Takut Terpapar Covid-19, Ini 9 Tips Aman Tarik Tunai Selama Pandemi

Pandemi belum kunjung usai di Indonesia, malahan jumlah kasus semakin bertambah setiap hari. Hal ini sontak berimbas pada aktivitas masyarakat, bahkan untuk belanja ke supermarket saja dibatasi. Hanya mesin ATM saja yang kini diperbolehkan buka selama 24 jam.

Meski begitu, masih banyak yang parno untuk tarik uang dari ATM karena takut terpapar Covid-19. Agar penarikan uang dari ATM aman, coba lakukan beberapa tips berikut ini. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

9 Tips Aman Tarik Tunai Selama Pandemi

1. Cari ATM yang jaraknya dekat

loader
Tips aman tarik tunai selama pandemi

Semakin dekat jarak ATM dengan tempat tinggal, maka waktu untuk berlama-lama di luar rumah otomatis berkurang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil uang hanya 5-10 menit saja. 

Kalau kebetulan kamu lagi di luar rumah dan ingin tarik tunai, sebaiknya cari mesin ATM yang paling dekat dan tidak terlalu ramai. Dengan demikian, risiko tertular Covid-19 semakin kecil. 

2. Menyemprotkan hand sanitizer

Mengingat pengguna mesin ATM banyak, penting untuk menyemprotkan hand sanitizer sebelum dan sesudah tarik tunai. Semprotkan secukupnya pada kedua telapak tangan untuk membunuh kuman atau virus yang sebelumnya menempel.

Setelah yang ditarik, semprotkan lagi untuk memastikan tangan tetap higienis dari virus. Apalagi di zaman Covid-19 sekarang, sulit untuk mengetahui siapa yang terpapar karena beberapa korban yang terkena justru tidak menunjukkan gejala apapun. 

3. Gunakan masker saat bepergian

Patuhilah protocol kesehatan dengan menggunakan masker saat bepergian ke mana saja, baik yang jaraknya dekat maupun jauh. Ini penting karena suatu virus dapat menyebar lewat udara. Dengan pemakaian masker, kamu dapat mengurangi kemungkinan terkena virus tersebut.

Bila diperlukan, gunakan masker double dan pakai dengan benar. Tidak lupa untuk mengganti masker secara rutin setelah pemakaian, ya!

Baca Juga:  Jangan Panik! Lakukan 5 Pertolongan Pertama Ini Ketika Muncul Gejala Covid-19

4. Tunggu di luar ATM

Mesin ATM terbatas jumlahnya. Daripada mengantri dan berdesakan di dalam, lebih baik tunggu di luar saja sampai giliran kamu tiba. Tentunya dengan mengantri sesuai urutan siapa yang paling cepat datang. 

Sewaktu mengantri, jangan lupa untuk senantiasa menjaga jarak sekurang-kurangnya 1 meter dengan orang yang ada di depan maupun belakang. Dengan mengikuti protocol kesehatan seperti ini, kemungkinan untuk terpapar Covid pun semakin kecil.

5. Jangan menyentuh benda lain

loader
Tips aman tarik tunai selama pandemi

Dimana-mana tujuan utama ke ATM adalah untuk mengambil uang, jadi pastikan yang dipegang hanya tombol-tombol yang ada di mesinnya saja. Hindari menyentuh benda lain yang tidak dibutuhkan, seperti dinding, tempat sampah, bahkan pintu masuk juga sebaiknya tidak disentuh melainkan didorong pakai siku.

Sebab, jumlah orang yang keluar masuk ATM sangat banyak. Kamu tidak tahu virus apa saja yang sudah menempel di sana, jadi sebaiknya lebih diperhatikan. 

6. Gunakan sarung tangan

Agar tidak bersentuhan langsung dengan mesin ATM atau benda apapun di sekitar, sebaiknya gunakan sarung tangan dari rumah. Pilihlah sarung tangan yang nyaman agar tangan tidak berkeringat sewaktu dipakai. 

Jika sudah selesai digunakan, lepaskan sarung tangan dengan cara menarik bagian dalamnya bukan bagian luar. Sebab, bagian luarnya sudah terkontaminasi dengan mesin ATM dan ada kemungkinan virus sudah menempel di sana. 

Baca Juga: Bisa Sembuh, Kenali Tipe Gejala, Jenis dan Harga Obat Covid-19 yang Dibutuhkan

7. Jangan menyentuh wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang sensitif, apalagi di masa pandemic. Kabarnya, virus Covid-19 lebih cepat menyebar dari bagian indra yang ada di wajah, seperti mata, hidung, dan mulut. Sebisa mungkin jangan menyentuhnya sebelum mencuci tangan, ya!

Agar semakin aman lagi, sebaiknya gunakan face shield saat pergi ke ATM sehingga virus apapun lebih sulit masuk. 

8. Hindari kontak langsung dengan orang lain

Siapapun orang yang ditemui di perjalanan menuju ATM atau di dalam ruangan tersebut, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengannya. Selain karena tidak mengenal orangnya, kamu juga tidak tahu ke mana saja orang tersebut seharian ini, siapa yang ditemuinya, dan barang yang disentuhnya.

Sekedar untuk berjaga-jaga saja, terutama saat pandemi masih berlangsung. Jangan karena lalai, kamu jadi terpapar nantinya. 

9. Lakukan transaksi online

loader
Tips aman tarik tunai selama pandemi

Jika memungkinkan, lakukan transaksi secara online saat berbelanja apapun, baik itu di toko atau online sehingga kemungkinan untuk terpapar virusnya semakin kecil. Selain itu, tenaga dan waktu juga dapat dihemat karena transaksi dapat diselesaikan dimana saja dalam hitungan detik.

Jika situasinya mendesak baru ke mesin ATM untuk melakukan penarikan tunai. Itu juga harus mengikuti protokol kesehatan dan delapan tips aman di atas.

Patuhi Protokol Kesehatan dengan Ketat

Penting untuk lebih menjaga diri selama pandemi masih berlangsung karena virus dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan dengan ketat kemanapun bepergian. Selain itu, imbangi juga dengan makan sehat, olahraga teratur, istirahat cukup dan vitamin. Dengan begitu, daya tahan tubuh kamu akan kuat dan tak terpapar virus.

Baca Juga: Kenali Gejala Covid-19 pada Anak dan Cara Merawatnya di Rumah