Tips Agar Perjalanan Bisnis Menyenangkan, Efektif dan Efisien

Pertanyaan seputar “apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh cabang” sering ditemukan saat mengisi formulir lamaran kerja. Sebab, tidak semua orang mau berpindah tempat kerja karena berbagai alasan. Bisa jadi karena tidak ingin jauh dari keluarga, alasan kesehatan, dan kemudahan hidup.

Padahal, perjalanan bisnis bisa menjadi suatu momen yang sulit dilupakan asal kamu tahu bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Tahu kapan harus bekerja dan bersenang-senang.

Jika dalam waktu dekat ini kamu akan melakukan perjalanan bisnis, lakukan beberapa tips berikut agar perjalananmu menyenangkan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mulai dengan perencanaan

loader

Segala sesuatunya harus dimulai dari perencanaan, kan? Sebelum melaksanakan perjalanan bisnis, ada baiknya rencanakan aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan sesampainya di tujuan. Utamakan yang ada kaitannya dengan pekerjaan kantor, ya! Akan lebih mudah kalau kamu meminta arahan dari atasan. Setelah itu, catatkan dalam buku catatan kegiatan agar tidak lupa.

Setelah rencana kegiatan kantor selesai, rencanakan pula aktivitas yang ingin kamu lakukan di tempat tujuan. Jadi, hari-harimu tidak hanya untuk bekerja saja. 

2. Packing barang-barangnya

Apakah itu perjalanan bisnisnya singkat atau panjang, yang namanya packing tetap harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Tujuannya untuk meminimalisir barang yang ditinggal akibat kelalaian dalam berkemas. Akibatnya bisa fatal kalau yang tinggal ternyata dokumen kantor. 

Jangan pernah berpikiran kalau waktu berkemas itu singkat karena kenyataannya butuh waktu yang lumayan lama. Terutama bila barang yang diperlukan untuk perjalanan bisnis lumayan banyak. 

Jangan pula berpikir kalau tempat yang dituju menyediakan barang-barang keperluanmu. Sediakan segala sesuatunya secara lengkap, baru boleh berangkat dengan hati yang lega. 

Baca Juga: Cara Menghemat Biaya Bisnis UMKM di Masa Pandemi

3. Sesuaikan aktivitas dengan jadwal

loader

Mulai dari kapan akan berangkat, kapan harus bertemu klien, bersenang-senang, hingga waktu kepulangan, semua harus disesuaikan dengan jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya. Sebab, menghabiskan waktu untuk satu aktivitas saja merupakan hal yang sangat fatal. 

Hal ini secara otomatis menggagalkan rencana, membuatmu melewatkan aktivitas yang mungkin jauh lebih penting dari apa yang saat ini dikerjakan.

Jika perjalanan bisnisnya bersama rekan satu tim, ada baiknya tentukan kapan harus berkumpul dan dimana. Sebelum waktunya tiba, semua orang sudah berkumpul dan bisa berangkat secara bersamaan.

Sebisa mungkin hindari “penyakit lama”, yaitu suka terlambat. Ini bukan dunia anak sekolah lagi, melainkan dunia kerja yang diisi oleh orang-orang profesional. Jadi, bertindaklah sebagai salah satu orang profesional.

4. Sisihkan waktu untuk rehat

Mengingat tujuan kamu disini bukan hanya untuk bekerja, tapi juga bersenang-senang, tenaga yang terkuras tentunya lebih banyak. Di sinilah kamu butuh waktu untuk rehat dari segala macam aktivitas tersebut. Berikan tubuhmu istirahat yang cukup agar bisa kembali bekerja dan bersenang-senang pada keesokan hari. 

Pastikan istirahatnya 7-8 jam per hari. Cuma dengan cara ini tubuh bisa kembali fit, jadi bekerjanya pun maksimal pada hari esok. 

Tentukan jam berapa kamu akan tidur dan bangun pagi setiap hari. Coba patuhi jamnya untuk menghindari yang namanya bangun terlambat. Alhasil, segala sesuatunya tidak dilakukan secara terburu-buru, tidak ada kegiatan yang terlewatkan juga karena terlambat bangun.

Baca Juga: Go Internasional, Begini Cara Ekspor Produk Jualan di E-Commerce Biar Bisnis Maju

5. Lakukan aktivitas yang berbeda

loader

Pastinya bosan kalau harus mengerjakan hal yang sama secara terus-menerus. Itulah sebabnya pentingnya perencanaan di awal agar kamu bisa mengisi hari-hari dengan berbagai kegiatan berbeda. Alhasil, tidak ada hari yang terkesan membosankan untukmu.

Setiap harinya akan terasa baru dan menyenangkan meskipun beban kerjamu kala itu sangat banyak. Kamu bisa lakukan dengan senyum dan tawa, serta percaya kalau semuanya dapat terselesaikan tepat waktu. 

Jika diajak untuk melakukan perjalanan bisnis di lain waktu, kamu tidak merasa kapok. Justru semakin bersemangat karena pada akhirnya kamu diberi kepercayaan lain untuk menambah pengalaman dan bertemu dengan orang-orang yang berbeda.

6. Nikmati momen

Ketahuilah bahwa tidak selamanya atasan menunjukmu untuk melakukan perjalanan bisnis. Ada kalanya kesempatan ini diberikan kepada orang lain agar dia bisa merasakan hal yang sama dan menambah pengalaman. Maka dari itu, nikmatilah setiap momen yang ada karena hal seperti ini tidak terjadi dua kali. 

Mulai dari waktu untuk bekerja, bertemu klien, hingga bersenang-senang ke tempat baru. Namun, tetap utamakan kepentingan bisnis dulu dibandingkan pribadi.

Setelah bisnis selesai, baru kepentingan pribadi. Jadi, tujuan dari perjalananmu bisa tercapai dengan hasil yang memuaskan. 

Jaga Sikap saat Berada Dimana Saja

Mengingat ini perjalanan bisnis, bukan pribadi, maka penting bagimu untuk menjaga sikap dimana saja berada. Di sini kamu mempertaruhkan nama perusahaan, jadi tunjukkan yang terbaik dan bersikaplah layaknya orang profesional sama halnya seperti saat kamu bekerja di kantor. 

Baca Juga: Sayang sama Hewan Peliharaan Bisa Jadi Cuan, Begini Cara Sukses Mulai Bisnis Pet shop