8 Tips Ampuh Rawat Mobil Klasik Tetap Awet

Punya mobil klasik merupakan kebanggakan tersendiri bagi para pemiliknya, terutama bagi para pecinta mobil klasik. Harga mobil-mobil klasik yang termasuk dalam barang-barang langka dan unik ini juga sangatlah beragam, bahkan ada yang nilainya milyaran rupiah.

Sebab harganya yang mahal, tak mengherankan jika hanya ada segelintir orang saja yang mampu membeli dan memiliki mobil klasik ini. Nah, untuk para pemilik mobil klasik ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya mobil tersebut tidak mudah rusak atau lecet.

Mengingat biaya reparasi dan penggantian sparepartnya yang langka. Selain itu, perawatan yang tepat juga diperlukan untuk menjaga nilai dan estetika mobil klasik tersebut.

Baca Juga: Perkaya Literasi Otomotifmu, Berikut Daftar Istilah Bengkel yang Wajib Diketahui

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Tips Memelihara Mobil Klasik Supaya Tetap Awet

loader

Mobil Klasik

Mobil klasik sering dianggap sebagai kendaraan yang punya nilai historis, tapi perawatannya cukup sulit beda dari mobil modern pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa jadi referensi untuk merawat mobil klasik ini,

  1. Rutin Memeriksa Bagian Mesin Mobil

    Merawat mesin dan sistem kelistrikan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga dan merawat mobil klasik. Pastikan mesin mobil terjaga dengan baik dan diperiksa secara rutin oleh ahli mesin. Selain itu, pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi dengan baik dan tidak ada kabel yang konsleting atau rusak.

    Jangan ragu untuk lakukan tune-up secara berkala ya, mesin mobil klasik sendiri rawan rusak mengingat umurnya yang sudah tua. Sebab itulah, terkadang mobil ini bisa saja tiba-tiba mogok di jalan ketika tengah dikendarai.

    Pastikan juga komponen mesin lainnya dalam keadaan baik, lakukan penggantian jika diraba ada komponen yang telah mengalami penurunan kinerja.

  2. Rutin Ganti Oli

    Penggantian oli secara rutin sangat penting untuk menjaga performa mesin mobil. Kebanyakan usianya mobil klasik sudah diatas 10 tahun semua, jadi butuh asupan oli extra supaya performanya selalu terjaga.

    Salah satu penyebabnya adalah mesin yang pastinya telah ringkih mengingat sudah terlalu lama digunakan. Sebagai anjuran, gantilah oli mesin mobil setiap menempuh perjalanan sekitar 2500 km. Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat emisi pada mesin mobil beserta memperingankan beban kerjanya supaya mobil tersebut lebih awet.

    Perhatikan juga pemilihan olinya, pastikan oli yang digunakan sudah sesuai. Untuk perlindungan yang maksimal, gunakan oli dengan tingkat kekentalan antara SAE 10-40 W atau 15-40W.

  3. Isi dengan Bahan Bakar yang Sesuai

    Pastikan bbm yang digunakan sesuai dengan jenis mobil klasik tersebut, mengingat setiap mobil punya spesifikasi bahan bakarnya sendiri-sendiri. Jangan gunakan bahan bakar dengan oktan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah karena hal ini dapat merusak mesin.

    Lakukan juga pengisian secara teratur supaya tangki mobil tersebut tidak mudah keropos dan karatan. Pastikan juga bensinnya selalu terisi sekalipun mobil tersebut jarang digunakan.

  4. Perhatikan Kondisi Kabel Mobilnya

    Komponen lainnya yang tak boleh luput dari perhatian adalah kabel mobilnya. Cek kondisi kabel mobil tersebut, apakah masih bagus atau tidak. Kabel yang sudah getas atau mengelupas bisa memicu korsleting. Akibatnya mesin mobil tidak bisa dinyalakan, parahnya lagi bisa timbul percikan yang menyebabkan kebakaran.

    Meskipun kelihatannya sepele, namun hal ini bisa membawa dampak yang buruk lho bagi mobilmu.

  5. Cek Kondisi Ring Serta Karet Penyangganya

    Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengecek komponen ring serta karet penyangganya. Ring yang sudah lemah serta berkarat harus segera diganti dengan ring baru. Adanya pergantian komponen ring bisa memperlancar aliran bensin, suara mesin pun akan lebih halus. Perhatikan juga karet penyangga di bagian pintunya, karet penyangga ini akan mudah sobek apabila terlalu lama dipakai.

    Karet yang usang akan menimbulkan beberapa masalah yang cukup merepotkan. Mulai dari menimbulkan suara yang berisik dan membuat air masuk kedalam mobil saat sedang dicuci atau ketika hujan.

  6. Cek Kaki Mobil, Ban, Velg, dan Komponen Lainnya 

    Selain mesin dan komponen kelistrikan, kamu juga perlu memeriksa kondisi ban secara berkala. Jika sekiranya mobil tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, coba lepas keempat bannya dan ganti dengan dongkrak.

    Tujuannya untuk membuat ban tidak mudah berkarat dan rusak akibat lama menahan berat mobil dalam kondisi statis. Jika mobil tersebut hanya jarang dipakai, contoh sebulan sekali maka kamu tak perlu mencopot ban-bannya karena akan merepotkan. Sebagai gantinya periksalah tekanan angin didalam ban tersebut supaya lebih nyaman dan aman dikendarai nantinya.

    Selain ban, perhatikan juga kondisi velg mobilnya, gantilah velgnya jika bentuknya sudah penyok atau berkarat. Kondisi kaki mobil juga harus selalu baik, terutama di bagian tie rod, ball joint, suspense, stabilizer karetnya, dan bushing arm.

    Reparasi akibat kerusakan komponen-komponen diatas mungkin akan memakan biaya yang besar, apalagi jika komponen tersebut sudah langka di pasaran.

  7. Cuci Bersih Secara Rutin

    Membersihkan mobil klasik secara rutin merupakan hal yang sangat penting. Mobil yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan kerusakan pada cat dan mesin mobil. Bersihkan mobil dengan air dan sabun dengan formula khusus, kemudian keringkan dengan kain yang lembut dan kering.

    Kalau tidak sempat melakukannya sendiri, coba bawa ke salon mobil khusus mobil klasik.

  8. Buat Garasi yang Aman dan Nyaman

    Mobil klasik harus disimpan di tempat yang aman dan kering. Coba buat garasi khusus yang dapat melindungi mobil dari suhu ekstrim dan kelembaban. Hindari menyimpan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang terbuka karena dapat merusak cat mobil.

    Selain disimpan di tempat yang aman, kamu juga bisa melindungi mobil klasik dengan menggunakan cover mobil. Cover mobil dapat melindungi mobil dari debu, kotoran, dan sinar matahari. Pastikan cover mobil yang kamu gunakan memiliki bahan yang lembut dan tidak merusak cat mobil.

  9. Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Perawatan yang Baik Akan Membuat Mobil Klasik Tetap Tampil Menawan

Itulah beberapa tips merawat mobil klasik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Selain itu perhatikan komponen lainnya seperti AC, Rem, dan komponen penting lainnya. Dengan perawatan yang tepat, nilai dan tampilan mobil tersebut akan selalu terjaga dengan baik.

Baca Juga: 7 Fitur Penting yang Wajib Ada dalam Mobil Keluarga