Sukses Berperan Sebagai Milea, Begini Perjalanan Karier Vanesha Prescilla yang Multi Talenta

Jika mendengar nama Vanesha Prescilla, pasti akan langsung teringat dengan perannya sebagai Milea Adnan Hussain dalam film Dilan 1990. Sosoknya yang imut dan lucu tampak sangat pas memerankan sosok Milea yang menjadi pacar Dilan.

Wanita belia kelahiran 25 Oktober 1999 ini telah dengan suksesnya menjiwai peran yang ia mainkan. Alhasil, penonton pun seolah terkesima dan terhanyut oleh akting epic dari Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan.

Terbukti, film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq tersebut terus saja mencetak kesuksesan dan memecahkan banyak rekor. Film Dilan 1991 tercatat menembus rekor ditonton oleh 800 ribu orang dalam satu hari tayang. Ini berarti, film tersebut meraih income lebih dari Rp26 miliar pada hari pertama pemutarannya.

Dilan 1991 juga mencetak dua rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni sebagai film pertama yang ditonton di bioskop hingga 80.000 sewaktu premiernya serta menyedot penonton sejumlah 720.000 di pemutaran hari pertamanya. Demikian juga dengan Dilan 1990 (filmnya yang terdahulu) dan Milea: Suara dari Dilan yang baru tayang di tahun ini.

Baca Juga:  Pernah Sepi Peminat, Kini Omzet Bisnis Amanda Manopo Melebihi Honornya Main Sinetron

Berawal dari Jadi GADIS Sampul

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Kiprah Vanesha di dunia entertainment berawal sewaktu dirinya berhasil menjadi finalis GADIS Sampul tahun 2014. Ia memang tak berhasil menjadi juara. Namun sejak saat itu, kiprahnya sebagai entertainer kian berjaya. 

Ia pun mulai sering membintangi sejumlah iklan di layar kaca. Namun menariknya, tak banyak yang tahu jika Sasha, demikian panggilan akrab Vanesha sebelumnya tak pernah mendaftar kontes modeling. Dan tak tanggung-tanggung, aura Sasha sebagai model lah yang langsung mengantarkannya untuk menjadi bintang film. 

Dianggap sesuai kriteria yang diperlukan, Vanesha Prescilla sontak dipercaya untuk berperan sebagai Milea di trilogy film-film Dilan. Dan hal ini pun lagi-lagi didapatkannya secara tak sengaja serta tanpa casting. Saat itu, ia berkesempatan bertemu dengan Pidi Baiq yang memang sedang mencari sosok yang tepat untuk memerankan Milea. 

Sebagaimana diketahui, Pidi Baiq merupakan sosok intelektual dari lahirnya novel-novel Dilan. Novel garapannya selalu best seller hingga kemudian diangkat ke layar lebar dan juga meledak di pasaran.

Berasal dari Keluarga Artis Berprestasi

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Sasha memang berasal dari keluarga artis. Ia merupakan adik dari Jevin Julian dan Sissy Priscillia yang sama-sama berkecimpung di dunia entertainment. Diketahui, Jevin Julian berkiprah sebagai DJ dan produser musik yang terhubung dengan grup Soundwave.

Adapun istri Jevin ialah Rinni Wulandari. Ia juga dikenal sebagai salah satu penyanyi keren yang memulai kariernya setelah menjuarai Indonesian Idol.

Sedangkan Sissy Priscillia, kakak perempuannya, telah lama diidentikkan dengan perannya sebagai Milly dalam film populer Ada Apa dengan Cinta? (AADC). Sissy sendiri bersuamikan Rifat Sungkar yang berjaya sebagai pembalap reli tingkat nasional.

Dikelilingi lingkungan keluarga dengan kultur kreatif dan berprestasi tak ayal membuat Vanesha juga bersinar dengan kemampuan dan keunggulannya sendiri. 

Sukses Berperan Sebagai Milea

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Menjadi film perdananya, tak pernah terpikir bagi Sasha bahwa aktingnya akan diterima, bahkan meledak di pasaran. Setali tiga uang dengan sang kakak yang sukses dengan film AADC, Vanesha pun menuai keberhasilan serupa yang bahkan lebih masif lagi.

Meski begitu, awalnya Sasha sempat kebingungan. Pasalnya, ia tak punya bekal apapun di dunia akting. Ia juga tak punya prediksi apapun bahwa aktingnya sebagai Milea akan sangat tepat dan menjadikan film-film Dilan semakin sukses di pasaran.

Kendati tak punya pengalaman, Sasha bersedia belajar dan mendalami karakter Milea dari Pidi Baiq. Dari Fajar Bustomi, ia juga meminta pengarahan dan pembelajaran demi penjiwaan yang pas dalam memerankan Milea.

Ketika disinggung mengenai kesuksesannya sebagai Milea, Vanesha mengungkapkan rasa syukurnya. Karena berkat keikutsertaannya dalam trilogy Dilan, berbagai pintu rezeki baginya jadi semakin terbuka.

Sebagaimana diketahui, film Dilan 1990 pertama rilis pada tahun 2018. Kemudian di tahun 2019, Dilan 1991 diputar di bioskop hingga akhirnya Milea: Suara dari Dilan tayang di tahun 2020.

Warna Vokal Manis dan Lembut

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Trilogy film Dilan tak hanya mengantarkan Sasha untuk mengasah skill aktingnya. Ia juga dipercaya untuk menyanyikan sejumlah single untuk kepentingan soundtrack. Dengan warna vokalnya yang lembut, Vanesha menambah deretan prestasinya sebagai entertainer yang multi talenta.

Bersama band bernama The Panasdalam Bank dan Pidi Baiq, ia membawakan lagu-lagu yang berjudul Berpisah, Bunyi Sunyi, dan Bahayanya Dirimu. Lagi-lagi, ketiga lagu tersebut mendapat sambutan yang meriah dari para penggemar dan penikmat belantika musik Tanah Air.

Baca Juga: Pidi Baiq, Bintang Sesungguhnya Film Dilan yang Fenomenal Abis

Raih Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Berkat aktingnya yang memukau, Sasha pun berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Melalui film Dilan 1990, ia memenangkan Aktris Pendatang Baru Terfavorit dari Indonesian Movie Actor Awards di tahun 2018.

Namanya juga masuk sebagai salah satu nominator Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Pasangan Terfavorit dengan Iqbaal Ramadhan dalam ajang yang sama. Berkat chemistry yang sangat baik, kini semakin banyak fans setia dari Vanesha dan Iqbaal yang mengidolakan pasangan Dilan-Milea.

Mantap Berkarier di Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Tak hanya sukses dengan perannya sebagai Milea. Akting Vanesha dalam film Teman Tapi Menikah dan Backstage juga patut diacungi jempol. Masyarakat dan penggemar ikut terpikat oleh penghayatannya yang menawan. 

Aktris yang pernah bermain dalam sinetron Yang Masih di Bawah Umur (2012) ini telah berhasil menunjukkan bakat aktingnya yang alami kepada para penggemarnya. 

Hobi Off Road dan Ingin Jadi Pianis

View this post on Instagram

A post shared by vanesha prescilla (@vaneshaass) on

Di usianya yang masih muda belia, Sasha juga punya ketertarikan tinggi terhadap dunia reli. Seperti kakak iparnya yang berkarier sebagai pembalap, ia bahkan pernah mengikuti sejumlah balap reli di waktu senggangnya.

Bersama Sissy kakak perempuannya, ia mengikuti off road pada tahun 2018 lalu. Tepatnya di Banteng Motorsport Sprint Rally Paramount di Serpong pada medio 2018. 

Saat itu, ia memang masih bertugas sebagai navigator. Namun, Vanesha sudah mengungkapkan niatnya kepada sang kakak ipar untuk menyetir reli suatu hari nanti. 

Selain itu, Sasha juga semakin menunjukkan ketertarikannya kepada dunia musik. Tak puas dengan hanya menyumbangkan suaranya di sejumlah single. Kini ia ingin menjajal instrument piano. 

Sangat menyukai permainan piano, ia bercita-cita untuk menjadi seorang pianis andal di kemudian hari. Sebagai langkah awalnya, ia pun hendak mendaftarkan diri ke sekolah musik untuk melatih kemampuannya.

Pentingnya Dikelilingi Support System yang Positif

Karena berbagai faktor, adakalanya kita gagal mengenali potensi diri sendiri. Namun, jika kita dikelilingi oleh support system yang positif dan membangun, maka potensi diri yang masih tidur bisa digali lebih lanjut.

Seperti kisah Vanesha Prescilla yang aura bintangnya dikenali sejak dini oleh keluarganya, Anda pun bisa lebih bersedia mendengarkan pendapat support system. Dengan demikian, potensi yang dimiliki dapat lebih cepat diasah dan pada akhirnya mendatangkan kesuksesan.

Selain itu, Anda juga dapat belajar dari kisah Sasha yang tak berhasil meraih juara kontes GADIS Sampul. Tak disangka, hal itu hanyalah jembatan dan batu loncatan baginya untuk meraih kesuksesan sejatinya.

Gunakan masa muda dengan maksimal. Jangan lelah untuk menggali dan menyadari seluruh potensi diri. Siapa tahu Anda punya potensi hebat di dalam diri yang kelak dapat menjadi aset menguntungkan di masa depan.

Baca Juga: Sukses Jadi Aktor dan Musisi, Iqbaal Ramadhan Bagikan 5 Rahasia Sukses