Tetap Produktif Saat WFH, Berikut Tips Memilih Provider WiFi yang Tepat

Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, memaksa semua orang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru (new normal life) yang saat ini sedang marak disosialisasikan. Banyak tatanan kebiasaan yang harus diubah, termasuk salah satunya kebiasaan dalam bekerja. Jika dulu biasa pergi ke kantor untuk bekerja, kini Anda bisa melakukannya dari rumah (work from home atau WFH).

Untuk menunjang kebiasaan tersebut, sudah pasti Anda membutuhkan fasilitas yang memadai, salah satunya provider WiFi. Hal ini karena hampir seluruh kegiatan WFH dilakukan dengan bantuan internet. Kelancaran jaringan internet akan sangat berpengaruh pada proses dan hasil kerja, begitu pula sebaliknya.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak jenis provider WiFi yang mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Semua provider berlomba-lomba menyediakan layanan dan penawaran yang menarik untuk para pekerja yang melakukan WFH.

Nah, untuk mendapatkan jaringan internet yang baik dan memadai, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih provider WiFi. Anda harus memilih mana provider yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Lebih baik jangan tergoda dengan promo murah agar tak salah langkah. 

Jika masih bingung dalam provider WiFi yang tepat, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. 

Baca Juga: Meeting Online Saat Pandemi, Ini Tips agar Kuota Internet Tetap Aman

6 Tips Memilih Provider WIFi Terbaik

loader

Tips Memilih Provider WIFi Terbaik

  1. Tujuan Memasang WiFi

    Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memilih provider WiFi adalah memastikan tujuan pemasangan WiFi. Hal ini diperlukan untuk mengetahui besarnya kecepatan internet yang dibutuhkan. Besarnya kecepatan ini mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, lho.

    Jadi, lebih baik memilih provider yang memang menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan. Selain untuk menunjang kelancaran dalam bekerja, juga dapat mencegah membengkaknya tagihan setelah pemakaian.

  2. Jangkauan Provider

    Luas cakupan jangkauan provider juga menjadi hal yang tak boleh disepelekan ketika Anda akan memutuskan untuk berlangganan. Hal ini berpengaruh pada kekuatan sinyal yang didapatkan ketika bekerja. Jangan sampai lokasi Anda tidak termasuk dalam jangkauan jaringan provider pilihan. 

    Saat ini, di Indonesia baru dua provider yang sinyalnya mampu menjangkau hampir seluruh sudut kota, bahkan di desa terpencil, yaitu Indihome dan First Media. Meskipun begitu, masih ada provider lain yang sinyalnya cukup kuat walaupun dalam jangkauan yang kecil. Itulah pentingnya Anda mencari informasi mengenai jangkauan provider.

  3. Harga Paket Internet

    Untuk menarik hati pelanggan, salah satu strategi marketing yang dilakukan perusahaan provider adalah dengan menawarkan paket internet yang cukup menarik. Mereka akan menyediakan bundling paket tertentu dengan besaran data dan harga yang berbeda-beda. Apalagi di saat seperti ini, banyak masyarakat yang membutuhkan provider WiFi sebagai penunjang saat bekerja dari rumah. 

    Umumnya, paket yang ditawarkan berkisar mulai dari 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, dan lain sebagainya. Anda harus cermat dalam membaca fasilitas serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari paket yang sepertinya murah, padahal sama atau mungkin lebih mahal dari yang lainnya. 

  4. Sesuaikan dengan Budget

    Hal yang tak kalah penting dari pemilihan provider WiFi adalah harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai karena tergiur dengan fasilitas atau penawaran, Anda sampai harus merogoh kocek terlalu dalam dan menimbulkan masalah di kemudian hari. 

    Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, karena pasti setiap option memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan lupa untuk menghitung pula pajak pemakaian yang dimasukkan dalam tagihan bulanan sebesar 10%, ya!

  5. Layanan Customer Service

    Untuk yang satu ini, Anda perlu memastikan apakah provider yang dipilih memiliki layanan customer service yang ramah dan fast respon. Mengapa hal ini penting? Karena ketika jaringan sedang mengalami gangguan, customer service-lah yang akan pertama kali berhubungan dengan pelanggan. 

    Jika customer service tidak maksimal dalam memberikan pelayanan dan informasi, maka Anda sendiri yang akan direpotkan. 

  6. Meminta Rekomendasi

    Jika pencarian informasi mengenai provider begitu membingungkan, Anda bisa mencoba tips terakhir ini, yaitu meminta rekomendasi dari pihak lain. Anda bisa meminta pendapat dari teman, saudara, atau rekan kerja yang sebelumnya telah terlebih dahulu berlangganan. 

    Meskipun begitu, Anda tak bisa langsung percaya dan menuruti saran mereka, ya. Anda tetap harus mempertimbangkan kebutuhan dan juga informasi yang didapatkan sebelumnya. Cukup jadikan rekomendasi ini sebagai bahan pertimbangan agar tak salah langkah. 

Kerja Semakin Maksimal dengan Jaringan Maksimal

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika akan berlangganan provider WiFi. Jangan sampai internet menjadi penghambat untuk tetap produktif di masa pandemi ini. Meskipun hanya bekerja dari rumah, Anda tetap bisa bekerja secara maksimal dengan bantuan jaringan internet yang stabil dan maksimal. Selamat bekerja!

Baca Juga: Koneksi WiFi Lambat? 7 Tips Ini Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi