Mengenal Pengertian Testimoni, Manfaat, serta Tips Mendapatkannya dengan Mudah dan Akurat

Tidak dapat dipungkiri jika aktivitas pemasaran atau marketing secara online penting untuk dilakukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan. Melalui aktivitas tersebut, sebuah perusahaan mampu mengenalkan bisnisnya ke khalayak umum dan meningkatkan peluangnya untuk mendapatkan pelanggan. 

Namun, tidak berhenti pada terciptanya penjualan, perusahaan juga perlu mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap transaksi yang telah dilakukannya tersebut. Tanggapan tersebut bisa berupa kesaksian pelanggan apakah sudah merasa puas atau tidak saat membeli suatu produk. Secara umum, tanggapan konsumen terhadap pembelian produk yang ditawarkan oleh sebuah bisnis atau perusahaan ini dikenal dengan istilah testimoni.

Kebanyakan dari kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah tersebut, bukan? Akan tetapi, mungkin masih beberapa saja yang memahami betul maksud istilah testimoni serta beragam manfaatnya dalam aktivitas marketing bisnis. Nah, agar lebih memahami apa itu testimoni, sederet manfaat, dan tips mendapatkannya dengan mudah juga akurat, simak penjelasan yang telah Cermati rangkum berikut ini.  

Baca juga: 6 Tips Meyakinkan Calon Pembeli, Dijamin Jualannya Laris

Pengertian Testimoni 

loader

Testimoni

Pada sebuah aktivitas promosi atau pemasaran, yang dimaksud dengan testimoni adalah sebuah bentuk kesaksian atau ulasan yang diberikan oleh pihak konsumen terkait kepuasan atau kekecewaannya atas sebuah produk ataupun jasa yang telah dibelinya. Dengan kata lain, testimoni dapat diartikan sebagai bentuk pesan atau pernyataan dari pihak pelanggan terkait pelayanan atau kualitas produk, baik jasa atau barang, yang telah mereka gunakan atau beli.

Contoh sederhananya adalah saat seseorang berniat untuk membeli sebuah produk kosmetik di sebuah marketplace atau toko online. Selama melakukan proses transaksi, mulai dari komunikasi dengan pihak penjual, pembayaran, hingga barang sampai di tangan konsumen, seluruh proses tersebut berjalan lancar tanpa gangguan. Terlebih lagi, pihak konsumen ternyata merasa puas dengan manfaat yang diberikan oleh produk konsumen tersebut.

Nah, selang beberapa waktu kemudian, pihak konsumen mengirimkan pesan kepada pihak penjual dan membagikan pengalamannya saat menggunakan produk kosmetik yang dibelinya. Pesan yang dikirimkan oleh pelanggan terhadap produk atau layanan yang dibelinya inilah yang disebut dengan testimoni, baik itu yang sifatnya negatif ataupun positif. 

5 Manfaat Testimoni pada Kelangsungan Bisnis

loader

Bintang Testimoni

Sebelum membeli produk atau mencoba jasa yang belum pernah digunakan, kebanyakan orang pasti akan bersikap ragu terhadap kualitasnya. Khususnya terhadap jenis produk yang bisa memengaruhi kehidupan dan berisiko menimbulkan masalah saat salah memilih produk, seperti produk kesehatan, makanan, produk kecantikan, dan lain sebagainya. 

Setiap pebisnis ulung pasti menyadari akan hal tersebut dan berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menunjukkan testimoni konsumen saat melakukan promosi atau pemasaran terhadap produk yang ditawarkannya. Ulasan dari pelanggan ini juga tidak jarang ditunjukkan pada halaman penjualan guna meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen agar lebih yakin untuk membeli suatu produk. 

Tidak hanya itu, ada beragam manfaat lain dari testimoni terhadap kelangsungan bisnis yang penting untuk dipahami. Berikut beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Baru terhadap Sebuah Produk

Biasanya, testimoni yang didapatkan dari konsumen sebelumnya mampu memberi pengaruh terhadap pikiran atau emosi dari konsumen yang baru. Hal ini membuat pelanggan baru mampu menaruh kepercayaan lebih besar terhadap sebuah bisnis atau produk yang baru pertama kali dibelinya. 

Oleh karena itu, menunjukkan testimoni yang positif dari pelanggan sebelumnya mampu meningkatkan reputasi sebuah bisnis. Tentunya, cara tersebut bisa membuat bisnis tersebut, termasuk produknya, semakin dilirik dan lebih berpotensi untuk dibeli oleh pelanggan baru. Jadi, melalui ulasan konsumen sebelumnya ini reputasi usaha sebuah bisnis bisa terdorong dan meningkatkan kepercayaan dari konsumen agar melakukan pembelian.

  • Sebagai Media Promosi Gratis

Manfaat yang kedua dari adanya testimoni adalah menjadi media promosi yang murah, bahkan terkesan gratis. Lebih luas lagi, ulasan konsumen ini merupakan salah satu strategi marketing yang amat efektif untuk diterapkan pada semua jenis bisnis tanpa terkecuali. 

Melalui ulasan tersebut, tingkat kepercayaan calon pelanggan baru akan menjadi lebih tinggi dan merupakan media pemasaran bisnis yang hemat biaya. Dengan kata lain, testimoni merupakan suatu bentuk pemasaran mulut ke mulut, tapi dalam konteks digital yang lebih modern. 

Penyampaian ulasan ini sering kali dilakukan kepada anggota keluarga, kerabat, maupun orang terdekat dari pihak pembeli. Dengan begitu, produk atau bisnis yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan mampu dikenal oleh lebih banyak kalangan. 

  • Menjadi Bahan Materi Pemasaran yang Efektif

Fungsi yang selanjutnya dari testimoni adalah menjadi bahan materi pemasaran atau iklan yang efektif. Kehadiran ulasan yang positif tentu akan mampu menciptakan efek yang masif terhadap strategi pemasaran sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan menjadikannya sebagai materi periklanan atau aktivitas promosi, pelanggan baru tentu akan lebih tertarik untuk membeli produk yang sedang ditawarkan. 

Selain itu, ada banyak cara untuk menjadikan ulasan ini sebagai bahan iklan, seperti dalam bentuk pesan teks, e-mail, media sosial, dan lain sebagainya. Bahan iklan tersebut juga bisa dikemas dengan cara yang unik dan menarik agar mampu memberi efek lebih besar terhadap sebuah aktivitas pemasaran atau pengiklanan bisnis. 

  • Merupakan Bahan Evaluasi bagi Bisnis

Perlu dipahami bahwa tidak semua pelanggan atau konsumen bersedia menyisihkan sedikit waktu dan tenaganya untuk menuliskan ulasan terhadap sebuah produk atau jasa yang telah dibelinya. Di samping itu, sebagian konsumen juga pasti ada yang memberikan ulasan negatif atau kritik terhadap aspek tertentu terkait produk, seperti kemasan, jangka waktu pengiriman, pelayanan karyawan, dan lain sebagainya. 

Meski begitu, testimoni negatif juga bisa bermanfaat dengan menjadikannya sebagai bahan evaluasi pada bisnis. Melalui masukan dan kritik dari pelanggan tersebut, kamu jadi lebih memahami aspek mana terkait produk atau bisnis yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan kualitasnya. Dengan begitu, posisi bisnis akan menjadi lebih kuat dan meningkatkan potensi kesuksesannya di masa depan. 

  • Sebagai Bentuk Apresiasi dan Perhatian pada Pihak Konsumen

Terakhir, testimoni juga bisa dijadikan sebagai bentuk apresiasi serta perhatian ke pihak konsumen. Faktanya, tidak sedikit pelanggan merasa senang saat ulasan yang ditulisnya ditanggapi atau disebarkan oleh sebuah toko online. Sebab, hal tersebut membuat konsumen merasa lebih dihargai dan diapresiasi yang secara tidak langsung bisa meningkatkan loyalitas dan potensi menjadi pelanggan tetap. 

4 Tips Mendapatkan Testimoni dengan Mudah, Akurat, dan Positif

loader

Mendapatkan Testimoni

Pada dasarnya, testimoni positif hanya bisa didapatkan saat konsumen merasa puas terhadap pengalaman berbelanja dan kualitas produk yang diterimanya. Jika seluruh aspek tersebut tak didapatkan oleh pelanggan, jangan harap mereka akan memberikan ulasan positif. Malahan, bukan tidak mungkin pelanggan akan memberi kritik dan ulasan yang negatif.

Nah, agar hal tersebut tak sampai terjadi, simak 4 tips mendapatkan testimoni dengan mudah, akurat, dan positif berikut ini. 

  • Jalin Interaksi dengan Pelanggan

Dalam berbisnis, memastikan produk memiliki kualitas yang baik memang menjadi hal yang penting. Namun, hal tersebut tidak akan maksimal jika kualitas pelayanan bisnis terbilang buruk. Oleh karena itu, menjalin interaksi secara positif terhadap pelanggan penting untuk dilakukan. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk follow up serta meminta ulasan. Caranya bisa beragam, seperti menghubungi via pesan singkat, e-mail, atau telepon. Interaksi yang positif ini merupakan bentuk perhatian kepada pelanggan agar tercipta pengalaman yang positif pula. 

  • Apresiasi Testimoni Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua pelanggan bersedia memberi ulasan. Oleh karena itu, kamu perlu menunjukkan bentuk apresiasi dan menghargai testimoni yang diberikan oleh konsumen. Sederhana saja, apresiasi ini bisa diberikan dalam bentuk bonus maupun hal lainnya yang menguntungkan pelanggan. 

  • Respons Ulasan Negatif dengan Cara Positif

Ada kalanya konsumen akan memberi ulasan negatif dan berisi kritik. Jika mengalami kondisi tersebut, pastikan untuk memberi respons secara profesional dan positif, seperti meminta maaf dan menawarkan solusi penyelesaian masalah secepat mungkin. Dengan begitu, kemungkinan pelanggan akhirnya merasa puas dan memberi ulasan positif menjadi lebih besar. 

  • Optimalkan Peran Media Sosial

Tips terakhir, dengan jumlah pengguna yang amat masif, media sosial bisa menjadi sarana mendapatkan testimoni dari konsumen dengan mudah dan akurat. Pastinya, pemilik bisnis harus bisa mengelola akun media sosial bisnis secara aktif, termasuk rutin membuat konten agar dikenal oleh banyak orang. 

Baca juga: 7 Langkah Tepat Membuat Landing Page Terbaik untuk Bisnis

Mempermudah Proses Pemasaran Bisnis, Pastikan untuk Memahami Apa Itu Testimoni

Itulah penjelasan mengenai pengertian testimoni, manfaat, dan juga tips mendapatkannya. Yang utama, adanya ulasan positif dari konsumen bisa mempermudah proses pemasaran bisnis dalam menggaet lebih banyak pelanggan. Sebab, calon pembeli tidak akan ragu untuk membeli produk yang ditawarkan karena kualitasnya sudah dibuktikan para konsumen terdahulunya.