Ternyata Ada Banyak Sekali Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Lho!

Berasal dari India, kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur atau penyedap makanan. Memiliki cita rasa sedikit pedas, kapulaga tentu andal dalam meningkatkan nafsu makan siapa saja yang mencicipinya. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis kapulaga cukup banyak dijadikan sebagai campuran makanan, yaitu kapulaga India dan kapulaga Jawa.

Meski begitu, kapulaga juga tidak jarang dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional. Beberapa masalah kesehatan yang dipercaya dapat disembuhkan adalah sariawan dan gangguan pencernaan. Beberapa kelompok masyarakat juga percaya jika rempah ini berkhasiat untuk mengatasi depresi.

Jika ditelisik dari nutrisi yang dikandungnya, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat kapulaga. Memiliki kalori serta lemak yang rendah juga meyakinkan jika rempah ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Mengetahui fakta tersebut, sudah dapat dipastikan jika kapulaga tidak hanya dapat dijadikan sebagai penyedap makanan saja. Namun, juga sebagai cara alternatif untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, daripada penasaran, berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Kebenaran Tentang Manfaat Bawang Putih Sebagai Penyembuh Virus Corona

10 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

loader

  1. Menjadikan Kulit Lebih Sehat dan Nampak Awet Muda

    Kapulaga memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Beragam nutrisi yang terkandung meliputi antioksidan, vitamin, dan juga minyak atsiri. Ketiga kandungan tersebut diketahui mampu menghambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, mencegah pembentukan keriput, serta memperlambat terjadinya penuaan dini. 

    Kandungan antioksidan pada kapulaga juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, terdapat kandungan senyawa antiseptik dan antibakteri yang dimiliki oleh kapulaga. Kandungan tersebut tentu sangat signifikan dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat maupun bisul. 

    Kedua masalah kulit tersebut tentu dapat menjadi momok tersendiri bagi seseorang karena dapat menurunkan rasa percaya diri serta mengganggu untuk beraktivitas. Belum lagi bisul juga dapat terjadi kepada siapa saja, tak peduli kalangan dan juga umur. Oleh karena itu, agar tidak lagi ada rasa khawatir untuk mengalami masalah kesehatan tersebut, mengonsumsi kapulaga bisa menjadi salah satu caranya. 

  2. Sebagai Aromaterapi untuk Pengobatan Masalah Pernapasan

    Kapulaga adalah salah satu jenis rempah-rempah yang dikenal sebagai sumber minyak atsiri. Berdasarkan hasil temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di India, minyak atsiri yang terkandung dalam kapulaga bersifat efektif dalam meningkatkan serta melancarkan sirkulasi darah.

    Khasiat tersebut ternyata sudah lama dikenal oleh para praktisi pengobatan tradisional dengan memanfaatkan kapulaga sebagai aromaterapi. Hasilnya, aromaterapi tersebut ampuh dalam mengobati masalah pernapasan, seperti asma dan juga bronkitis. Rahasianya adalah dengan meningkatkan sirkulasi darah yang menuju ke organ paru-paru. 

  3. Mengatasi Berbagai Masalah Mulut

    Kesehatan mulut kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, jika tidak dijaga kebersihannya, mulut dapat menjadi sumber bakteri dan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. 

    Tidak hanya penyakit mulut, bakteri pada gigi yang berlubang dapat merambat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi serta masalah kesehatan kronis. Karena alasan itulah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut menjadi suatu hal yang amat penting untuk dilakukan. 

    Dengan memanfaatkan kapulaga, masalah kesehatan tersebut dapat diminimalisir. Kapulaga telah lama dijadikan sebagai obat tradisional guna mengatasi mulut bau. Selain itu, rempah-rempah tersebut juga mampu melawan bakteri mulut penyebab gigi berlubang dan sariawan.

  4. Mampu Memperlancar Sistem Pencernaan

    Serat merupakan salah satu kandungan utama yang terkandung dalam kapulaga. Seperti yang sudah banyak diketahui, serat memiliki peran penting dalam menjamin kesehatan sistem pencernaan. Dalam satu sendok rempah tersebut, terdapat setidaknya 2 gr serat yang terkandung di dalamnya. 

    Dengan mendapatkan cukup serat, tubuh akan lebih jarang merasa sembelit atau susah buang air besar. Di sisi lain, kapulaga juga dapat memberikan manfaat lagi bagi sistem pencernaan, seperti mengontrol kadar asam lambung dan empedu, menyembuhkan sakit perut, serta menambah nafsu makan. 

  5. Menyehatkan Ginjal

    Masih seputar bagian perut, kapulaga juga dapat menjadi cara alami untuk membuat ginjal menjadi lebih sehat. Pasalnya, kapulaga bersifat diuretik dan mampu membuat buang air kecil menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kotoran yang tersimpan dalam tubuh dapat lebih mudah dikeluarkan dan tidak mengendap. 

    Tidak hanya itu, salah satu jenis rempah ini juga dipercaya mampu mencegah munculnya sistitis atau infeksi pada saluran kemih. Nefritis atau peradangan ginjal juga dapat dicegah dengan mengonsumsinya. Jadi, kesehatan ginjal dapat terjaga dan tubuh tetap lancar menjalankan sistem ekskresinya.  

  6. Merupakan Penurun Tekanan Darah Tinggi

    Manfaat untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi dari kapulaga ini diketahui berdasarkan sebuah penelitian pada 20 orang dewasa yang menderita hipertensi. Dalam studi tersebut, para penderita hipertensi diberi bubuk kapulaga sebanyak 3 gram setiap harinya. 

    Dalam kurun waktu 12 minggu, diketahui jika tekanan darah dari para penderita hipertensi tersebut dapat turun dengan cukup signifikan, bahkan pada angka normal. Hasil temuan tersebut diketahui karena kapulaga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu menjadi cara alami untuk mengatasi hipertensi. 

  7. Mencegah Tubuh Terserang Penyakit Kronis

    Jika dibiarkan terlalu lama, peradangan dapat menjadi penyebab munculnya penyakit kronis dalam tubuh. Kapulaga yang memiliki sifat anti inflamasi mampu mencegah terjadinya peradangan tersebut dan mengecilkan risiko terjadinya masalah kesehatan yang berbahaya. Seperti kanker, aterosklerosis, hipertensi, serta diabetes mellitus.

    Di samping itu, kandungan antioksidannya juga diketahui berkhasiat dalam menjaga sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi, dengan mengonsumsi kapulaga, tubuh akan terhindar dari ancaman penyakit akibat peradangan dan serangan radikal bebas. 

  8. Memiliki Efek Antibakteri untuk Mengobati Infeksi

    Bersifat antibakteri, kapulaga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan infeksi. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan ekstrak kapulaga serta minyak atsiri memiliki kandungan senyata yang mampu melawan berbagai jenis bakteri.

    Meski begitu, manfaat kapulaga yang satu ini masih memerlukan penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikan kebenarannya. Dengan begitu, dapat diketahui apakah sifat antibakteri ini memang aman untuk digunakan pada manusia ataukah ada efek samping lain yang perlu diperhatikan. 

  9. Menurunkan Risiko Kanker

    Peran kapulaga dalam melawan sel kanker didapatkan dari kandungan fitokimia alaminya. Kandungan tersebut menjadikan kapulaga memiliki sifat anti kanker dan dapat mengurangi risiko munculnya kanker pada manusia. Di sisi lain, antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pemicu sel kanker juga dimiliki oleh kapulaga.

    Manfaat ini juga diperkuat dengan studi yang membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen kapulaga selama 15 hari mampu mengurangi ukuran sel kanker pada kulit. Oleh karena itu, agar tubuh terhindar dari risiko munculnya sel kanker, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai penyedap makanan.

  10. Andal Menjaga Kesehatan Jantung

    Pada studi yang dilakukan pada hewan, kapulaga diketahui mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena kapulaga mengandung antioksidan yang aktif sehingga dapat membantu jantung menjalankan fungsinya dengan lebih baik. 

    Dalam studi yang sama juga ditemukan jika rempah ini mampu menekan kadar trigliserida dan kolesterol menjadi lebih rendah. Namun, manfaat kapulaga ini masih perlu dikaji lebih lanjut untuk memastikan dampaknya pada manusia. 

Baca Juga: Hindari Stress yang Bisa Ganggu Kesehatan dengan 5 Pola Makan Ini

Konsumsi Secukupnya dan Dapatkan Manfaat Kapulaga Secara Optimal

Kapulaga yang selama ini banyak digunakan sebagai bumbu dapur ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan. Bahkan kapulaga mampu menjadi pencegah dan obat untuk berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, kebenaran dari manfaat kapulaga tersebut masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Pasalnya, penelitian pada khasiat kapulaga tersebut beberapa baru dilakukan pada hewan. Jadi, dampaknya pada manusia belum 100 persen diketahui secara pasti. 

Baca Juga: Rapid Test dan Swab Test untuk Diagnosa Virus Corona, Apa Sih Perbedaannya?