Kamu Perlu Tahu! Berikut Tips Agar Tetap Bisa Menabung Saat Kebutuhan Hidup Sedang Tinggi

Masing-masing orang pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Besarnya kebutuhan itu pun berbeda-beda, bergantung pada banyak faktor seperti usia, jumlah anggota keluarga, gaya hidup, dan lain sebagainya. Itulah mengapa setiap orang butuh bekerja untuk mendapatkan uang agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lalu, bagaimana jika kebutuhan terus meningkat, tapi pendapatan cenderung tetap? Apalagi di tengah kondisi sekarang yang semua harga melonjak naik? Apakah masih bisa dipenuhi?

Jawabannya tentu saja bisa, asalkan ada persiapan yang matang. Harus ada perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak dan efisien agar pendapatan bisa tetap meng-cover segala kebutuhan. Selebihnya, pengelolaan keuangan juga harus bisa menyisakan sedikit dari pendapatan untuk ditabungkan.

Perlu ditekankan bahwa menabung menjadi hal krusial yang harus diprioritaskan. Bukan tanpa alasan, tapi menabung bisa menghadirkan segudang manfaat di kemudian hari. Dengan menabung, antisipasi terhadap risiko keuangan di masa depan bisa lebih dipersiapkan.

Nah, jika ingin tetap bisa menabung di tengah kebutuhan hidup yang terus tinggi, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak baik-baik, ya.

Baca juga: Tips Ajarkan Anak Menabung

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tetap Konsisten Menabung Saat Kebutuhan Hidup Terus Melonjak Naik

loader

Menabung di Saat Kebutuhan TInggi

Memiliki dana simpanan, baik dalam wujud tabungan uang maupun aset berharga adalah hal yang diinginkan banyak orang. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa menabung di tengah kebutuhan hidup yang tinggi.

  1. Penuhi Kebutuhan yang Sifatnya Prioritas

    Cara pertama agar tetap bisa menabung saat kebutuhan sedang tinggi adalah dengan mencukupi terlebih dahulu kebutuhan yang sifatnya prioritas. Selama kebutuhan primer seperti makanan, pakaian, biaya air, listrik, dan kebutuhan rumah tangga lainnya telah dipenuhi, maka itu sudah lebih dari cukup.

    Buang jauh-jauh keinginan berbelanja hal-hal yang kurang penting. Jangan tergiur dengan godaan promo yang menjebak. Dengan begitu, pengeluaran bisa lebih dikendalikan dan sisa dana yang ada bisa dialokasikan untuk tabungan.

  2. Investasi

    Melakukan investasi adalah cara tepat untuk menabung jangka panjang. Dengan investasi, ada ketenangan tersendiri yang didapatkan karena telah melakukan proteksi nyata untuk masa depan.

    Berinvestasi di tengah kebutuhan hidup yang tinggi bukanlah hal mustahil dilakukan. Tetap hati-hati dan bijak dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan agar tak memberatkan. Selebihnya, lakukan investasi secara konsisten agar manfaat yang didapatkan bisa lebih maksimal.

    Perlu diingat, investasi bukan hanya menyangkut uang atau kekayaan, melainkan juga kesehatan. Kondisi tubuh yang fit bisa menjadi investasi terbaik yang harus diupayakan. Pasalnya, dengan kondisi yang sehat, ada banyak hal yang bisa dilakukan termasuk juga bekerja dan mencari cuan.

  3. Perencanaan Keuangan

    Melakukan perencanaan keuangan secara rutin dan sistematis juga merupakan hal yang tak boleh disepelekan. Pasalnya, perencanaan keuangan ini bisa membantu mengetahui sejauh mana kemampuan finansial yang kamu miliki. Tak hanya itu, perencanaan keuangan ini juga bisa membantu menggolongkan kebutuhan, mana yang harus dipenuhi atau tidak.

    Cara melakukan perencanaan keuangan ini bisa dilakukan dengan mencatat segala arus kas yang masuk dan keluar. Dari catatan tersebut, bisa didapatkan kebutuhan mana yang nilainya paling besar dan kecil. Apakah ada kebutuhan yang bisa dikurangi, ditunda, atau bahkan dihilangkan.

    Mungkin cara ini cukup ribet, tapi perlu diketahui bahwa dengan melakukan perencanaan keuangan ini, kamu bisa terhindar dari perilaku konsumtif yang merugikan. Hasilnya, anggaran untuk pengeluaran pun bisa diminimalisir dan tabungan bisa makin bertambah.

  4. Berikan Reward untuk Diri Sendiri

    Meskipun kebutuhan sedang tinggi-tingginya, jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri dengan membeli atau melakukan hal-hal kecil. Tapi, apa tidak makin boros? Bukankah sebisa mungkin harus berhemat dan menekan pengeluaran?

    Tenang saja, memberikan reward untuk diri sendiri juga bagian dari upaya menabung. Tabungan yang dimaksud bukan berupa uang, melainkan memori dan perasaan senang. Kedua hal tersebut sangat krusial perannya dalam memelihara kesehatan dan kebahagiaan, baik jiwa maupun raga.

    Dengan kondisi jiwa dan raga yang sehat, akan lebih mudah bagi seseorang untuk kembali bekerja. Bahkan, beberapa percaya setelah healing, produktivitas akan makin meningkat. Dengan begitu, hasil dari pekerjaan pun akan lebih maksimal dan memuaskan.

    Ketika performa makin membaik, bukan tidak mungkin pendapatan akan makin bertambah. Ini tentu berdampak baik karena artinya alokasi dana untuk tabungan pun secara tidak langsung juga ikut meningkat.

  5. Tidak Menomorsatukan Uang

    Beberapa orang beranggapan bahwa uang adalah segalanya. Bekerja dari pagi sampai malam dilakukan semata-mata untuk mendapatkan uang. Bahkan, beberapa sampai abai pada kesehatan dan keselamatan demi mendapatkan uang.

    Tapi, tahukah bahwa sikap menomorsatukan uang adalah salah? Hidup memang membutuhkan uang, tapi jangan pernah mau diperbudak oleh uang.

    Sebaliknya, lakukan cara agar uang yang bekerja untuk pemiliknya. Bisa dengan berinvestasi, membuka bisnis, atau hal lainnya. Lalu, jangan lupa melakukan perencanaan keuangan dan mengelolanya dengan maksimal. Perbanyak pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber agar kemampuan mengelola uang bisa makin meningkat.

    Jika cara ini berhasil dilakukan, bukan tidak mungkin kamu tetap bisa menabung bahkan saat kebutuhan sedang tinggi-tingginya. Pasalnya, tak ada yang perlu dikhawatirkan karena pendapatan bisa terus mengalir pun pengelolaan keuangannya bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Menabung yang Baik dan Benar?

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Jadikan Menabung Sebagai Prioritas Utama

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung merupakan hal yang sangat penting dilakukan sedini mungkin. Jangan menunggu uang tersisa banyak, baru ditabung. Sebaliknya, meskipun nominalnya sedikit asal dilakukan secara konsisten, hasilnya akan lebih maksimal.

Jadikan menabung sebagai prioritas utama yang tak boleh dilupakan. Dengan begitu, kamu akan lebih santai menghadapi masa depan, bahkan saat kebutuhan sedang tinggi-tingginya. Selamat menabung!