Terbukti dan Teruji, Inilah Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Susu banyak dikenal sebagai jenis makanan yang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, masyarakat mengonsumsi produk susu sapi ataupun susu kedelai. Namun, tahukah Anda jika ada produk susu lainnya yang memberikan manfaat kesehatan tak kalah hebatnya dari kedua jenis susu tersebut?

Ya, jenis tersebut adalah susu almond. Dibandingkan dengan susu sapi maupun kedelai, susu almond ini memang masih redup popularitasnya. Meski begitu, jangan remehkan khasiat menyehatkan yang bisa didapatkan saat rutin mengonsumsinya.

Terutama bagi Anda yang mempunyai alergi dairy product atau susu kedelai, mengonsumsi susu almond ini tentu dapat menjadi alternatif terbaik untuk dipilih. Kalau dilihat dari kandungan nutrisinya, susu almond dan sapi memang menyimpan zat gizi yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama memberikan manfaat yang positif bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Bahkan, manfaat susu almond untuk ibu menyusui adalah meningkatkan produksi ASI atau bertindak sebagai booster ASI. Tentunya, manfaat susu almond bagi kesehatan ini masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu, Ini Keunggulan dan Manfaat Susu Organik untuk Anak Tercinta

10 Manfaat Susu Almond

manfaat susu almond

Susu Almond

  1. Cocok Dikonsumsi untuk Jaga Berat Badan

    Manfaat susu almond yang pertama adalah baik dikonsumsi bagi Anda yang mengharapkan berat badan yang ideal. Pasalnya, susu almond tergolong mengandung kalori dengan jumlah lebih rendah ketimbang susu sapi. Dalam segelas susu almond dengan ukuran 240ml, kandungan kalorinya hanya berkisar 30 hingga 50 kalori saja. 

    Hal ini menguak fakta bahwa susu ini cocok dikonsumsi saat menjalani diet dan pantang mengonsumsi susu sapi. Jadi, dengan menjadikan susu ini sebagai konsumsi rutin, Anda mampu mendapatkan manfaat berupa berat badan yang terjaga serta mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh meski sedang melakukan program diet. 

  2. Menurunkan Risiko Diabetes

    Tak hanya rendah kalori, susu almond pun memiliki kandungan gula yang terbilang rendah. Dengan kandungan gula yang rendah tersebut membuatnya dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, tanpa takut kadar gula darahnya meningkat.

    Bahkan, mengonsumsi jenis susu ini juga dapat memberikan Anda manfaat agar terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes.

  3. Kandungan Antioksidan Tinggi dan Bagus untuk Kulit

    Kebanyakan dari Anda pasti memahami betapa pentingnya zat antioksidan bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari antioksidan bagi tubuh adalah menyehatkan kulit. Saat mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, tubuh akan lebih mampu untuk mengatasi radikal bebas maupun membuang racun yang mengendap dalam tubuh. 

    Ketika radikal bebas dan racun dalam tubuh dapat dikontrol dan diatasi, kulit akan tampak lebih sehat dan terawat. Selain itu, radikal bebas juga tidak akan merusak sel mati dalam tubuh dan bermutasi menjadi sel tumor penyebab kanker. 

  4. Turut Menjaga Tulang agar Tetap Sehat

    Dalam susu almond, sekitar 20 hingga 45 persen kandungannya adalah kalsium. Dalam kata lain, mengonsumsi susu almond secara otomatis mampu memberikan manfaat berupa menjaga tulang agar tetap sehat.

    Kalsium sendiri sudah lama dikenal sebagai nutrisi yang berguna untuk menguatkan serta memadatkan tulang. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium juga dapat menghindarkan Anda dari risiko patah tulang, maupun penyakit tulang lainnya. Seperti osteoporosis.

    Bagi Anda yang memiliki buah hati dalam usia pertumbuhan, memberikan susu almond secara rutin juga dapat menjadi sarana untuk mencukupi kebutuhan kalsium hariannya. Dengan begitu, proses pertumbuhan tubuhnya tidak akan sampai terganggu dan dapat berlangsung dengan lebih optimal. 

  5. Mampu Menyehatkan Jantung

    Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Jika organ tersebut mengalami masalah kesehatan, sudah tentu nyawa penderitanya akan berada di ujung tanduk. Nah, agar kesehatan jantung terjamin, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi susu ini.

  6. Tanpa Kandungan Laktosa yang Mampu Memicu Alergi

    Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian orang mungkin akan mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi susu sapi karena kandungan laktosa di dalamnya. Reaksi alergi yang ditimbulkan pun beragam. Mulai dari sakit perut, kembung, hingga mual dan muntah. Hal ini menjadikan penderitanya tak bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting yang terkandung dalam produk susu tersebut. 

    Sebagai alternatif, Anda mungkin dapat menggantinya dengan susu almond. Produk susu dari kacang ini sama sekali tak mengandung laktosa yang mampu menimbulkan reaksi alergi. Sehingga, susu ini jauh lebih aman dikonsumsi bagi penderita alergi laktosa. 

  7. Alternatif bagi Penderita Penyakit Ginjal

    Sama halnya dengan penderita alergi laktosa, orang yang mengidap penyakit ginjal parah atau kronis juga seringkali dianjurkan untuk tak mengonsumsi produk susu sapi. Alasannya karena kandungan fosfor dan kalium yang terlampau tinggi di dalamnya. 

    Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi susu ini. Sebab, dibandingkan dengan produk susu lainnya, susu almond mengandung kadar fosfor dan kalium yang lebih rendah namun tetap memberikan nutrisi penting lainnya bagi tubuh. 

  8. Pencegah Kanker Alami

    Telah disebutkan sebelumnya jika susu almond memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan penting dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga tak sampai menyebabkan mutasi pada sel dan memicu munculnya tumor atau sel kanker.

    Hal ini didukung pula oleh sejumlah kajian serta penelitian tentang manfaat susu almond. Rutin mengonsumsi susu almond dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker, khususnya kanker prostat dan juga kanker payudara. Dengan begitu, kondisi penderita dari kedua jenis kanker tersebut lebih mudah untuk dikontrol dan tak berkembang semakin parah. 

  9. Ampuh Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

    Kemampuan tubuh dalam menangkal berbagai macam ancaman penyakit tergantung dari kuat tidaknya sistem imunitas tubuh. Jika sistem imun tubuh melemah, sudah pasti virus dan bakteri akan lebih mudah berkembang dan menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

    Salah satunya adalah susu almond. Dalam susu almond, terdapat kandungan mineral dan vitamin yang mampu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imunitas. Jadi, bagi Anda yang merasa gampang terserang penyakit, cara mengatasinya mungkin bisa dengan mengonsumsi susu ini karena mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  10. Pilihan Sempurna bagi Ibu Hamil

    Susu almond juga dapat menjadi pilihan sempurna bagi ibu hamil yang tidak menyukai susu sapi maupun rasa dari susu khusus untuk ibu hamil. Jika dilihat dari kandungannya, susu almond dan susu sapi memang menyimpan nutrisi dan zat gizi yang berbeda. Meski begitu, saat dikonsumsi secara rutin, susu almond tetap mampu memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk ibu hamil. 

    Beragam nutrisi yang terkandung dalam susu almond, seperti, kalsium, protein, vitamin E, fosfor, magnesium, serta tembaga, membuat jenis susu ini banyak direkomendasikan oleh pakar untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi jenis susu ini, nutrisi yang terkandung dalam ASI akan meningkat, sekaligus dapat berperan sebagai booster ASI.

    Tak hanya itu, susu almond juga dipercaya ampuh menjaga jantung dan otak bayi agar tetap sehat dan lebih berkembang karena mengandung omega-3 yang melimpah. Tak kalah penting, asam folatnya juga mampu mencegah bayi untuk terlahir cacat. Baik secara fisik maupun mental. Bahkan, mengonsumsi produk susu ini dapat membantu mencerahkan kulit yang menghitam akibat perubahan hormon pasca melahirkan. 

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Sehat, Susu Beruang Juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Jangan Mau Ketinggalan Merasakan Manfaat Susu Almond

Siapa yang menyangka susu almond yang selama ini umumnya dikenal sebagai asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ternyata menyimpan manfaat menyehatkan lainnya yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Selain itu, bagi Anda yang tak bisa mengonsumsi susu sapi karena alergi, susu ini dapat menjadi alternatifnya. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan nutrisi penting dalam produk susu demi menjaga kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Jangan cuma Susu, 6 Asupan Bergizi ini Juga Harus Dikonsumsi Ibu Hamil