Tak Disangka, Inilah 9 Perusahaan Multinasional yang Merajai Produk Idaman Konsumen Seluruh Dunia

Bagi masyarakat Indonesia, produk-produk seperti, Aqua, Dancow, Fanta, Oreo, dan Rinso pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Pasalnya, produk konsumen tersebut amat mudah ditemui di toko dan supermarket. Bahkan, penjualan dari setiap brand produk tersebut bisa mencapai jutaan buah setiap harinya.

Produk populer seperti yang telah disebutkan tersebut memang telah menjadi konsumsi favorit masyarakat Indonesia, atau bahkan penduduk di seluruh dunia. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa brand tersebut dimiliki oleh sebuah perusahaan besar yang dapat bergerak sendiri atau dalam istilah lain adalah perusahaan independen.

Namun, anggapan tersebut bisa dibilang tidak sepenuhnya benar. Meski memiliki total penjualan serta omzet yang berlimpah, perusahaan yang memproduksi barang tersebut adalah anak perusahaan. Terdapat perusahaan yang lebih besar lagi yang menjadi induk dari banyak merek produk ternama seperti Aqua dan Oreo sekalipun.

Perusahaan induk tersebut biasa juga dikenal sebagai perusahaan multinasional yang membawahi puluhan, hingga ratusan anak perusahaan di seluruh dunia. Secara singkat, yang dimaksud dengan perusahaan multinasional adalah perusahaan yang biasanya berpusat di negara maju dan memiliki banyak anak perusahaan atau subsidiary di negara lain. Dalam kata lain, perusahaan multinasional memiliki jangkauan bisnis di tingkat global dan memiliki dampak kuat pada kondisi ekonomi dan politik dunia. 

Karena memiliki peran yang besar pada jalannya bisnis di seluruh dunia, keberadaan perusahaan multinasional ini perlu disadari. Nah, penasaran dengan perusahaan tingkat dunia yang menciptakan banyak brand produk konsumen idaman masyarakat? Simak 9 perusahaan multinasional yang merajai berbagai industri bisnis di seluruh penjuru dunia berikut ini. 

Baca Juga: Peluang Karir di Perusahaan Multinasional

9 Perusahaan Multinasional di Indonesia

1. Unilever

unilever

Siapa yang tidak pernah mendengar nama perusahaan multinasional yang satu ini? Mayoritas masyarakat Indonesia pasti pernah melihat iklan dari produk yang dipasarkan oleh brand produk konsumen terbesar dunia ini. Tak hanya itu, Unilever juga digadang-gadang sebagai perusahaan raksasa yang mampu menghasilkan produk konsumen paling laku di pasaran.

Bayangkan saja, produk-produk seperti, Rinso, Lifebuoy, Molto, hingga Royco, adalah contoh dari banyak produk keluaran Unilever yang paling populer. Tak sedikit dari merek produk keluaran Unilever yang menjadi pionir dari industri yang digelutinya.

Sebut saja Rinso yang banyak disebut orang Indonesia sebagai kata ganti yang merujuk pada produk deterjen. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya laris tetapi Unilever berhasil membuat brand awareness masyarakat terhadap produknya sangat tinggi.

Didirikan di pertengahan tahun 1929, tepatnya pada tanggal 2 September, Unilever awalnya adalah perusahaan hasil merger produsen margarin asal belanda dengan produsen sabun dari Inggris. Dari penyatuan dua perusahaan tersebutlah Unilever mampu berkembang dan menjadi perusahaan multinasional yang banyak dikenal saat ini.

Tak hanya itu, Unilever juga diberitakan telah beroperasi di lebih dari 190 negara. Perusahaan raksasa tersebut juga mengklaim bahwa produk yang dipasarkan telah digunakan oleh lebih dari 2.5 miliar orang di seluruh dunia. Jadi, tidak mengherankan mengapa Unilever bisa menjadi salah satu perusahaan multinasional dengan ratusan brand idaman masyarakat dunia. 

2. Nestle

nestle

Pecinta produk susu dan sereal pasti sudah tidak asing dengan Nestle. Ya, Nestle bisa dibilang adalah perusahaan terdepan di industri susu, sereal, dan juga coklat dunia. Terdapat banyak sekali brand keluaran Nestle yang merajai bidang bisnis tersebut dan disukai oleh konsumen dari segala usia.

Telah beroperasi sejak tahun 1866, Nestle banyak mengeluarkan merek ternama, seperti, Milo, Dancow, Koko Krunch, Nescafe, dan lain sebagainya. Satu hal yang pasti, selain sudah dikenal di seluruh dunia dan produk Nestle juga digemari oleh masyarakat dari seluruh dunia.

3. Danone

  danone

Sumber: dancommunity.co.id

Sama halnya dengan brand Rinso dari Unilever yang menjadi istilah pengganti kata deterjen, Danone juga memiliki merek produk konsumen dengan popularitas yang sama. Aqua yang kini banyak dirujuk oleh masyarakat Indonesia sebagai sebutan dari air mineral kemasan adalah produk dari anak perusahaan Danone. 

Dirintis sejak tahun 1919, Danone merupakan salah satu perusahaan multinasional dengan pusat kantor di Prancis. Awalnya, Danone hanyalah sebuah produsen makanan jenis yogurt yang beroperasi di Spanyol, tepatnya di Barcelona. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Danone sukses melebarkan sayap bisnisnya dengan meluncurkan berbagai produk jenis baru yang hingga kini masih laris di pasaran.

Brand ternama yang dilahirkan oleh Danone yang mendunia tidak hanya Aqua saja. Vit, Levite, Bebelac, Mizone, SGM, hingga Nutrilon Royal adalah sederet merek produk yang banyak dikonsumsi oleh bukan hanya masyarakat Indonesia, tapi juga luar negeri. Oleh karenanya, tak ayal Danone termasuk sebagai perusahaan multinasional paling berkembang saat ini.

4. Coca-Cola

coca cola

Minuman soda memang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat dunia. Nah, minuman jenis ini ternyata diawali oleh sebuah produsen dari Amerika Serikat yang sudah dikenal oleh semua orang, Coca-Cola. Coca-Cola disebut sebagai raja dari minuman soda yang dijual di seluruh dunia.

Dibangun pada tahun 1886, Coca-Cola dengan pesat berkembang melalui produk minuman soda dengan nama merek yang sama. Hingga kini, Coca-Cola berhasil menciptakan banyak brand minuman lain yang juga populer di masyarakat, seperti, Fanta, Sprite, Minute Maid, serta Powerade.

5. PepsiCo

  pepsico

Sumber: pepsico.com

Berbicara soal Coca-Cola sebagai pemimpin industri minuman soda tentu tidak bisa lepas dengan pesaing abadinya, PepsiCo. Sama-sama berasal dari Amerika Serikat, PepsiCo didirikan di tahun 1898. Sejak saat itulah PepsiCo dan Coca-Cola menjadi rival di industri minuman bersoda dengan meluncurkan beragam brand produk yang baru.

Akan tetapi, meski Pepsi dikenal sebagai produsen minuman bersoda, perusahaan tersebut tidak hanya fokus memproduksi minuman dengan inovasi baru. Malahan, tak sedikit anak perusahaan PepsiCo yang beroperasi di industri makanan ringan, seperti, Doritos, Lay’s, serta Cheetos. 

Baca Juga: Sah! Ini Pasangan Baru KFC Usai Berpisah dengan Pepsi

6. Mars

  mars

Sumber: businessinsider.com

Perusahaan multinasional selanjutnya adalah Mars yang menjajakan tak hanya produk konsumen untuk manusia, tapi juga untuk hewan. Berpusat di Amerika dan berdiri sejak tahun 1911, Mars telah banyak menciptakan produk coklat dan permen populer, seperti, Snickers, M&M’s Chocolates, Doublemint, dan Dove. 

Bagi pecinta hewan yang sering memberi makan peliharaan dengan Whiskas, Sheba, Nutro, serta Royal Canin juga menyadari jika produk tersebut merupakan anak perusahaan dari Mars. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Mars dapat berkembang menjadi perusahaan multinasional di Indonesia dan negara lainnya.

7. Mondelez International

oreo

Tak dapat dipungkiri jika Oreo masih menjadi kudapan favorit masyarakat dunia setelah bertahun-tahun dipasarkan. Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa brand biskuit tersebut adalah perusahaan mandiri yang tidak dikelola oleh perusahaan yang lebih besar. Anggapan tersebut ternyata meleset.

Oreo adalah produk yang dibuat oleh anak perusahaan dari Mondelez International. Dirintis sejak tahun 1923, Mondelez International awalnya dikenal dengan nama National Dairy. Barulah di tahun 2012 lalu, perusahaan asal Amerika tersebut berubah nama menjadi Mondelez International dan tetap memiliki banyak produk konsumen yang berjaya di pasar dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa produk Mondelez International yang paling terkenal adalah Oreo, Biskuat, Kraft, Cadbury, hingga Toblerone. Jadi, bagi Anda yang menyukai produk-produk tersebut, jangan lupa jika perusahaan tersebut adalah subsidiary dari perusahaan internasional, Mondelez International.

8. Associated British Foods

ovaltine

Beralih ke perusahaan multinasional asal Inggris bernama Associated British Foods. Meski berpusat dari Inggris, pendiri perusahaan raksasa ini adalah warga Kanada bernama Garfield Weston. Berdiri sejak tahun 1935, Associated British Foods telah membuat beragam anak perusahaan yang masing-masing memiliki produk makanan unggulannya.

Di Indonesia, produk yang populer dari perusahaan multinasional ini adalah Ovaltine. Memiliki cita rasa yang manis dan pekat, Ovaltine mampu menggaet banyak pelanggan dari masyarakat Indonesia dan juga luar negeri. Tak hanya Ovaltine, beragam brand produk lain seperti Allinson, Argo, Dorset Cereals, dan Ryvita membuat Associated British Foods berhasil menjadi perusahaan tingkat dunia. 

9. Kellogg’s

kelloggs

Perusahaan multinasional selanjutnya yang produknya banyak diminati masyarakat adalah Kellogg’s. Perusahaan asal Amerika ini dirintis oleh dua bersaudara, Dr. John Harvey bersama Will Keith Kellogg di tahun 1898. 

Di Indonesia sendiri, produk dari Kellogg’s juga cukup banyak diminati. Sebut saja produk sereal Kellogg’s Froot Loop serta Mueslix Raisins and Almond. Pecinta kudapan keripik kentang juga pasti tidak asing dengan Pringles yang juga merupakan subsidiary dari perusahaan besar ini.  

Baca Juga:  4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat

Perusahaan Multinasional Membuka Kesempatan Kerja yang Berlimpah

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, perusahaan multinasional adalah perusahaan induk yang banyak membawahi anak perusahaan yang dibangun di negara lain. Imbas dari pembangunan subsidiary tersebut, warga sekitar akan memiliki kesempatan kerja yang lebih besar dan dapat memberikan negara pemasukan melalui pajak yang dibayarkan. Jadi, adanya perusahaan multinasional ini memberikan banyak dampak positif bagi perkembangan ekonomi global.