serta alfa karoten sebagai pengolah vitamin A. Ada pula polyacetylenes yang mampu menjadi senyawa bioaktif sebagai pelindung tubuh dari munculnya sel kanker. 

Baca Juga: Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan dari Mengonsumsi Wortel

Setelah mengetahui kandungan yang dimiliki, tidak mengherankan jika sayuran tersebut ternyata memang memiliki banyak khasiat selain untuk menyehatkan mata. Bahkan, hampir seluruh organ tubuh seseorang dapat menerima manfaatnya saat rutin mengonsumsi sayuran berwarna oranye tersebut. 

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Manfaat wortel yang pertama adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan kandungan vitamin B yang dimilikinya, wortel dapat menambah level energi tubuh yang sekaligus juga meningkatkan metabolisme. Pasalnya, vitamin B mampu memecah lemak glukosa, serta protein sehingga energi dapat tersebar secara efisien di dalam tubuh. 

  • Membuat Luka Cepat Sembuh

    Manfaat kedua adalah membantu luka untuk lebih cepat sembuh. Penyebabnya, wortel memiliki beta karoten yang dapat diubah menjadi salah satu jenis vitamin A paling murni yang disebut retinol. Fungsi dari retinol inilah yang membuat peradangan serta kemerahan pada kulit bisa diredakan. 

  • Menjaga Kesehatan Jantung

    Kesehatan jantung juga dapat dijaga saat rutin mengonsumsi sayuran ini. Perpaduan dari kandungan beta karoten, vitamin A, kalsium, fosfor, hingga hidrat arang dari wortel berkhasiat untuk memberikan perlindungan dari penyakit jantung, serangan kanker, hingga menghambat efek penuaan dan menjaga tekanan darah. 

  • Terhindar dari Radikal Bebas

    Selain itu, wortel juga dapat membantu tubuh terhindar dari serangan radikal bebas karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebuah penelitian oleh Harvard University juga menyatakan bahwa jika seseorang mengonsumsi setidaknya 6 wortel setiap minggunya, kadar kolesterol dalam tubuh akan terkontrol. Penyebabnya tak lain adalah kandungan serat, serta jumlah kalori dan lemak yang rendah.

  • Mengurangi Risiko Terkena Kanker Payudara

    Dalam penelitian dari universitas yang sama pula, wortel diketahui dapat menurunkan risiko tubuh terkena kanker payudara. Caranya cukup dengan mengonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi seperti wortel setiap harinya. Manfaat ini juga berkaitan dengan fungsi wortel untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. 

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Wortel yang dikombinasikan dengan ketumbar dipercaya mampu membuat tubuh memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Hal ini bisa Anda praktikkan dengan menambahkan ketumbar saat membuat jus berbahan wortel. 

  • Mengoptimalkan Otak

    Termasuk sebagai sayuran dari jenis umbi akar, wortel turut serta membantu menjaga otak agar tetap sehat dan dapat bekerja secara optimal. Manfaat wortel bagi kesehatan otak ini meliputi meningkatkan daya ingat dan juga kemampuan kognitif atau berpikir seseorang. 

  • Obat Anti Radang

    Bagi penderita peradangan, wortel juga dapat dijadikan sebagai asupan alternatif pengganti ibuprofen, aspirin, dan obat anti radang lainnya. Sebab, wortel memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang setara dengan obat antiradang tersebut. Tentunya, wortel tidak menimbulkan efek samping seperti yang diberikan oleh obat-obatan tersebut. 

  • Membuat Gigi dan Mulut Tetap Bersih

    Sering mengonsumsinya juga dapat membantu mulut untuk memproduksi lebih banyak saliva atau air liur. Meningkatnya produksi air liur tersebut akan berefek untuk membantu gigi dan mulut agar tetap bersih dan tidak mudah terkena bakteri penyebab gigi berlubang. Jadi, manfaat wortel bagi kesehatan tidak serta merta untuk menyehatkan mata saja. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apakah Mampu Cegah Corona?

Manfaat Wortel untuk Menjaga Kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, sayuran oranye ini juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan jika diolah dan diaplikasikan dengan tepat. Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, wortel banyak dijadikan sebagai campuran ramuan untuk perawatan wajah dan kulit. 

  • Mengurangi Minyak di Wajah

    Bagi yang doyan mengonsumsi wortel mungkin telah menyadari bahwa sayuran tersebut dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Jika ingin mendapatkan manfaat ini secara lebih optimal, wortel dapat digunakan sebagai perawatan secara rutin, bahkan saat sedang berada di rumah. Dengan berkurangnya produksi minyak pada kulit, risiko munculnya jerawat pun menjadi lebih kecil.

  • Membuat Kulit Lebih Cerah dan Sehat

    Selain mengatasi kulit berminyak, kandungan vitamin C-nya juga turut membantu kulit agar terlihat lebih cerah. Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi wortel juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut. Kulit pun tidak mudah menjadi kering meski terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama jika menggunakan masker wortel secara rutin. 

  • Menyamarkan Noda Hitam

    Manfaat lainnya dari masker wortel untuk kecantikan adalah menyamarkan noda hitam pada wajah. Dengan mencampurkan jus wortel dan olive oil serta madu, lalu mengoleskannya pada wajah hingga leher selama 20 menit, flek hitam akan tersamarkan dan sel kulit mati pada wajah akan ikut terangkat.

  • Melembapkan Kulit

    Wortel juga dapat diolah menjadi adonan menyerupai pasta dengan cara diblender halus dan dicampur air mawar hingga menjadi cairan. Saat disemprotkan pada wajah, kulit akan merasakan relaksasi setelah sekian lama diterpa polusi dan stres akibat aktivitas sehari-hari. Ramuan wortel tersebut juga dapat melembapkan kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi atau bahkan kulit mengelupas. 

  • Mengencangkan Wajah

    Berikutnya, wortel juga dapat memberikan efek mengencangkan pada kulit karena mengandung vitamin C yang dapat memproduksi dan menstimulasi kolagen di dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung juga membantu tubuh terhindar dari penuaan dini karena keriput. 

  • Membuang Sel Kulit Mati

    Terakhir, manfaat wortel bagi kecantikan adalah menghilangkan kulit kering dan meregenerasi sel kulit mati. Dengan menggunakan mentimun dan wortel sebagai masker, masalah kecantikan tersebut akan bisa segera teratasi dengan tuntas. Jadi, jika merasa memiliki kondisi kulit yang kurang sehat, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi wortel and menjadikannya sebagai masker. 

Wortel, Sayuran Lezat dengan Segudang Manfaat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Identitas sayuran wortel sebagai asupan yang mampu menyehatkan mata ternyata menyembunyikan beragam manfaat hebat lainnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Mudahnya mendapatkan sayuran oranye tersebut dan mengolahnya menjadi masakan atau masker pun menjadi alasan kuat mengapa wortel layak untuk dimanfaatkan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadikan wortel sebagai sumber untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan bagi diri Anda.   

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Salmon Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi