Tertarik jadi Product Marketing Manager? Ini tugas dan skill yang dibutuhkan

Pemasaran selalu menjadi hal yang sangat penting di dalam aktivitas perusahaan. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis, baik itu yang berskala kecil ataupun bisnis yang sudah dalam skala besar.

Pemasaran yang sukses tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi perusahaan, sehingga target perusahaan bisa dicapai dengan baik. Jenjang karir yang terbilang cepat merupakan pertimbangan sebagian orang untuk terjun ke dunia marketing.

Product Marketing Manager merupakan salah satu posisi penting di dalam perusahaan. Sosok inilah yang akan menangani berbagai permasalahan pemasaran produk, termasuk untuk membantu perusahaan mencapai target penjualan yang maksimal.

Semakin tinggi target penjualan yang bisa dicapai oleh perusahaan, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam bisnis tentu akan semakin besar. Hal ini merupakan tujuan utama dalam aktivitas pemasaran, sehingga kinerja seorang Product Marketing Manager akan sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tugas Product Marketing Manager

product marketing manager

Meski berada di bidang pemasaran produk, seorang Product Marketing Manager akan menangani berbagai tugas yang terbilang kompleks. Pada dasarnya posisi ini tidak hanya sekedar mengurus peluncuran dan pemasaran produk ke pasaran saja. Seorang Product Marketing Manager juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk menganalisa pasar dan memahami kebutuhan calon konsumen yang terdapat di dalam pasar itu sendiri.

Saat menjalankan tugasnya, Product Marketing Manager harus melakukan serangkaian riset pasar terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi pasar yang dituju, termasuk tingkat persaingan yang akan dihadapi produk tersebut nantinya.

Product Marketing Manager harus dapat memahami kebutuhan konsumen secara detail, termasuk berbagai hal yang bisa menjadi kendala dalam aktifitas pemasaran produk.

Riset ini biasanya dilakukan dengan berbagai metode, tergantung pada kebutuhan dan kondisi pasar yang dituju. Melalui analisa pasar, Product Marketing Manager akan melakukan penyesuaian terhadap produk, sehingga kelak produk tersebut benar-benar bisa menjadi solusi untuk kebutuhan konsumen.

Hal inilah yang akan membantu terciptanya angka penjualan yang maksimal di dalam pemasaran, termasuk hubungan baik dan loyalitas yang tinggi dari para konsumen di masa yang akan datang.

Baca Juga: Motivasi Kerja Hilang di Awal Tahun Baru? Cas Lagi dengan 6 Cara Ini

Skill yang Diperlukan Seorang Product Marketing Manager

skill

Jika melihat tugasnya yang cukup berat, wajar saja jika seorang Product Marketing Manager harus memiliki beberapa skill yang berbeda sekaligus. Berbagai skill inilah yang akan membantu dan mendukung tercapainya target pemasaran yang maksimal di dalam perusahaan. 

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang Product Marketing Manager: 

1. Marketing expert

Sesuai dengan jabatannya, seorang Product Marketing Manager wajib menguasai berbagai teknik pemasaran sekaligus. Hal ini akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah meyakinkan calon konsumen dalam melakukan pembelian produk. Skill ini merupakan skill dasar yang akan membantu Product Marketing Manager mencapai target penjualan yang sudah ditentukan sejak awal.

Bukan hanya itu saja, kemampuan dalam membuat outline serta detail produk juga akan sangat diperlukan. Semua ini akan membuat calon konsumen bisa diyakinkan dengan lebih mudah, sehingga aktivitas pemasaran bisa berjalan dengan menjadi lebih mudah dan lancar. Penyampaian yang tepat akan membuat calon konsumen lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli.

2. Market strategy expert

Di dalam menjalankan tugasnya, Product Marketing Manager juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun strategi pemasaran itu sendiri. Hal ini tentu harus didasari dengan pemahaman yang baik dalam berbagai strategi pemasaran terlebih dahulu, mengingat pasar yang dituju juga bisa saja beragam. 

Untuk menemukan strategi yang paling tepat, perlu dilakukan berbagai riset terlebih dahulu. Analisa pasar ini harus dilakukan secara detail, termasuk dengan melihat kebutuhan dan berbagai permasalahan yang dihadapi calon konsumen.

Hal ini akan memungkinkan Product Marketing Manager menyesuaikan dan menyusun strategi yang paling tepat, sehingga target penjualan kelak bisa dicapai dengan maksimal. 

3. Sales

Seorang Product Marketing Manager juga harus bisa menjadi sales yang profesional. Kemampuan menjual akan sangat dibutuhkan dalam posisi yang satu ini, mengingat tujuan utama pemasaran adalah untuk mendapatkan angka penjualan yang paling maksimal di dalam perusahaan.

Aktivitas ini tidak hanya berkutat pada proses penjualan itu saja, namun juga melingkupi pemilihan sistem yang tepat sejak awal. Product Marketing Manager harus mampu memperbaiki dan meningkatkan berbagai poin yang berpengaruh dalam penjualan, sehingga aktivitas penjualan bisa berjalan lancar dan mencapai target sesuai dengan yang diharapkan.

Kesuksesan pemasaran inilah yang kelak akan mendatangkan keuntungan yang maksimal di dalam perusahaan.

Baca Juga: 7 Tips Melatih Mindfulness Saat Bekerja untuk Hindari Stres

Kuasai skill dan jadilah Product Marketing Manager yang Sukses

Bagi kamu yang tertarik menekuni bidang marketing, menjadi Product Marketing Manager tentu bisa menjadi pertimbangan. Ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi di dalam pekerjaan yang satu ini, jadi persiapkan dirimu sejak awal. Pelajari dan kuasai semua skill yang dibutuhkan di bidang ini, agar kamu bisa menjadi seorang Product Marketing Manager yang sukses dengan pencapaian maksimal.

Baca Juga: Sering Dialami Pekerja, Kenali Tanda-tanda Hingga Cara Atasi Burnout