Inilah Tips yang Bisa Diterapkan untuk Menghindari Stres Ketika Melakukan Perjalanan Panjang

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa orang Indonesia gemar melakukan perjalanan, terutama ketika musim liburan atau lebaran datang. Perjalanan panjang sekalipun tetap ditempuh oleh mereka dengan moda transportasi pilihannya, baik itu mobil, bus, kereta, pesawat, atau bahkan kapal.

Untuk bisa bertahan dalam perjalanan panjang ini, tentunya diperlukan persiapan yang matang, terutama untuk fisik dan mental. Sebab, segala hal dapat terjadi dalam perjalanan. Lelah karena macet, situasi yang crowded, dan anak-anak yang rewel merupakan hal yang sering terjadi. Tentu kondisi seperti ini sangatlah tidak menyenangkan. Akibatnya, stres selama perjalanan tidak bisa lagi dihindari.

Stres selama perjalanan sangatlah tidak diharapkan oleh siapapun. Hal ini dikarenakan esensi dari melakukan perjalanan biasanya untuk me-refresh kembali pikiran-pikiran yang sehari-harinya dijejali dengan aktivitas yang serba padat.

Begitu juga dengan melakukan mudik, selain bisa menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang di kampung halaman diharapkan juga bisa melalukan refresh dan rehat sejenak dari hiruk pikuknya kota dan serba-serbi pekerjaan yang rasanya tidak pernah usai.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika melakukan perjalanan panjang.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Perjalanan

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

6 Tips Mempersiapkan Perjalanan Panjang

loader

Tips Melakukan Perjalanan Panjang

  1. Siapkan Playlist Musik Kesayanganmu

    Playlist musik kesayangan menjadi hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Mendengarkan musik selama perjalanan bisa mengurangi kebosanan dan membuat seseorang bisa lebih menikmati perjalanan yang sedang dilakukan.

    Bagi yang melakukan perjalanan jarak jauh seorang diri bisa bebas mengkreasikan daftar musik apa saja yang akan didengarkan selama perjalanan. Tapi, jika melakukan perjalanan bersama keluarga ataupun dengan teman-teman usahakan selera musik yang dipilih sesuai dengan tema perjalanan.

    Begitu juga jika perjalanan dilakukan bersama dengan anak-anak, maka persiapkan pula musik yang sesuai dengan usia mereka.

  2. Siapkan dan Mainkan Beberapa Games

    Games merupakan penolong selanjutnya untuk mengatasi kebosanan dan mencegah stres selama perjalanan berlangsung. Menyiapkan games memang cukup mudah, karena kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu punya.

    Selain games melalui smartphone, tidak ada salahnya ketika kamu juga menyiapkan games tradisional sederhana, misalnya bermain kartu, monopoli ataupun ular tangga serta bermain tebak-tebakan. Selain bisa mengatasi kebosanan, permainan-permainan tersebut juga bisa makin merekatkan rasa kekeluargaan selama perjalanan.

    Apalagi jika perjalanan jauh yang ditempuh melibatkan anak-anak. Maka, kamu bisa membawa beberapa permainan sederhana untuk menemani perjalanan tersebut. Misalnya dengan membawa puzzle mini, lego mini ataupun boneka jari untuk bermain-main bersama mereka.

  3. Siapkan Bacaan Favorit

    Membaca bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan selama perjalanan. Kamu bisa membaca novel ataupun komik yang paling disuka. Apalagi di jaman sekarang ini, tidak perlu membawa buku yang bertumpuk-tumpuk selama perjalanan, cukup gunakan saja ponsel pintar yang dimiliki.

    Melalui ponsel pintar, kamu dapat memabaca beragam buku elektronik tanpa harus repot memikirkan bagaimana cara membawanya. Tapi, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan membawa buku secara fisik ya. Asalkan kamu tidak terlalu repot membawanya ya boleh-boleh saja.

    Misalnya, jika perjalanan dilakukan bersama anak-anak yang masih dibawah 5 tahun, sudah pasti kamu perlu membawa beberapa buku fisik untuk menemani perjalanan. Kamu bisa mengajak mereka untuk membaca cerita bersama-sama untuk mengurangi rasa bosan selama perjalanan berlangsung.

  4. Cobalah untuk Singgah di Tempat-Tempat yang Menarik

    Jika melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus mencoba untuk singgah di tempat-tempat menarik yang sesuai dengan rute perjalananmu.

    Tempat yang disinggahi juga beragam, bisa dari salah satu wisatanya, rumah makan paling terkenal ataupun bangunan-bangunan yang menjadi ikon kota yang kamu lewati. Singgah ke beragam tempat tersebut bisa membuatmu menemukan hal-hal baru serta membuat perjalananmu makin menyenangkan.

  5. Jangan Lupa untuk Istirahat di Rest Area

    Rest area menjadi lokasi yang sangat diperlukan bagi para pemudik ataupun sopir jarak jauh. Terutama jika perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi dan membawa beberapa anggota keluarga.

    Mampir di rest area biasanya menjadi agenda yang tak bisa dihapuskan. Rest area biasanya menyediakan beberapa fasilitas kebutuhan dasar pemudik, seperti rumah makan, toilet, masjid ataupun minimarket.

    Selain itu, rest area juga menjadi tempat favorit untuk beristirahat sejenak dan melakukan peregangan setelah fokus menyetir selama berjam-jam.

  6. Siapkan Asuransi

    Ketika melakukan perjalanan panjang, tentunya kamu tidak ingin dibebankan dengan kondisi-kondisi yang tidak seharusnya terjadi, kan? Misalnya, kecelakaan atau sakit. Jika hal ini terjadi, bukannya menghilangkan stres justru menambah beban.

    Nah, agar tidak kepalang pusing, perlu bagi kamu dan keluarga untuk menyiapkan berbagai asuransi. Untuk memproteksi diri selama perjalanan, kamu bisa menggunakan asuransi perjalanan atau asuransi kesehatan yang memiliki cakupan luas. Untuk proteksi kendaraan yang dibawa, kamu bisa menggunakan asuransi kendaraan.

Baca juga: Lakukan Tips Ini Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan Agar Perjalanan Aman Dan Nyaman

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Perjalanan adalah Menyegarkan Pikiran dan Menyiapkan untuk Lebih Produktif

Selain untuk membangun kedekatan antar keluarga, sahabat dan pertemanan, esensi dari sebuah perjalanan adalah untuk menyegarkan kembali pikiran dari carut-marut dunia kerja dan lebih memantapkan hati dan otak untuk lebih produktif di esok hari.

Oleh karena itu, jangan sampai perjalanan yang dilakukan malah menjadikan pikiran makin stres karena hal-hal yang sederhana.

Bagi yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan mengendarai kendaraan pribadi, jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi jalan yang akan dilalui, cek juga kondisi kendaraan yang akan digunakan. Usahakan kendaraan berada dalam kondisi yang prima.

Baca juga: Ingin Beli Asuransi Perjalanan Online Dimana?