Tahun Baru, Waktunya Ganti Status Jomblo. Ini Cara Cepat Dapat Pacar Idaman

Dear para jomblo, sedang mengalami fase jenuh sendiri? Tiada pacar, apalagi gebetan. Merasa kesepian meski dikelilingi banyak teman. Itu sih pertanda kamu harus segera mengakhiri kesendirian.

Waktunya pas banget. Tahun baru saatnya melepas status single. Jangan kelamaan, biar gak jadi jomblo akut atau jones alias jomblo ngenes. Jika kamu masih larut dalam bayang-bayang sang mantan, segera hapus jejaknya dalam kehidupanmu. Move on.

Bila trauma pacaran, coba buka hati perlahan. Biarkan seseorang masuk dan menyembuhkan segala luka hatimu. Tapi jika kamu memutuskan jomblo karena belum ada yang sreg, mau cari yang seperti apa sih?

Wake up! Yuk ‘bangun dari tidur panjang.’ Sendiri terlalu lama juga gak bagus untuk kesehatan mental. Menurut Psikolog dari University of Chicago, John Cacioppo, jomblo terlalu lama dapat membuat mental seseorang lebih mudah tertekan, stres, dan mudah depresi.

Efek buruk pada kesehatan, kelamaan menyendiri dapat memicu pengerasan pada arteri, sehingga tekanan darah menjadi naik. Dampak lainnya, jomblo identik dengan kesepian dan bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Kalau sistem imun menurun, penyakit akan lebih mudah menyerangmu.

Seperti hidup, mencari pacar juga perlu semangat. Walaupun Tuhan sudah menciptakan manusia berpasang-pasangan, tugas kamu berikhtiar. Bagaimana mau dapat pacar, kalau usaha aja gak. Coba nih praktikkan cara atau tips ini supaya cepat dapat pacar di Tahun Baru:

Baca Juga: 11 Jawaban Ngeles Kalau Ditanya Kapan Nikah Pas Lebaran, Kamu Pilih Mana?

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bingung mulai dari mana? Dari niat aja dulu

Pacaran
Mencari pacar butuh niat juga loh

Segala sesuatu itu perlu niat. Tanpa niat, maka tidak akan ada usaha. Begitupun nyari pacar. Kalau kamu sudah punya niat ingin menanggalkan status jomblo di tahun yang baru, pasti semesta akan mendukung. Muncul energi baru yang akan mendorongmu, sehingga niat tersebut diwujudkan dalam bentuk nyata untuk mencari pacar.

2. Gunakan segala cara atau metode untuk mencari pacar, offline maupun online

Pacaran tinder
Instal aplikasi kencan online untuk mencari pacar

Kalau sudah ngebet resign dari kantor lama dan mencari pekerjaan baru, pasti kamu akan membabi buta mengirim lamaran kerja. Baik cara offline (bertanya ke keluarga, teman, kolega) dan online (melalui aplikasi atau website lowongan kerja terpercaya). Sama saja seperti itu, mencari pacar juga bisa dilakukan dengan metode serupa.

  • Orangtua

Kamu bisa minta dicarikan pacar oleh orangtua, kakak, adik, om, tante, sepupu, atau saudara lainnya. Biasanya mereka lebih tahu kriteriamu, sehingga bisa dicarikan yang cocok atau setara denganmu.

  • Sahabat

Teman dekat atau sahabat juga bisa jadi makcomblang. Siapa tahu mereka punya teman yang senasib denganmu. Minta dikenalin, barangkali saja berjodoh. Ini bisa berlaku buat cewek atau cowok. Kalau kamu cewek, gak perlu malu minta dicomblangin lebih dulu. Memulai komunikasi, bahkan nembak duluan.

  • Kenalan

Jangan sia-siakan kolega atau kenalanmu. Tak ada salahnya minta bantuan mereka, seperti guru atau dosen, klien, atasan atau rekan kerjamu untuk mencarikan pacar. Kadang mereka punya stok kenalan atau partner yang masih jomblo. Mungkin juga kenalan atau kolegamu itu ternyata lagi sendiri, tidak ada yang memiliki, eh.. malah jadian sama kamu.  

  • Aplikasi kencan online

Cara offline sudah dilakukan, kini kamu bisa mencoba aplikasi kencan online untuk mencari pacar. Pakai aplikasi kencan tersebut sangat cocok buat kamu yang tipenya pemalu, introvert, sehingga sulit untuk meminta bantuan mencari pacar lewat orang lain.

Kalau menggunakan aplikasi kencan online, bukan cuma pria atau wanita lokal saja yang berpotensi kamu dapatkan. Kesempatan mendapat pacar bule pun terbuka lebar. Tinggal setting atau diatur jarak dari lokasimu, mau yang dekat atau jauh sampai ratusan kilometer dan usianya.

  • Berikut aplikasi kencan online populer para jomblo, yakni Tinder, OkCupid, Match, Setipe, Bumble, Hinge, Tantan, BeeTalk, IndonesianCupid, Badoo, Coffee Meets Bagel, Lovely, dan masih banyak lainnya.
  • Ada juga nih aplikasi kencan online khusus untuk muslim, di antaranya Muzmatch, Minder 2, Single Muslim, Way to Nikah, Muslim Marriage, Muslima, Muzly, BuzzArab, Salaam Swipe, Helahel, Muslim and Single, dan lainnya.

Aplikasi kencan online tersebut dapat diunduh di ponselmu secara gratis. Namun untuk dapat menggunakan lebih banyak fitur di aplikasi, pengguna harus berlangganan dengan tarif sesuai kategorinya.

Ketika kamu memutuskan mencari pacar via aplikasi kencan online, berarti kamu sudah harus tahu dengan konsekuensinya. Entah itu hanya PHP, bermain-main, kebohongan. Jadi jangan terlalu baper-baper banget kalau belum bertemu.

Tapi tidak semua orang jahat. Buktinya ada kisah pasangan yang sukses menjalin hubungan dari pertemanan, pacaran, sampai menikah berawal dari aplikasi kencan online. Satu yang perlu diingat, menggunakan aplikasi kencan online harus berhati-hati terhadap kejahatan yang mengintai.

Jangan gampang memberikan informasi, apalagi kalau sudah menyangkut uang. Jika kamu dan teman kencan onlinemu sudah sepakat bertemu setelah menjalin komunikasi intensif, usahakan bertemu di tempat ramai.

Baca Juga: 5 Resolusi Tahun Baru yang Jadi Wacana Terus dan Cara Mencapainya

3. Aktif bergabung di sejumlah komunitas

Pacaran

Metode lain mencari pacar atau jodoh, adalah aktif di sejumlah komunitas. Misalnya kamu hobi fotografi, bergabung di komunitas fotografi. Suka traveling, aktif di forum atau komunitas backpacker. Kamu juga bisa bergabung di forum atau komunitas keagamaan.

Dari sini, biasanya akan sering digelar kopi darat, seminar, traveling atau hunting bareng. Bukan cuma senang hobi tersalurkan, kalau beruntung, bonusnya bisa dapat pacar.

4. Buka hati dan jangan kebanyakan milih

Pacaran
Buka hati dan jangan kebanyakan memilih

Begitu sudah ada yang mendekatimu, buka hatimu lebar-lebar. Biarkan dia menunjukkan kepribadiannya. Jika komunikasi sudah terbangun cukup lama dan dia menembakmu, tapi masih ragu, coba buat catatan kecil. Apa kekurangan dan kelebihannya.

Kemudian fokus pada kekurangannya, apakah kekurangan itu masih bisa kamu tolerir atau terima. Jika ya, untuk apa kamu menolaknya. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna. Kalau kamu mencari yang sempurna, siap-siap akan kehilangan yang terbaik.  

5. Sudah dapat gebetan, fokus PDKT dengan doi

Pacaran
Sudah dapat gebetan, fokus PDKT dengan doi

Jika segala usaha sudah kamu tempuh, ada nih yang nyantol. Sudah sreg sama si doi. Fokus saja membangun kedekatan dengannya. Jangan ‘menebar jala’ lagi untuk orang lain. Kenali sifat dan karakter masing-masing personal lebih dalam.

Bila kamu merasa tertarik dengannya, tunjukkan. Mulai beri perhatian kecil, lakukan aktivitas yang seru sehingga kalian menikmati momen kebersamaan, dan saling bertukar pikiran.

6. Jadi diri sendiri lebih baik

Pacaran

Mau pakai metode apapun mencari pacar, jadilah dirimu sendiri. Sah-sah saja kamu menciptakan imej positif di mata gebetan, seperti menjaga penampilan. Tapi tak perlu menjadi orang lain agar doi tertarik denganmu. Tunjukkan saja dirimu apa adanya, biarkan inner beauty yang memancarkan sinarnya sehingga doi makin penasaran denganmu.

Jangan Pernah Putus Asa Mencari Pasangan

Ketika usaha mencari pacar atau pasangan belum membuahkan hasil, jangan ada kata menyerah dalam kamus hidupmu. Coba lagi, dan lagi. Yakinlah kamu akan mendapatkan pacar terbaik dan bisa menjadi pasangan hidupmu kelak.

Skenario Tuhan selalu menarik dan penuh misteri, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi esok, termasuk soal jodoh. So, jangan galau lagi ya dan semangat menjemput jodohmu di tahun baru.

Baca Juga: Jangan Cuma Mikirin Liburan, Introspeksi Diri Juga Penting Jelang Akhir Tahun