Tidak Lolos SBMPTN Jangan Langsung Putus Asa, Masih Ada Jalur Mandiri. Begini Caranya

Pengumuman SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah diumumkan pada 14 Juni 2021 lalu, dalam sebuah seleksi pasti ada yang namanya tidak lolos seleksi dan hal itu bisa terjadi kepada siapapun.

Tapi tidak lolos seleksi SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya loh! Masih ada cara alternatif lain untuk bisa masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) impian mu. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti jalu mandiri.

Jalur Mandiri atau disebut juga Ujian Mandiri Premium adalah nama yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) atau (PBM Premium) yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jenis-Jenis Seleksi Jalur Mandiri

Tidak seperti SBMPTN yang hanya memiliki ujian tertulis, seleksi jalur mandiri beberapa jenis jalur mandirinya yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan kamu, apa saja?

1. Nilai di SBMPTN

Ada beberapa universitas yang menggunakan pencapaian skor/nilai SBMPTN pendaftar sebagai syarat utamanya.

Untuk itu kamu yang tidak lolos ujian SBMPTN tapi dengan rata-rata skor yang lumayan tinggi atau hampir mendekati skor minimal kelulusan SBMPTN bisa menggunakannya untuk mengikuti seleksi jalur mandiri di PTN yang juga membuka jalur mandiri sistem ini.

2. Nilai Rapor dan UN

Jika tidak mengikuti SBMPTN, maka sistem ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Ini karena banyak perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai rapor atau nilai ujian nasional, asal sampai reputasi sekolah sebagai persyaratan utama dari seleksi jalur mandiri mereka dengan sistem ini.

3. Ujian Tulis

Ujian tulis adalah salah satu sistem seleksi jalur mandiri yang biasanya dijadikan alternatif terakhir jika kedua sistem di atas gagal. Untuk seleksi ujian tulis, sama seperti menghadapi SBMPTN. Kamu harus memperhatikan materi ujiannya, jumlah soal samapi dengan bobot soal tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Bisa Kuliah dengan Biaya Sendiri

Tips Sukses Menghadapi Jalur Mandiri

loader

Nah yang ingin mencoba jalur mandiri untuk masuk kampus favorit, berikut tips sukses mengikuti seleksi jalur mandiri PTN:

1. Mempelajari Materi Ujian SBMPTN

Untuk yang akan mengikuti jalur mandiri sistem ujian tulis bisa menjadikan contoh soal ujian SBMPTN sebagai materi ujian untuk dipelajari.

Umumnya kualitas ujian yang diberikan hampir mirip dengan soal ujian SBMPTN yang baru saja kamu jalani.

Biasanya yang berbeda hanya grade dan jumlah saingan yang mengambil jurusan yang dipilih. Soal ujian mandiri masuk PTN bisa jadi sama dengan soal SBMPTN. Untuk yang tidak mengikuti SBMPTN bisa mencari contoh soal SBMPTN tahun lalu di internet.

2. Memilih Jurusan dengan Passing Grade yang Tinggi

Memilih jurusan kuliah dengna passing grade atau peluang besar untuk lolos masuk bisa menjadi cara lain agar bisa lolos dengan lebih mudah di PTN/PTS favorit.

Jangan salah, jurusan yang kamu pilih ini bisa sangat menentukan loh. Strategi bagaimana kamu menemukan jurusan dengan peminat yang sedikit dan kursi mahasiswa yang tersedia cukup banyak meningkatkan peluang kamu untuk lolos seleksi.

3. Mencari Tahu dan Mempelajari Informasi Seputar Kampus dan Jurusan yang Diinginkan

Tanyakan tentang peluang dan grade jurusan, prospek jurusan tersebut serta bagaimana kondisi kampus kepada senior atau bis acari tahu informasinya melaui website resmi Universitas tersebut atau website-website yang khusus untuk mereview berbagai universitas.

Dengan memiliki informasi yang lengkap mengenai universitas dan jurusan yang diinginkan maka persiapan kamu dalam menghadapi seleksi jalur mandiri kampus tersebut pun semakin matang.

4. Pastikan Bekal Akademik setiap Mata Pelajaran yang Diujikan Cukup

Sama halnya dengan jenis ujian masuk yang lainnya, kamu tentu harus memiliki bekal akademik yang cukup sebelum menempuh jalur ujian masuk secara mandiri. Bila perlu kamu bisa mengikuti kursus ujian masuk perguruan tinggi seperti jalur masuk test nasional.

5. Persiapan Dana sudah Ada dan Sesuai Persyaratan

Alasan kenapa ujian tes masuk kuliah jalur mandiri cenderung lebih mudah dan lebih besar peluangnya dibandingkan SBMPTN adalah karena biaya kuliah jalur ini akan lebih besar dibandingkan mereka yang masuk jalur SBMPTN.

Untuk itu selain persiapan mental dan akademik, biaya juga merupakan syarat utama yang harus sudah matang persiapannya. Tidak hanya biaya ujian saja, rincian biaya lain seperti SPP, uang muka atau uang pangkal kuliah, praktikum (jika jurusan yang menggunakan praktikum) dan biaya teknis lainnya juga harus dipikirkan loh.

Jadi, Jadi pastikan kamu sudah mengetahui estimasi berapa biaya kuliah dari jalur mandiri ini agar bisa menyiapkannya dari jauh-jauh hari.

6. Menjaga Kesehatan dan Giat Latihan Mengerjakan Soal

Kondisi kesehatan adalah hal yang paling penting untuk di perhatikan, apalagi jika sudah mendekati hari pendaftaran dan hari pelaksanaan ujian. Karena pintar saja tidak cukup dalam menghadapi ujian, kondisi fisik dan mental yang baik adalah hal yang penting juga untuk dipersiapkan demi mengurangi kesalahan pengerjaan soal ujian.

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya

Daftar PTN yang Masih Membuka Seleksi Jalur Mandiri 2021

loader

  1. SMUP UNPAD Jalur Mandiri 2021 (Universitas Padjajaran) 5 Mei-17 Juni 2021
  2. Ujian Mandiri UNDIP 2021 (Universitas Diponegoro) 19 April - 17 Juni 2021
  3. Seleksi Mandiri UNS 2021 (Universitas Sebelas Maret) 24 Mei – 17 Juni 2021
  4. Seleksi Mandiri UNY 2021 (Universitas Negeri Yogyakarta)
  • Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik: 8 Februari - 28 Juni 2021
  • Pendaftaran Jalur Prestasi Unggul: 8 Februari - 28 Juni 2021
  • Pendaftaran Jalur CBT di Kampus: 22 Juni - 13 Juli 2021
  • Pendaftaran Jalur CBT di domisili: 22 Juni - 19 Juli 2021
  • Pendaftaran Jalur Skor UTBK: 14 Juni - 8 Juli 2021
  • Pendaftaran Jalur Kerja Sama: 5 Juni - 17 Juli 2021
  1. Seleksi Mandiri UNNES 2021 (Universitas Negeri Semarang) 21 Mei – 9 Juli 2021
  2. SPMB UNSOED 2021 (Universitas Jenderal Soedirman)
  • Pendaftaran SPMB Mandiri UTBK: 31 Mei – 18 Juni 2021
  • Pendaftaran SPMB Mandiri Non UTBK: 31 Mei – 2 Juli 2021
  1. Seleksi Mandiri ITB 2021 (Institut Teknologi Bandung) 3 Mei – 20 Juni 2021 (17.00 WIB)
  2. Jalur Mandiri UNAIR 2021 (Universitas Airlangga) 10 Mei – 20 Juni 2021
  3. Seleksi Mandiri UB 2021 (Universitas Brawijaya)
  • Jadwal Pendaftaran gelombang II: 17 Juni - 12 Juli 2021
  1. Jalur Mandiri ITS 2021 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 8 Mei – 17 Juni 2021
  2. Jalur Mandiri Universitas Negeri Malang 2021 (UM) 2 -17 Juni 2021 (Jalur UTBK-SBMPTN atau Portofolio)
  3. Jalur Mandiri IPB 2021 (Institut Pertanian Bogor)
  • Pendaftaran Jalur Skor UTBK: 13 April-16 Juni 2021
  1. SBMPTBR UNEJ 2021 (Universitas Jember) 14 – 25 Juni 2021
  2. Jalur Mandiri UPN Surabaya 2021
  • Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi (JMP): 1 –24 Juni 2021
  • Pendaftaran Jalur Mandiri Kemitraan (JMK): 1 –24 Juni 2021
  • Pendaftaran Jalur Mandiri Reguler (JMR): 19 Juni – 9 Juli 2021
  1. Seleksi Mandiri UPN Jogja 2021
  • Pendaftaran Jalur UTBC: 1 Mei - 21 Juni 2021

Persiapan yang Matang adalah Kunci dari setiap Kesuksesan

Giat dan pintar saja tidaklah cukup jika persiapan yang dilakukan tidak lah matang. Seperti persiapan mental, bekal akademik dan juga biaya/materi. Begitu juga ketika menghadapi ujian seleksi masuk universitas baik itu PTN atau pun Universitas Swasta.

Jangan lupa banyak berdoa kepada Tuhan dan yang maha esa dan meminta doa dari orang tua agar diberikan kelancaran selama menjalani ujian.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak