10 Tips Perjalanan Jarak Jauh dengan Pesawat Tetap Nyaman dan Anti Bosan!

Sama-sama menaiki pesawat, nyatanya penerbangan jarak jauh bisa memakan waktu yang cukup lama. Ini tentu berbeda ketika melakukan penerbangan domestik,  karena waktu tempuhnya relatif lebih singkat. 

Kebanyakan rute penerbangan dengan jarak jauh bisa memakan waktu perjalanan dengan pesawat sampai 19 jam, lho. Terbayang bagaimana lelahnya ketika harus melakukan perjalanan jauh naik pesawat, kan? 

Karenanya jangan heran jika kamu akan merasakan sejumlah gangguan selama perjalanan tersebut. Mulai dari jenuh, bosan, lelah, hingga munculnya masalah penggumpalan darah akibat duduk yang terlalu lama.

Untuk mengantisipasi gangguan tersebut, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips agar penerbangan dengan jarak jauh tetap nyaman dan bebas boring.

Baca Juga: Mau Traveling, Tapi Bingung Pilih Koper dan Tas yang Tepat?

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Tips Tetap Nyaman Selama Penerbangan dengan Jarak Jauh 

loader

Perjalanan dengan Pesawat

  1. Booking tiket penerbangan lebih awal 

    Hal pertama paling penting dilakukan sebelum berangkat menggunakan pesawat adalah memesan tiket jauh-jauh hari. Ini bukan cuma untuk penerbangan jarak jauh saja tapi juga untuk penerbangan domestik. 

    Semakin cepat memesan tiket pesawat, maka peluang untuk mendapatkan kursi favorit di pesawat juga lebih besar. Sehingga, kamu bisa merasa lebih nyaman saat berada di pesawat selama perjalanan yang panjang. 

  2. Jangan lupa bawa bolpoin

    Kedengarannya sepele, akan tetapi bolpoin sangatlah dibutuhkan saat melakukan penerbangan jarak jauh. Pasalnya, kamu pasti harus mengisi sejumlah dokumen penting untuk perjalananmu, misalnya saja e-HAC maupun dokumen yang lain. 

    Dengan membawa bolpoin sendiri, kamu bisa mengisi formulir dengan mudah dan lebih cepat. Dengan begitu, waktumu tidak akan terbuang hanya untuk soal pengisian formulir saja.

  3. Gunakan hand luggage seperlunya

    Hand luggage merupakan koper atau tas jinjing yang biasanya bisa bawa masuk ke pesawat dan bisa diletakkan dalam kabin. Sebetulnya, perjalanan jarak jauh sendiri sudah sangat melelahkan, apalagi jika harus ditambah dengan barang bawaan yang banyak.

    Tentunya, hal tersebut justru akan semakin membebani diri sendiri. Maka dari itu sebaiknya bawalah hand luggage seperlunya saja, ya.

  4. Gunakan noise-canceling earphones

    Salah satu benda yang wajib dibawa serta dalam hand luggage yakni noise-canceling earphones. Pasalnya, meski bunyi mesin pada pesawat memang tak terlalu mengganggu saat terbang dalam jarak dekat, tapi dalam penerbangan dengan jarak jauh tentunya akan sangat berbeda.

    Meskipun kamu tetap akan merasa kurang nyaman selama perjalanan, paling tidak ketidaknyamanan tersebut bisa diantisipasi. Misalnya saja dengan memutar musik favorit dan mendengarkannya melalui earphone.

  5. Gunakan pakaian yang nyaman

    Suhu dingin dalam kabin pesawat dan penerbangan jarak jauh bukanlah kombinasi yang baik. Karenanya pastikan untuk menggunakan pakaian yang membuatmu tetap nyaman dan menghangatkan.

    Meskipun terkadang pihak maskapai penerbangan sudah menyiapkan selimut untuk para penumpang. Tetapi, kamu juga bisa membawa sendiri selimut yang travel friendly. Selain itu, jangan lupa untuk pakai kaos kaki dan jaket agar tubuh tetap hangat.

  6. Bawa penutup mata

    Benda kecil satu ini akan sangat diperlukan saat kamu melakukan penerbangan jarak jauh. Penutup mata atau eye mask ini akan sangat membantu akan membuat mata lebih nyaman terutama saat penerbangan siang hari.

    Karena dapat mengurangi silau dari matahari yang masuk maupun lampu di dalam kabin yang terlalu terang. Dengan begitu, waktu istirahat di pesawat selama penerbangan bisa lebih maksimal. Sehingga tubuh tidak terlalu lelah saat sampai di tempat tujuan.

  7. Siapkan baju ganti cadangan

    Agar perjalanan jarak jauh dengan pesawat menjadi lebih nyaman, jangan lupa untuk berjaga-jaga dengan membawa baju ganti lebih. Apalagi jika kamu sedang bepergian bersama anak-anak atau balita. 

    Ini untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga saat di perjalanan. Misalnya, anak ngompol, bajunya kotor atau basah karena minuman dan sebagainya.

    Jika perlu, kamu juga perlu membawa baju ganti tambahan untukmu sendiri. Menjaga agar pakaian yang dipakai tetap bersih dan nyaman selama penerbangan tips penting saat melakukan perjalanan jauh.

  8. Bawa produk skincare 

    Meskipun hampir tidak ada debu sama sekali atau sinar matahari langsung di ruangan kabin, jangan lupa lindungi dna rawat dengan baik.  

    Sebaiknya tetap rawat tubuh dengan membawa skincare yang diperlukan dalam kemasan travel size. Mulai dari pelembab bibir, pelembab wajah, pencuci wajah hingga body lotion

    Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

  9. Bawa snack dari rumah

    Di pesawat, setiap penumpang akan mendapatkan makanan utama dengan menu yang beragam. Tak jarang, ada pula tambahan snack, kue maupun makanan ringan lainnya.

    Meskipun demikian, tak ada salahnya membawa makanan ringan sendiri dari rumah untuk stok ngemil di perjalanan yang panjang. Karena snack yang disediakan tentunya cukup terbatas. 

    Dengan membawa cemilan sendiri, ini akan membantumu mengatasi kejenuhan selama di perjalanan yang cukup panjang.

  10. Jangan lupa siapkan hiburan 

    Agar tak mudah bosan selama di perjalanan dengan pesawat, jangan lupa persiapkan hiburan.

    Meskipun sebagian besar maskapai sudah menyediakan fasilitas hiburan selama penerbangan, mulai dari mendengarkan musik hingga nonton film favorit. Akan tetapi, terkadang tidak semuanya tersedia.

    Jika kamu lebih suka membaca buku ketimbang nonton film atau mendengarkan musik, maka bawalah buku favoritmu. Pada intinya, siapkan apapun yang bisa membuat dirimu sendiri merasa terhibur dan nyaman selama di perjalanan. 

Siapkan Diri untuk Melakukan Perjalanan Jarak Jauh dengan Pesawat

Sudah lebih siap untuk memulai  penerbangan jarak jauh sekarang? Beberapa tips di atas akan membantumu lebih nyaman dan mengurangi rasa bosan selama di perjalanan.

Apapun itu, yang terpenting adalah menyiapkan diri dan mental sebelum berangkat. Karena perjalanan panjang tentu akan sangat melelahkan, apalagi perjalanan yang dilakukan melalui udara. Buat dirimu nyaman, ya!

Baca Juga: Kunjungi 19 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Ini, Jika Budget Liburan Kamu Cuma 1 Jutaan!