Tak ada Pengalaman Kerja saat Melamar? Cantumkan Ini di CV

Ketatnya persaingan kerja merupakan salah satu tantangan terbesar yang kerap dihadapi oleh para pelamar. Untuk satu posisi saja, kamu mungkin saja akan berhadapan dengan belasan atau bahkan puluhan pelamar lainnya. 

Semakin banyak pelamar, maka peluang untuk mendapatkan sebuah pekerjaan juga tentu akan semakin kecil. Ini bahkan semakin tidak mudah, jika ternyata kamu masih menjadi fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja selama ini. 

Tak bisa dipungkiri, pengalaman kerja kerap menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan. Lalu, bagaimana jika ternyata kamu belum memilikinya sama sekali?

Pengalaman kerja seperti ini biasanya berlaku untuk posisi yang cukup penting di dalam perusahaan atau bahkan posisi yang akan bergabung dan langsung bekerjasama di dalam sebuah tim.

loader  

Namun tidak semua perusahaan juga akan membutuhkan pekerja yang sudah berpengalaman, meskipun sebagian besar memang biasanya membutuhkan pengalaman kerja selama beberapa waktu. 

Beberapa lowongan mungkin saja terbuka lebar untuk fresh graduate, sehingga kamu tetap memiliki peluang untuk mendapatkan posisi di sana. Selain itu, lengkapi juga CV kamu dengan cara yang tepat, agar perusahaan tetap memiliki pertimbangan lainnya untuk menerimamu sebagai karyawan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu cantumkan di dalam CV, jika kamu belum memiliki pengalaman kerja sama sekali:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cantumkan pengalaman magang

Magang menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan sebelum bekerja. Pada umumnya sebagian besar kampus akan menjadikan magang sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswanya, di mana para mahasiswa ini harus magang di berbagai perusahaan terlebih dahulu.  

Namun selain itu, beberapa anak muda juga sering magang setelah mereka kuliah, tepatnya di sela-sela mencari pekerjaan. Saat magang biasanya kamu dapat merasakan dunia kerja yang sesungguhnya, apalagi jika ternyata kamu magang di perusahaan yang cukup besar dan bisa memberimu pengalaman yang banyak.

Kamu bisa menjadikan pengalaman magang ini sebagai bekal untuk bekerja. Cantumkan di dalam CV perihal tersebut secara rinci, agar pihak perusahaan bisa melihat pengalaman kamu sebelum bergabung dengan mereka. 

Meski tidak diminta oleh perusahaan di dalam lowongan yang mereka sebar, tidak ada salahnya untuk dicantumkan, sebab pengalaman magang seperti ini bisa saja menjadi pertimbangan mereka untuk menerimamu. 

Peluang ini bahkan akan semakin besar, jika ternyata kamu magang di tempat yang tepat dan sesuai dengan bidang/ jurusan kuliah yang kamu tempuh semasa kuliah.

Baca Juga: Buat CV Kamu Seperti Ini, Pasti Cepat Diterima Kerja

2. Sertakan pengalaman volunteering

Senang menjadi volunteer dan kerap terlibat dalam berbagai aksi sosial, kamu tentu termasuk orang yang aktif. Aktifitas ini membutuhkan dedikasi dan juga minat yang tidak dimiliki oleh semua orang. Pengalaman sebagai volunteer atau sukarelawan ini bisa kamu jadikan sebagai pengganti pengalaman kerja di dalam lamaranmu. Tidak semua orang senang menjadi volunteer, sehingga ini bisa menjadi kelebihan untukmu. 

Berbagai aktivitas selama menjadi volunteer tentu akan memberimu banyak sekali pengalaman, terutama terkait dengan kehidupan berorganisasi dan juga sosial. Kamu akan terbiasa bekerja di dalam tim, termasuk ketika nanti bergabung di dalam sebuah tim kerja perusahaan. 

Hal seperti ini menjadi nilai lebih di mata perusahaan, sebab mereka selalu menginginkan karyawan yang loyal dan bisa bekerja dengan maksimal di dalam sebuah tim. Jika melihat pengalamanmu sebagai seorang relawan, peluang kamu untuk bergabung di perusahaan tentu akan semakin besar.

3. Dapatkan Sertifikasi

Sertifikasi menjadi salah satu tolak ukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Bukan hanya keahlian semata, namun kamu tentu akan mendapatkan pengakuan yang jelas atas keahlian tersebut melalui sertifikasi ini. 

Hal ini akan menjadi nilai lebih untukmu di mata perusahaan, bahkan meski kamu belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Jika kamu ingin mendapatkan kesempatan yang lebih besar ketika melamar pekerjaan, maka mengikuti sertifikasi seperti ini akan menjadi keputusan yang tepat. 

Mulailah mencari tahu standar apa yang lazim digunakan di dalam bidang yang kamu geluti. Kamu bisa mengikuti sertifikasi untuk berbagai keahlian tersebut. Tidak perlu khawatir dengan biaya yang besar, mengingat saat program sertifikasi yang bebas biaya juga sudah cukup banyak dan mudah ditemukan. 

Ikuti sertifikasi yang sesuai dengan bidangmu, agar kamu bisa mengasah skill dan sekaligus mempermudah langkahmu mendapatkan pekerjaan. Sertakan bukti sertifikasi ini ketika kamu melamar nanti, sehingga perusahaan bisa menjadikannya sebagai pertimbangan.

Baca Juga: Wahai Fresh Graduate, Kamu Wajib Tahu Beda CV dan Resume Lamaran Kerja

Lengkapi CV Kamu dan Dapatkan Pekerjaan dengan Cepat

Pengalaman kerja memang kerap menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan. Namun meski belum memiliki pengalaman kerja, kamu tidak perlu ragu untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan impianmu. Lengkapi lamaranmu dengan pendukung lainnya, agar perusahaan memiliki pertimbangan lain dan kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan di sana.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD