Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Boros Ini Sering Dilakukan Anak Muda

Kondisi keuangan tentu akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana seseorang mengelola keuangannya. Jika tidak disiplin, maka berbagai masalah keuangan sangat mungkin terjadi. Misalnya saja kebutuhan tidak tercukupi dengan baik, tidak memiliki uang di akhir bulan, timbulnya utang dan sebagainya. Kondisi seperti ini sering dialami oleh anak muda tanpa disadari.

Jika selama ini kamu mengalami berbagai masalah keuangan seperti di atas, maka besar kemungkinan kamu sudah melakukan pemborosan seperti membelanjakan uang untuk berbagai hal yang kurang tepat.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan boros yang kerap terjadi dan wajib kamu hindari di dalam keuangan. Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak memiliki anggaran keuangan

anggaran bulanan
Anggaran bulanan

Anggaran keuangan merupakan dasar untuk mengatur setiap pengeluaran dan pemasukan di dalam keuangan. Anggaran yang tepat akan memungkinkan kamu mengelola keuangan dengan ketat dan memenuhi semua kebutuhanmu dengan baik. Namun jika kamu tidak memiliki anggaran keuangan yang seperti ini, maka bagaimana kamu bisa mengatur keuangan dengan baik?

Hindari kesalahan fatal dalam keuangan, hanya karena kamu tidak pernah membuat anggaran keuangan ini sama sekali. Jumlah pengeluaran haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan juga penghasilan setiap bulannya. Hal ini bisa kamu atur di dalam anggaran keuangan, di mana kamu memprioritaskan seluruh kebutuhan pokok terlebih dahulu, lalu memangkas berbagai pengeluaran yang bersifat tidak begitu penting. 

Anggaran yang seimbang akan memungkinkan kamu memenuhi semua kebutuhan dengan baik, termasuk kebutuhan tabungan dan juga investasi di dalam keuangan.

Baca Juga: Agar Finansial Baik dan Aman, Terapkan 5 Prinsip Mengelola Keuangan ini!

2. Belanja barang yang tidak dibutuhkan

Diskon selalu menjadi godaan terbesar ketika berbelanja. Ini berlaku untuk semua pembelanjaan, baik itu pembelanjaan konvensional maupun online. membeli barang diskon memang akan terlihat menguntungkan, sebab kamu bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih murah. 

Namun hal ini tidak selalu benar-benar memberikan manfaat, apalagi jika membeli barang diskon yang tidak benar-benar dibutuhkan. Pembelanjaan yang seperti ini justru akan menjadi pemborosan di dalam keuangan.

Berhentilah membeli barang yang tidak penting, bahkan meski harganya sangat murah. Jika kamu termasuk orang yang mudah tergoda ketika berbelanja, maka biasakan untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. 

Gunakan dan patuhi daftar belanja ini dengan baik, sehingga kamu tidak membeli berbagai barang yang tidak perlu. Selain menghemat uang, mengurangi pembelanjaan seperti ini juga akan menghemat ruang penyimpanan di rumah kamu.

3. Tergoda produk elektronik baru

gadget
Elektronik baru

Perkembangan teknologi digital akan membawa kamu bertemu dengan berbagai produk terbaru dengan cepat. Ada banyak produk elektronik yang canggih dan menarik untuk dibeli, apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki minat terhadap bidang yang satu ini. 

Di luar sana, berbagai brand ternama akan dengan rajin mengeluarkan produk terkini untuk pelanggan sepertimu. Namun jika kamu ingin berhemat, maka hindari godaan berbagai produk elektronik yang baru ini. 

Jangan membeli berbagai barang yang baru, apalagi yang tidak begitu mendesak sama sekali. Kamu akan bisa menyimpan lebih banyak uang, mengingat harga produk elektronik terbaru di pasaran juga terbilang mahal. 

4. Terlalu sering membeli kuota internet 

Internet memang sudah menjadi kebutuhan tersendiri, kamu tentu memiliki budget khusus untuk kebutuhan yang satu ini. Namun jika terlalu sering mengisi kuota, maka pengeluaran kamu bisa saja membengkak. 

Alokasikan dana yang tepat untuk kebutuhan ini dan aturlah penggunaan internet kamu dengan baik. Upayakan agar kamu dapat mengisi kuota sekali sebulan saja, sehingga kamu tidak membutuhkan banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini. 

Baca Juga: Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat

5. Malas menabung

nabung
Menabung

Tabungan selalu menjadi poin penting yang akan membuat keuangan menjadi lebih kuat. Jika kamu tidak pernah menabung, maka bisa dipastikan seluruh uang selalu habis setiap bulannya, atau bahkan mengalami kurang. 

Dengan adanya tabungan akan membantu kamu memperketat pengeluaran dan sekaligus menyiapkan dana cadangan, jika sewaktu-waktu kondisi keuangan memburuk. Mulailah mengalokasikan sejumlah uang mulai 10%-15% secara rutin sebagai dana tabungan.

Tinggalkan Kebiasaan Boros

Memiliki kondisi keuangan yang baik dan stabil bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Biasakan untuk disiplin dan mengatur pengeluaran dengan ketat, agar kamu bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya. Hal ini akan memungkinkan kamu memenuhi semua kebutuhan dengan baik, termasuk meninggalkan berbagai kebiasaan boros yang beresiko menimbulkan masalah di dalam keuangan. 

Baca Juga: Apakah Keuangan Anda Sehat? Cek di Sini