Diandalkan untuk Atasi Perut Kembung Pada Bayi, Ketahui Manfaat Hingga Harga Telon Lang

Perut kembung menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi. Hal ini dikarenakan di usia mereka yang masih sangat muda, sehingga saluran cerna belum bisa bekerja secara maksimal. 

Normalnya, di dalam saluran cerna terdapat udara atau gas yang umumnya dikeluarkan dengan cara sendawa atau kentut. Tetapi karena kerja sistem pencernaan bayi belum optimal, mereka kesulitan untuk mengeluarkannya. Ini yang pada akhirnya membuat gas terjebak di perut hingga berakibat kembung.

Tanda-tanda perut kembung ini biasanya ditunjukkan bayi dengan cara mengangkat kedua kaki ke dada atau menendang. Selain itu, bayi jadi sering melengkungkan punggung ke belakang dan menggeliat. Perutnya pun terasa sedikit keras saat dipegang.

Ketika mengalami kembung, bayi jadi lebih rewel, gelisah, hingga kerap menangis tanpa alasan. Bayi yang rewel ini bisa membuat sang ibu jadi gelisah hingga bisa memicu stres.

Karena itu, penting untuk segera mencari solusi jika bayi kamu mengalami kembung. Salah satunya adalah dengan melakukan pemijatan perut dengan menggunakan minyak Telon Lang.

Telon Lang merupakan minyak telon yang telah dipercaya selama bertahun-tahun untuk membantu mengatasi perut kembung pada bayi. Produk ini hadir dengan berbagai kandungan bahan aktif yang juga berkhasiat untuk menghangatkan bayi.

Baca Juga: Agar Keuangan Lebih Siap, Apa Saja Sih Biaya Membesarkan Anak yang Penting Diketahui?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Mengenal Telon Lang Lebih Dekat

loader

Ilustrasi Bayi Tertidur Setelah Dioleskan Telon Lang

Telon Lang merupakan produk yang tergolong dalam obat bebas. Artinya, produk ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotek tanpa harus membawa resep dokter. Bahkan di warung kelontong pun, kamu juga bisa membeli Telon Lang.

Produk ini masuk dalam kategori obat herbal sehingga cukup aman untuk digunakan pada bayi. Meskipun dikenal sebagai produk untuk bayi, Telon Lang sebenarnya juga bisa digunakan oleh orang dewasa.

Di pasaran, Telon Lang dihadirkan dengan banyak pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong. Misalnya untuk stok di rumah, bisa membeli yang berukuran 100 ml. Sementara untuk bekal bepergian, bisa membawa Telon Lang berukuran 15 ml yang lebih praktis.

Manfaat Telon Lang untuk Tubuh

Khasiat yang paling dikenal dari Telon Lang adalah untuk menjaga agar tubuh bayi tetap hangat. Selain itu, produk ini juga berguna untuk membantu mengatasi masuk angin dan perut kembung. 

Jika kamu takut bentol-bentol karena gigitan nyamuk, mengoleskan Telon Lang ke kulit juga akan membantu melindungi mereka. Produk ini juga bisa menjadi minyak yang digunakan untuk memijat bayi.

Dalam setiap tetesnya, Telon Lang mengandung minyak kelapa (Oleum Cocos), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi) dan minyak adas manis (Oleum Anisi). Ketiga minyak ini sudah dikenal luas memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Misalnya minyak kelapa ini bisa menjadi pelembab alami untuk kulit bayi. Jadi ketika kulit bayi kering, mengoleskan minyak kelapa akan membuatnya jadi lebih lembab. Itulah mengapa penggunaan Telon Lang tidak hanya menghangatkan tetapi sekaligus melembabkan kulit bayi.

Sementara itu, minyak kayu putih juga mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Minyak yang berasal dari pohon eucalyptus ini dapat membantu melegakan pernapasan. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara menghirup uapnya.

Minyak kayu putih juga ampuh untuk mencegah serangga menggigit. Cukup dengan mengoleskannya ke kulit, maka serangga seperti nyamuk pembawa penyakit jadi enggan mendekat. Bayi pun jadi tidur lebih nyenyak. Manfaat lain dari minyak kayu putih adalah sebagai pereda batuk. Kamu cukup mengoleskannya ke area tenggorokan dan dada untuk bisa merasakan manfaat ini.

Dua Varian Telon Lang

Produk ini di pasaran hanya ada dua varian. Meskipun variannya hanya ada dua, tetapi ukuran yang disediakan cukup banyak, mulai dari 15 ml hingga 100 ml.

  1. Telon Lang Plus

    Produk ini hadir dengan kandungan utama berupa minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak adas manis, minyak zaitun, minyak cahamomile, dan minyak sereh. 

    Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu mengoleskan Telon Lang secukupnya di bagian telapak kaki, perut dan data setiap habis mandi. Produk ini bisa digunakan setiap hari, khususnya saat udara dingin atau setelah mandi.

  2. Telon Lang Original

    Varian ini hadir dengan tiga kandungan bahan utama berupa minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas manis. Cara pakainya cukup dengan mengoleskan Telon Lang secukupnya di bagian telapak kaki, perut dan data setiap habis mandi. Produk ini bisa digunakan setiap hari, khususnya saat udara dingin atau setelah mandi.

Efek Samping Penggunaan Telon Lang

Secara umum, penggunaan Telon Lang pada bayi sangat jarang menyebabkan efek samping. Tetapi pada jenis kulit yang sangat sensitif dengan kandungan bahan dari Telon Lang, bisa saja muncul reaksi yang tidak diinginkan.

Misalnya saja terjadi pembengkakan, kemerahan, gatal, atau ruam pada kulit hingga mengalami gangguan napas. Jika gejala ini mulai muncul, berhenti menggunakan produk ini dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Harga Telon Lang Masih Terjangkau

Jika berbicara soal harga, minyak Telon Lang ini memiliki kisaran yang cukup luas. Hal ini wajar mengingat di pasaran, Telon Lang hadir dalam berbagai ukuran. 

Jadi misalnya kamu ingin membeli Telon Lang tetapi sedang tidak banyak uang, bisa memilih varian dengan ukuran 15 ml yang hanya dibanderol sekitar Rp6 ribuan saja. Atau bisa juga memilih ukuran 25 ml yang dihargai Rp12 ribuan. Ukuran terbesar 100 ml untuk Telon Lang dan Telon Lang Plus dibanderol Rp32 ribuan.

Baca Juga: Berapa Besar Biaya untuk Mengasuh Anak? Ini Perhitungannya

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memakai Telon Lang

Sebagai obat oles, penggunaan Telon Lang sebenarnya cukup aman. Meski begitu, bukan berarti jika kamu bisa menggunakannya tanpa aturan. Selalu baca petunjuk penggunaan yang tertulis di kemasan.

Selain itu, kamu juga harus memahami tentang kondisi kulit bayi. Pastikan jika bayi kamu tidak alergi dengan bahan yang terkandung pada Telon Lang.

Berkonsultasilah dengan dokter seandainya buah hati atau kamu sedang mengalami asma. Begitu juga jika si kecil mempunyai masalah pada kulit seperti ruam popok atau eksim. Jika muncul gejala alergi setelah memakai produk ini, segera kunjungi pusat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan bantuan.

Produk ini umumnya cukup aman untuk digunakan oleh ibu hamil maupun menyusui. Namun jika kamu merasa tidak yakin, bisa berkonsultasi lebih dahulu ke dokter sebelum memakai produk ini.

Penggunaan Telon Lang sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya dengan rata pada bagian kaki, lengan, pinggang, punggung, dada, dan perut bayi. Penggunaannya bisa dilakukan setelah mandi atau kapan pun jika dibutuhkan seperti saat perut kembung, udara dingin, dan terhindar dari gigitan nyamuk. 

Kemudian jika ingin menggunakan Telon Lang untuk mengatasi perut kembung, gunakan produk ini sebagai minyak pijat. Oleskan Telon Lang secukupnya di bagian perut kemudian beri pijatan lembut. Cara memijat agar udara di dalam perut keluar pun tidak bisa sembarangan. Kamu harus memijat dengan gerakan “I Love U”, pijatan yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan

Dalam proses pemijatannya, kamu perlu melakukan gerakan seperti membentuk huruf I, L dan U. Metode pijat ini bisa digunakan untuk bayi usia 0 sampai 1 tahun dan dilakukan setelah menyusu atau selesai mandi.  Jangan lupa untuk menyimpan Telon Lang di tempat aman yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Pastikan juga tutupnya menutup dengan rapat agar isinya tidak tumpah. Simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Hadir dengan Banyak Ukuran, Telon Lang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan

Telon Lang hadir sebagai obat oles untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Manfaat dari produk ini pun sangat banyak, mulai dari untuk mengatasi masuk angin hingga perut kembung. Bahkan produk yang masuk ke dalam kategori obat herbal ini juga mampu mengusir nyamuk.

Kelebihan dari Telon Lang adalah hadir dengan ukuran yang sangat beragam. Kamu bisa menemukannya di pasaran dengan ukuran mulai dari 15 ml, 25 ml, 30 ml, 60 ml, hingga 100 ml. Banyaknya pilihan ini tentu membuat para ibu bisa lebih mudah untuk membeli sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Childfree serta Efeknya dalam Kesehatan dan Finansial