Tetap Meriah, Begini Tips Belanja Hemat Keperluan Natal di Kala Pandemi Corona

Sebentar lagi hari Natal akan tiba. Meski di tahun ini diselimuti pandemi corona, Natal tetap harus dirayakan dengan suka cita, meriah, dan penuh kehangatan bersama keluarga, sudara dan kerabat dekat.

Untuk memeriahkan hari special tersebut, tentunya masyarakat yang merayakan Natal sudah mulai mempersiapkan berbagai keperluan di hari Natal, mulai dari tampilan pohon natal, kado natal, baju, makanan dan masih banyak lainnya. Hal ini tentunya, mengharuskan Anda untuk belanja berbagai keperluan Natal.

Namun, bagaimana caranya belanja keperluan Natal di masa pandemu Covid-19 ini agar semua yang dibutuhkan di Hari Natal terpenuhi dengan baik dan tetap aman terhindar dari virus Covid-19?

Agar Anda tidak bingung, berikut beberapa tips sederhana belanja keperluan natal di masa pandemi corona yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Dulu Peralatan dan Perlengkapan Natal Tahun Lalu

loader
Cek dulu peralatan dan perlengkapan natal tahun lalu

Membeli barang yang baru memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika barang yang dibutuhkan masih tersimpan di rumah atau gudang dalam kondisi bagus dan bisa dipakai lagi, tak ada salahnya dicoba. Ini tentunya akan menghemat pengeluaran bulanan.

Untuk itu, Anda perlu mengecek kembali peralatan dan perlengkapan natal tahun lalu. Kumpulan semuanya, dan cek satu per satu mulai dari pohon natal, hiasan pohon natal, lampu-lampu yang akan dipakai di pohon natal, hingga dan hiasan natal lainnya. Jika ada barang yang rusak, segera catat untuk dibelanjakan barang yang baru lagi.

2. Buat Catatan Belanja

Belanja tanpa adanya catatan barang belanjaan hanya akan membuat Anda menjadi bingung untuk memilih barang atau kebutuhan apa saja yang nantinya akan dibeli. Hal ini juga akan membuat Anda salah mengambil barang belanjaan.

Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting membuat catatan belanjaan terlebih dahulu agar belanja kebutuhan Natal berjalan lancar dan tidak ada yang terlupakan. Catat semua kebutuhan Natal yang diperlukan, mulai dari kelengkapan pohon natal yang harus dibeli baru, hiasan lainnya, bahan makanan, baju, dan sebagainya.

3. Survei Kebutuhan Natal di E-Commerce

loader
Survei kebutuhan natal di e-commerce

Ketika semua barang belanjaan kebutuhan di hari Natal sudah tercatat dengan lengkap, jangan langsung belanja ke toko atau Mall. Manfaatkan berbagai e-commerce untuk melakukan survei kebutuhan Natal.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual berbagai macam barang secara online di e-commerce. Jadi, Anda lebih mudah menemukan produk yang diinginkan. Jika Anda menemukan barang yang dibutuhkan saat Natal, jangan langsung diorder. Tak ada salahnya kumpulkan dengan memasukkan keranjang terlebih dahulu.

Baca Juga: Raup Untung dari Momen Natal dengan Bisnis Ini

4. Manfaatkan Momen 12.12

Menunda pembayaran barang belanjaan di e-commerce menjadi hal yang tepat, kemudian bayar belanjaan tersebut saat momen 12.12 tiba. Sebab, di momen tersebut para e-commerce akan memberikan berbagai macam promo belanja untuk para pengguna tercintanya. Promo tersebut, bisa berupa, gratis ongkir, voucher cashback hingga ratusan ribu rupiah dan lainnya.

Tak berhenti disitu saja, pada umumnya para pemilik toko online yang berjualan di e-commerce juga akan memberikan promo belanja berupa diskon atau potongan harga secara besar-besar2an. Hal ini tentunya akan membuat belanja kebutuhan Natal menjadi lebih hemat.

5. Kunjungi Mall Terdekat di Waktu yang Tepat

loader
Kunjungi mall terdekat

Jika barang kebutuhan Natal tidak Anda temukan di e-commerce, tak perlu berkecil hati. Anda masih bisa membelinya di toko atau mall. Namun, pilihlah mall yang lokasinya dekat dengan rumah Anda agar bisa cepat kembali ke rumah.

Sebab, berada di luar rumah terlalu lama di situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini tidak baik dan hanya membuat virus penyakit mudah masuk ke tubuh.

Selain itu, Anda juga perlu memilih waktu yang tepat ketika ingin berkunjung ke mall. Jangan sampai, berkunjung ke mall di hari atau waktu yang ramai pengunjung seperti saat weekend. Lebih baik pergi ke mall di hari weekday (Senin – Jumat) setelah jam kantor dan pekerjaan selesai.

6. Bayar di Mall dengan Non-Tunai

Masih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tidak disarankan bagi Anda yang membayar barang belanjaan di toko atau di mall menggunakan cash. Sebab, uang tunai menjadi benda yang mudah menghantarkan virus dari tangan satu ke tangan yang lainnya,

Agar Anda tetap terlindungi dan aman terhindar dari virus penyakit saat belanja kebutuhan Natal, membayar dengan non-tunai tentunya menjadi solusi yang sangat tepat. Non-tunai ini, bisa dari debet, kartu kredit, atau e-wallet hingga pay latter.

Memang kartu debet atau kredit masih bisa mengantarkan virus, namun kartu tersebut masih bisa disteril menggunakan cairan desinfektan agar kuman atau virus yang menempel pada kartu bisa mati.

Baca Juga: Temukan Inspirasi Dekorasi Pohon Natal Ini, Mana Pilihanmu?

7. Terapkan Protokol Kesehatan saat Berbelanja

loader
Terapkan protokol kesehatan saat berbelanja

Keluar rumah untuk belanja kebutuhan Natal di mall saat pandemi, mengharuskan Anda untuk selalu ingat menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan ini terdiri dari 3M antara lain, memakai masker, menjaga jarak aman 1-2 meter dan sering mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau handsaintizer.

Selain itu juga, Anda perlu memperhatikan segala peraturan pencegahan Covid-19 yang diterapkan di setiap toko di mall yang Anda tuju.

Belanja Aman, Natal Jadi Meriah

Adanya pandemi corona bukan menjadi penghalang untuk tidak memeriahkan hari raya Natal. Bagi masyarakat yang merayakan Natal masih bisa berbelanja kebutuhan Natal dimanapun asal dengan menerapkan berbagai hal pencegahan virus Covid-19. Selain itu, Anda juga perlu cerdas berbelanja mulai dari memilih barang hingga harga yang terjangkau. Dengan begitu, belanja aman dan Natal pun akan menjadi meriah.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Unik di Seluruh Dunia