Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anda dengan 14 Cara Ini

Semua orang butuh rasa percaya diri agar mantap melangkah, mengambil keputusan, dan bertindak di depan umum. Kepercayaan diri harus terus dipupuk dengan cara selalu berpikir positif bahwa Anda dapat melakukannya. Bagaimanakah caranya? Berikut ini sepuluh cara meningkatkan rasa percaya diri untuk membentuk karakter pribadi yang lebih tangguh dan tahan banting.

1. Jangan Takut Mengambil Tantangan

loader

Hadapi Semua Tantangan via wordpress.com

 

Jangan takut mengambil banyak tantangan. Makin sering gagal, makin banyak pengalaman diperoleh. Jadikan kegagalan sebagai pelecut semangat untuk kembali bangkit dan mengumpulkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, mulai ikuti beragam kegiatan menantang, entah dalam karir atau pun kehidupan sosial.

2. Berhenti Membandingkan, Tonjolkan Kelebihan Anda

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, itulah sebabnya tak boleh saling membandingkan. Apa yang dilihat pada diri seseorang belum tentu nyata. Melakukan perbandingan bukan cara tepat mengukur tingkat kesuksesan yang telah berhasil digapai.

3. Catat Prestasi, dan Evaluasi Setiap Kesuksesan

loader

Ketahui Performa Anda via licdn.com

 

Ingat kembali dan catat semua tujuan yang berhasil digapai selama ini, entah itu besar atau kecil. Meskipun sepele, cara ini justru bantu menilai kemampuan pribadi dalam sudut pandang positif, dengan begitu anda akan mampu mengejar tujuan selanjutnya yang lebih realistis atau mudah diselesaikan tanpa gagal lagi.

4. Kenakan Pakaian dengan Nyaman

Cara berpakaian seseorang sangat dipengaruhi karakter diri dan penilaian orang lain. Sebenarnya tak perlu pakaian mahal dengan merek mentereng untuk tampil percaya diri, cukup pilih busana yang pas di badan, sesuai kondisi dan pantas. Dan yang penting lagi, jangan takut pada warna tertentu.

5. Perbaiki Postur Tubuh

loader

Benahi Postur Tubuh Anda via amazonaws.com

 

Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah kerap memperlihatkan postur tubuh tak sedap dipandang. Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki postur tubuh dan juga cara berjalan anda sambil kepala menatap ke depan, badan tegap dan dada busung. Postur tubuh sempurna merupakan cara cepat untuk mendongkrak rasa percaya diri.

6. Kemauan untuk Menambah Wawasan dalam Pergaulan

Seseorang yang selalu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan kemauan belajar akan merasa lebih percaya diri. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan menambah wawasan supaya lebih mudah melebur dengan komunitas tertentu.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru

7. Membentuk Tubuh Bugar dan Ideal untuk Menunjang Penampilan

loader

Miliki Tubuh yang Bugar dan Ideal via lifefitness.com

 

Banyak orang merasa minder akibat bentuk tubuh kurang ideal, entah itu terlalu kurus atau gemuk. Oleh karena itu, mulai daftarkan diri ke gym atau pusat kebugaran untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh indah. Banyak orang sudah merasakan langsung dampak positif fitnes bagi psikologi.

8. Memberanikan Diri untuk Membuka Obrolan

Daripada hanya duduk diam dan terlihat canggung, coba buka obrolan dengan orang-orang baru dikenal. Meski awalnya berjalan kurang lancar, obrolan akan semakin asyik usai menemukan topik pembahasan tertentu, entah itu hobi, politik atau pun gosip. Buat diri merasa santai selama mengobrol dengan lawan bicara.

9. Selalu Mencari dan Menambah Teman Baru

loader

Perluas Jaringan Pertemanan via newyorkfamily.com

 

Jika selama ini berada di lingkungan pertemanan yang satu tipe, yakni sama-sama pemalu dan minder, maka saatnya mencari teman baru dengan karakter berbeda, lebih segar yakni berani dan percaya diri. Semakin lama bergaul dengan banyak teman baru, maka sifat percaya diri akan meningkat.

10. Ikuti Kata Hati, Yakini Kebenarannya

Hati kecil tak pernah berbohong. Ketika Anda percaya pada hati kecil dan intuisi (naluri), maka Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Mengikuti dan meyakini kebenaran kata hati bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri sesuai dengan bidang dan profesi Anda. Jika Anda seorang karyawan, Anda lanjutkan pengembangan kepercayaan diri sesuai dengan target karir Anda. Misalnya membangun kepercayaan diri sebagai leader.

Baca Juga: Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Sukses

11. Lawan Pikiran Negatif, Jangan Iri Terhadap Hal Buruk

loader

Hindari Perasaan Iri terhadap Orang Lain via ytimg.com

 

Agar terus percaya diri di segala situasi, jangan biarkan pikiran negatif menguasai benak dan merusak akal sehat. Coba lawan sekuat tenaga dan selalu berpikiran positif terhadap apapun, termasuk kata-kata menyinggung dari orang lain. Beberapa orang berhasil melawan pikiran buruk melalui meditasi, latihan pernapasan atau mendengarkan lagu. Selain itu jangan pernah Anda iri terhadap hal yang buruk yang sekilas terlihat lebih menyenangkan, misalnya melihat orang lain lebih santai, suka terlambat dan banyak bercanda.

12. Terus Belajar dari Kesalahan dan Memperbaikinya

Belajar dari kesalahan yang sudah diperbuat akan membuat Anda tampil lebih baik lagi secara terus menerus. Kesalahan yang dibuat bukan merupakan aib atau pun hal yang mengerikan. Jadikan kesalahan ini sebagai media pembelajaran untuk Anda. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang sama. Pelan namun pasti kepercayaan diri anda akan semakin meningkat.

Selain itu Anda harus menanamkan konsep tidak ada hal yang bisa sempurna. Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna dan Anda harus menyadari itu. Setiap kesalahan yang dibuat adalah bagian dari ketidak sempurna diri Anda dan merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap orang.

13. Asah Terus Ketrampilan dan Wawasan

loader

Tambah Terus Pengetahuan via surbitonhigh.com

 

Melatih keterampilan dan menambah wawasan yang Anda butuhkan akan menunjang keberhasilan anda dalam karir maupun bisnis. Semakin banyak Anda berlatih, anda akan semakin percaya diri. Hal ini juga dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih tegas dan mantap dalam mengambil lebih banyak tantangan. Hasil akhirnya adalah wawasan anda menjadi lebih baik, lebih sukses, dan kualitas hidup yang lebih tinggi di semua bidang.

14. Selalu Bersyukur dan Berfikir Positif

Wujud syukur yang paling baik adalah tidak cepat putus asa dan selalu berbuat lebih baik lagi. Mensyukuri apa yang terjadi pada diri Anda saat ini dan untuk masa yang akan datang bisa membuat Anda semakin percaya diri karena anda yakin bahwa segala yang anda punya saat ini adalah yang terbaik untuk anda.

Imbangi rasa syukur dengan berpikir positif untuk meningkatkan percaya diri dalam pergaulan. Karena jika selalu berfikiran negatif Anda tidak akan merasa percaya diri, karena merasa orang lain lebih baik dari anda.

Raih Kepercayaan Diri Anda

Empat belas cara meningkatkan rasa percaya diri di atas akan sia-sia jika tak diterapkan langsung. Semakin sering dijalani, kepercayaan diri semakin meningkat. Inilah kunci utama agar selalu mantap melangkah dan bertindak di depan banyak orang.

Baca Juga: 8 Cara Cepat Mengubah Gaya Hidup Konsumtif