Wajib Tahu, Ini Cara Aman Belanja Kebutuhan Rumah Saat Pandemi Corona

Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona meluas, pemerintah Indonesia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Alhasil, semua instansi pendidikan ditiadakan dan dialihkan belajar di rumah dan banyak kantor-kantor yang menerapkan work from home atau kerja di rumah.

Meski untuk sementara waktu semua aktivitas berlangsung di rumah, bahan makanan serta kebutuhan pokok yang lain harus tetap terpenuhi dengan baik. Hal ini membuat tak sedikit orang yang terpaksa harus keluar rumah melawan rasa takut akan virus untuk belanja bahan makanan dan kebutuhan di supermarket ketika stok di rumah sudah mulai menipis.

Selain memperhatikan kelengkapan diri saat keluar rumah, Anda juga harus mengingat bahwa ditengah pandemi Covid-19 penggunaan uang untuk transaksi tunai sebaiknya harus dihindari. Mengingat, uang kertas ataupun logam menjadi media yang paling mudah virus bersarang dan berpindah ke tangan Anda.

Agar lebih aman, penggunaan kartu debit atau kredit bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai alat transaksi cashless atau nontunai saat belanja kebutuhan rumah tangga. Alat pembayaran berupa kartu baik debit atau kredit lebih mudah dibersihkan dengan cairan pembersih dan lebih aman ketimbang uang tunai. Kelebihan lainnya, bila Anda transaksi belanja dan membayar dengan kartu kredit, Anda bisa lebih hemat karena ada promo kartu kredit yang di berikan kepada penggunanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan ketika berbelanja kebutuhan di supermarket biar aman dan terhindar dari virus corona.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Catat Belanja Bulanan

catatan belanja
Catat belanja bulanan

 

Agar pengeluaran menjadi lebih hemat dan semua kebutuhan dapat dibeli, Anda perlu membuat catatan belanjaan di buku kecil atau di smartphone. Pastikan barang kebutuhan yang akan dibeli paling tidak untuk stok selama satu bulan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak balik ke supermaket atau pasar lagi.

Jangan lupa, lebih baik bayarnya gunakan kartu bisa kartu debit atau kartu kredit. Bedanya, kalau dengan kartu debit semua transaksi belanja tidak tercatat, namun di kartu kredit semua transaksi akan tercatat otomatis. Jadi, lebih baik menggunakan kartu kredit, Anda bisa lebih hemat dan mengetahui apa saja barang belanjaan yang sebenarnya tidak dibutuhkan justru sering dibeli dan membuat Anda boros.

2. Pergi Belanja Sendiri

Kebiasaan banyak orang ketika berbelanja barang kebutuhan adalah tak lupa untuk memboyong banyak anggota keluarga untuk ikut berbelanja, baik itu anak, orangtua ataupun saudara.

Dengan kondisi pandemi virus corona saat ini, sebaiknya Anda tidak perlu mengajak sanak saudara untuk  berbelanja di supermaket. Cukup Anda sendiri atau mengajak pasangan atau anak yang sudah besar untuk membantu Anda dalam membawa barang belanjaan.

3. Cari Informasi Promo Kartu Kredit

kartu kredit
Cari informasi promo kartu kredit

Sebelum pergi ke supermarket, sebaiknya Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi promo berbagai jenis barang kebutuhan. Hal ini tentunya akan membuat pengeluaran belanja barang kebutuhan bulanan menadi lebih hemat lagi.

Biasanya penerbit kartu kredit akan memberlakukan promo, seperti beli minyak goreng 2 liter sebanyak 3 dengan kartu kredit A akan mendapatkan 1 minyak goreng gratis. Promo lain yang biasanya berlaku pada kartu kredit adalah belanja kebutuhan di supermarket A, B atau C dengan kartu kredit X akan mendapatkan diskon sekian persen.

Baca Juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Inilah Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya

4. Belanja Saat Promo Supermarket Berlangsung

Pengguna kartu kredit tentunya ingin belanja kebutuhan bulanannya makin hemat, bukan? Masih banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan belanja saat promo supermarket sedang berlangsung.

Pada umumnya, setiap supermarket akan membelakukan promo yang diadakan mingguan atau bulanan untuk menarik perhatian konsumen. Misalnya saja, pada supermarket A dan B benyak promo di hari Jumat, Sabtu dan Minggu atau di Supermarket C sedang ada promo bulanan terkait hari besar dan sebagainya.

5. Hindari Belanja di Jam Ramai

belanja
Hindari belanja di jam ramai

Biar saat belanja kebutuhan bulanan menjadi lebih aman dan tidak berada ditengah kerumunan banyak orang sehingga terhindar dari virus, Anda perlu menghindari belanja di jam-jam yang ramai pengunjung. Lebih baik, belanja ke supermarket saat kondisi terlihat sepi pengunjung. Misal, pada saat supermarket baru buka alias pagi hari sekitar pukul 10 pagi.

6. Terapkan Social Distancing

Ketika sudah berada di supermarket dan memilih barang belanjaan, tanpa disadari Anda memiliki jarak yang dekat dengan yang lain. Ini tentunya sangat tidak aman, sebab virus corona akan cepat menular.

Untuk itu, selalu ingat terapkan social distancing selama belanja di supermarket. Pastikan Anda dengan pengunjung yang lain memiliki jarak aman sekitar 1,5 meter atau 2 meter. Lebih baik bergantian secara teratur dalam mengambil barang belanjaan ketimbang harus terpapar virus.

7. Jangan Lupa Pakai Masker

masker
Pakai masker saat belanja di supermarket

Saat ini pemerintah Indonesia telah memberikan lampu kepada seluruh masyarakat yang keluar rumah harus menggunakan masker. Hal ini sebagai cara pertahanan diri sendiri agar tidak mudah terpapar virus corona.

Masker yang digunakan tak perlu masker bedah atau N95, sebab kedua jenis masker ini hanya ntuk tenaga medis. Anda yang bepergian keluar rumah untuk belanja, cukup gunakan masker kain juga menjadi solusi yang tepat asalkan bahan masker kain tersebut memiliki penyaringan udara yang baik untuk bernapas.

Baca Juga: Sudah Zona Merah, Mulai 12 April Penumpang Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

8. Bawa Cairan Pembersih

Jangan lupa juga bagi Anda yang ingin berbelanja di supermarket untuk selalu membawa handsanitizer dan desinfektan.

Setelah berbelanja di supermarket, jangan lupa untuk gunakan handsanitizer untuk membersihkan tangan. Selain itu, semprotkan juga cairan desinfektan ke dompet, tas, hingga kartu kredit. Dengan begitu, virus akan mati dengan cairan pembersih tersebut.

9. Segera Pulang

belanja
Segera pulang setelah selasai belanja

Jika belanja kebutuhan sudah selesai, tak perlu lagi untuk mampir ke toko-toko lain. Sebaiknya segera pulan ke rumah. Namun, sesampainya di rumah Anda jangan langsung beristirahat di kursi ataupun di tempat tidur, melainkan Anda perlu melakukan beberapa rangkaian berikut agar virus hilang, antara lain:

  • Lepas sepatu di depan pintu
  • Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian, termasuk sepatu
  • Buang tanda terima yang tidak diperlukan, misal struk barang belanjaan
  • Jangan menyentuh barang apa pun yang ada di rumah
  • Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Langsung cuci pakaian yang tadi sudah dikenakan
  • Mandi hingga bersih

Kebutuhan Aman dan Tetap Waspada dari Virus

Jangan hanya memikirkan barang kebutuhan apa saja yang akan dibeli, tapi Anda juga harus tetap waspada sebab virus bertebaran di mana-mana, baik di udara, menempel di barang apa saja dan lainnya. Untuk itu, perhatikan keamanan dan kenyamanan berbelanja semaksimal mungkin agar terhindar dari penularan virus. Jangan lupa jaga kesehatan Anda dan keluarga ya!

Baca Juga: 14 Strategi Belanja Bulanan Hemat di Supermaket