Tahun Baru Waktunya Investasi, Ini Jadwal dan Cara Beli 6 Seri SBN Ritel 2021

investasi
Investasi

Cermati.com, Jakarta – Mengawali tahun 2021, Pemerintah Indonesia telah kembali menerbitkan enam seri Surat Berharga Negara (SBN) ritel. Ini tentunya menjadi kabar baik untuk para investor, sebab SBN sebagai alternatif instrumen investasi yang aman, terjangkau, mudah, menguntungkan dan sekaligus bisa membangun negeri.

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, jenis SBN ritel yang diterbitkan sepanjang tahun 2021 terdiri dari seri konvensional atau Surat Utang Negara (SUN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI).

Biar tak ketinggalan investasi di SBN ritel tahun ini, berikut jadwal penerbitan SBN ritel 2021 yang telah pemerintah tetapkan dan cara mudah membeli SBN ritel yang perlu investor pemula ketahui.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Konvensional (SUN)

No

Seri

Masa Penawaran

Setelmen

1

ORI019

26 Jan - 18 Feb 2021

24 Feb 2021

2

SBR010

21 Jun - 15 Jul 2021

22 Jul 2021

3

ORI020

27 Sep - 20 Okt 2021

27 Okt 2021

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Syariah (SBSN)

No

Seri

Masa Penawaran

Setelmen

1

SR-014

26 Feb - 17 Mar 2021

24 Mar 2021

2

SR-015

27 Agt - 15 Sep 2021

22 Sep 2021

3

ST008

1 - 17 Nov 2021

24 Nov 2021

Cara Mudah Beli Keenam Seri SBN Ritel

sbn
Cara mudah beli SBN

Bagi calon investor pemula yang belum mengetahui cara beli SBN ritel ini, tak perlu khawatir. Anda bisa membeli SBN ritel ini di sejumlah mitra distribusi yang telah pemerintah tetapkan. Berikut tahapan beli SBN ritel dengan mudah, antara lain:

1. Pilih salah satu mitra distribusi SBN ritel

Mitra distribusi SBN ritel terdiri dari:

  • Beberapa bank ternama di Indonesia seperti BCA, BNI, MANDIRI, BRI, UOB, DANAMON, DBS, Permata Bank, Maybank dan lainnya
  • Platform P2P lending seperti, Koinwork, Modalku, Tanamduit, dan lainnya
  • Platform investasi terpercaya, seperti bareksa.com, danareksa dan lainnya

Investor pemula bisa melihat daftar mitra distribusi dari keenam seri SBN ritel ini di situs https://www.kemenkeu.go.id/.

Baca Juga: Jangan Takut Investasi Kala Virus Corona Merebak, Ini Tipsnya

2. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Calon investor bisa mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Bagi calon investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.

3. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor dapat melakukan pemesanan SBN ritel, Akan tetapi, calon investor perlu membaca ketentuan dalam memorandum informasi terlebih dahulu. Selain itu, perlu investor pemula ingat bahwa pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran di masing-masing SBN.

4. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Melek Investasi: Simak Beda Investasi Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito

5. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBN ritel pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan di masing-masing SBN kepada Mitra Distribusi. 

Investasi Jadi Resolusi Keuangan yang Perlu Dicapai

Kebiasaan awal tahun baru yang dilakukan banyak orang adalah menyusun berbagai resolusi di sepanjang tahun guna menjalani kehidupan yang lebih baik. Resolusi keuangan menjadi salah satu hal yang tak pernah ketinggalan di setiap tahunnya.

Salah satu resolusi keuangan yang perlu dicapai tahun ini, yaitu investasi di instrumen yang tepat. Bukan hanya mendapatkan imbal hasil atau keuntungan berupa kupon saja, akan tetapi investor juga akan mendapatkan kondisi keuangan lebih aman dan terkendali.

Sebagai investor pemula, SBN ritel yang diterbitkan oleh pemerintah ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Agar hasil investasi lebih maksimal, pastikan cermati karakteristik di setiap seri SBN ritel dan informasi lainnya terkait SBN ritel di situs resmi Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Milenial, ini 4 Manfaat Investasi Sejak Muda dengan Pilihan Jenis Investasi yang Tepat