Tips Agar Lebih Mudah Tidur Selama Perjalanan Jauh

Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal, atau kereta waktu tempuhnya bisa mencapai belasan jam! Perjalanan jauh ini bisa menjadi momen yang menyenangkan karena bisa menjelajahi tempat baru dan merasakan pengalaman yang berbeda.

Namun, bagi sebagian orang perjalanan jauh bisa menjadi ujian berat karena membuatnya mengalami susah tidur. Padahal, tidur yang cukup di dalam perjalanan sangat penting agar tubuh tetap fit dan bugar ketika sampai di tujuan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi sulit tidur selama perjalanan jauh yang bisa dilakukan!

Baca Juga: 10 Tips Perjalanan Jarak Jauh dengan Pesawat Tetap Nyaman dan Anti Bosan!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Tips Supaya Tidak Susah Tidur Ketika Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

loader

Tidur Saat Perjalanan Jauh

  1. Buat Tubuh Lebih Nyaman 

    Sulit tidur selama di perjalanan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari tempat duduk yang kurang nyaman, suara bising, hingga terlalu banyak pikiran. 

    Supaya bisa tidur dengan lebih nyenyak selama perjalanan berlangsung, sebisa mungkin hilangkan faktor yang membuat kamu merasa tidak nyaman, ya.

    Lalu rilekskan tubuh dan pikiran, jangan memaksa tubuh untuk tidur dengan cepat. Hal ini justru akan menimbulkan tekanan yang membuat proses tidur makin sulit.

  2. Pilih Posisi yang Nyaman

    Memilih posisi yang nyaman adalah kunci utama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas selama perjalanan jauh. Cobalah mencari posisi yang paling nyaman baik duduk tegak, berbaring, atau menggunakan bantal leher.

    Kadang kala memang kondisi antar kursi penumpang yang terlalu berdekatan atau tempat duduk yang terlalu keras akan membuat seseorang menjadi lebih susah untuk tidur. Untuk mengakalinya, coba gunakan bantal leher yang nyaman dan benarkan posisi tubuh.

    Jika punya budget berlebih, di next tour coba upgrade kelas transportasinya dari layanan biasa ke premium atau eksklusif supaya perjalanan menjadi lebih nyaman.

  3. Gunakan Ear Plug atau Headphone

    Ketika menggunakan transportasi umum, tentunya akan bepergian bersama banyak penumpang yang lainnya. Maka suara-suara bising dan keributan di sekitar tentu akan menimbulkan gangguan yang berujung pada gangguan tidur.

    Menggunakan earplug atau headphone bisa membantu memblokir suara bising dan membuat suasana lebih tenang. Sehingga, kamu pun bisa mengistirahatkan tubuh dengan tenang.

  4. Gunakan Penutup Mata

    Penutup mata bisa membantu seseorang mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dengan menutup pandangan dan merilekskan mata seseorang bisa lebih mudah tertidur.

    Sebagai tambahan, gunakan penutup mata yang nyaman, jangan terlalu ketat agar lebih nyaman selama tidur di perjalanan 

  5. Hindari Minuman Berkafein

    Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman soda lebih cocok diminum ketika ingin lembur atau begadang. Jika ingin cepat mengantuk selama di perjalanan, maka sebaiknya hindari minuman-minuman yang mengandung kafein tersebut, baik sebelum atau selama perjalanan, ya!

    Sebagai gantinya cobalah untuk mengkonsumsi air mineral terlebih dahulu. Marena rasa dan kandungannya lebih netral serta tidak memberikan efek negatif bagi tubuh.

  6. Lakukan Gerakan Peregangan atau Meditasi

    Melakukan gerakan peregangan atau meditasi selama perjalanan bisa membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Cobalah untuk menggerakkan kaki atau tangan secara perlahan, atau mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskan secara perlahan.

    Melakukan pijatan di area leher dan bahu juga bisa merilekskan tubuh, lho. Coba lakukan secara perlahan dan berulang sampai benar-benar merasa santai dan nyaman. 

    Untuk meminimalisir distraksi atau gangguan, bisa juga memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela.

    Tempat ini biasanya jadi pilihan favorit banyak orang, untuk beberapa moda transportasi tempat duduknya biasanya sudah ditentukan ya. Jika memungkinkan, kamu bisa request tempat duduknya sesuai keinginan.

  7. Makan dan Minum yang Cukup

    Kondisi perut yang keroncongan nyatanya juga bisa membuat seseorang kesulitan tidur. Untuk mengatasinya, cobalah untuk makan beberapa makanan terlebih dahulu secukupnya sebelum perjalanan dimulai. 

    Ketika perut penuh biasanya seseorang akan lebih mudah mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. Ingat, pilih makanan dan minuman yang tidak mengandung kafein, ya.

  8. Gunakan Pakaian yang Nyaman

    Tips supaya bisa cepat tidur ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Untuk kenyaman pakaian sendiri tergantung preferensi masing-masing orang, tapi kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan cuaca.

    Jika terasa dingin, cobalah menggunakan pakaian berbahan rajut atau wol yang tebal supaya tubuh lebih hangat. Jika terasa gerah dan cuaca diluar sedang panas-panasnya, coba gunakan pakaian yang lebih tipis dan sejuk berbahan kaos.

    Untuk mengantisipasi suhu di dalam kendaraan karena AC yang selalu dinyalakan, coba pakai jaket yang tebal. Beberapa jenis transportasi, terutama untuk kelas eksekutif atau bisnis biasanya sudah menyediakan bantal dan juga selimut yang bisa digunakan penumpang. Jangan ragu untuk memintanya pada kru yang bertugas ya jika membutuhkan.

  9. Dengarkan Musik

    Tips selanjutnya, coba dengarkan musik-musik yang menenangkan. Contohnya saja musik untuk relaksasi, musik klasik dengan instrumen biola, piano, dan alat musik lain dengan suara yang merdu dan menenangkan.

    Genre-genre musik yang santai akan membuat tubuh dan pikiran jadi lebih santai. Sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat terlelap dalam tidur. Jangan lupa gunakan earphone supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang di sekitar, ya!

  10. Berhitung

    Tips sederhana ini memang sudah sangat umum, caranya cukup mudah cobalah untuk menghitung atau fokus pada sesuatu. Hal-hal sepele yang membosankan seperti ini bisa membuat sebagian orang lebih cepat mengantuk. 

    Kalau cara-cara diatas sudah dicoba dan tidak ada hasilnya, mencoba cara ini bisa salah satu alternatif yang patut dicoba.

Buat Tubuh Nyaman Selama Perjalanan Jauh, Agar Lebih Cepat Tertidur

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa mengatasi susah tidur selama melakukan perjalanan jauh dengan moda transportasi apapun. Sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan bugar ketika sampai di tujuan. 

Para intinya, buatlah tubuh nyaman selama berada di perjalanan agar lebih mudah mengantuk dan tertidur. Selamat mencoba dan have a nice holiday!

Baca Juga: Inilah Tips yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Stres Ketika Melakukan Perjalanan Panjang