Tips Cerdas Bisnis 'Action Figure' agar Makin Cuan

KOMPAS.com - Action figure merupakan koleksi barang yang terinspirasi dari figur-figur terkenal, utamanya animasi. Barang-barang ini memang menjadi koleksi yang diminati oleh banyak orang, terutama para penggemar film dan animasi.

Tapi, tahukah Anda bahwa action figure juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan? Omzet yang bisa didapatkan dari bisnis action figure ini sangatlah bervariasi, tergantung cara tiap orang memanfaatkan peluang yang ada.

Bahkan, beberapa orang yang sudah menggeluti bidang ini bisa dapat omzet hingga ratusan juta per bulannya, lho. Hal ini tentu jadi sesuatu yang tidak bisa diremehkan sama sekali, omset yang didapatkan bahkan bisa mengalahkan jenis bisnis lainnya.

Namun, untuk sukses dalam bidang ini tentunya dibutuhkan kemampuan yang baik, pengetahuan dalam bidang action figure, dan tentunya banyak usaha. Seperti dilansir dari Cermati.com, agar bisnis action figure yang Anda kelola makin laris manis, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Kelangkaan Action Figure Tersebut

Ada beberapa action figure langka yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas oleh produsennya. Hal tersebut membuat action figure tersebut jadi barang langka dan jadi rebutan di kalangan para pecintanya.

Perlu diingat bahwa makin langka action figure tersebut, maka harganya juga akan semakin tinggi. Beberapa action figure yang langka biasanya sudah diluncurkan lama dan saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Dengan begitu, action figure tersebut selayaknya jadi barang antik dan primadona yang menarik minat setiap pencintanya. Menemukan action figure langka tentu bukanlah yang yang mudah, dan Anda pastinya butuh lebih banyak effort untuk mendapatkannya.

Selain itu, kemampuan untuk memprediksi harga dan tren juga sangat penting. Coba deh cari tahu produk action figure mana yang sekiranya diminati. Untuk harga action figure langka sendiri sebenarnya tidak ada batasan, jadi Anda bisa melepasnya di penawaran harga tertinggi.

Banyak para pengoleksi action figure yang siap mengeluarkan banyak uang demi barang kesayangannya. Ini tentunya akan jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Beberapa action figure juga hadir dalam seri tertentu lho, satu seri bisa terdiri dari beberapa karakter. Melengkapi seri tersebut bisa jadi tantangan tersendiri bagi para pecintanya, coba juga memanfaatkan peluang ini.

2. Kondisi Action Figure Secara Fisik

Tidak semua produk action figure dijual dalam kondisi baru, beberapa diantaranya merupakan barang lama yang langka. Sebab itulah, memperhatikan kondisi fisik barang yang dijual harus jadi salah satu pertimbangan penting Anda.

Cek kondisi fisik action figure tersebut secara mendetail, mulai dari adanya lipatan, sobekan, tambalan, goresan, penyok, dan sejenisnya. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi harga action figure yang dijual, makin banyak minusnya maka harganya akan makin turun. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini pun tidak semudah mencari keuntungan dari produk-produk lain mengingat sudah ada pasarnya masing-masing.

3. Pemilihan Tema yang Menarik

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah pemilihan temanya. Tema action figure bisa sangat beragam, mulai dari tokoh film, anime, game, hingga superhero.

Pilih tema yang menarik dan diminati oleh banyak orang, terutama tema-tema yang fresh atau yang tak lekang oleh waktu. Pastikan juga Anda memiliki informasi yang akurat dan up-to-date tentang tema yang dipilih agar bisa menyediakan action figure yang tepat untuk para pelanggan.

Baca juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

4. Belajar Tentang Harga Pasar

Sebelum memulai bisnis action figure, Anda harus belajar tentang harga pasarnya terlebih dahulu. Pasalnya harga untuk beberapa action figure yang langka tidak punya patokan khusus, ada beberapa action figure yang bahkan bisa terjual seharga ratusan juta.

Dalam hal ini, Anda tentunya harus punya kemampuan untuk menganalisis harga action figure tersebut di pasaran. Akan lebih baik pula jika Anda juga memiliki passion dan kecintaan dalam bidang ini. Mengingat para penggemar action figure asli pasti lebih banyak tahu tentang harga pasarnya.

5. Pemilihan Metode Penjualannya

Untuk penjualannya, coba gunakan beragam marketplace atau website bisnis supaya jangkauan penjualannya makin luas. Apalagi tidak semua orang menyukai action figure, jadi segmentasi pasarnya lebih khusus. Para penggemarnya pun bisa tersebar di beragam lokasi, bukan hanya dalam satu negara tapi juga bisa antar negara lho.

Ketika menjualnya secara online, berikan foto yang jelas dan deskripsi produk yang akurat agar pembeli tidak merasa kecewa dengan produknya. Untuk dapat harga jual tertinggi coba jual dalam sistem lelang, ada beberapa platform jualan khusus yang memungkinkan Anda untuk melakukannya.

6. Ketahui Tren Terbaru

Selanjutnya coba pelajari tren dan kebutuhan pasar, seperti film atau anime yang baru saja dirilis, agar bisa mengikuti permintaan pasar. Jangan terlalu lama menunggu untuk memasarkan action figure yang sedang tren karena bisa jadi pasar sudah jenuh.

Akibatnya pelanggan jadi tidak lagi tertarik lagi hingga akhirnya permintaannya merosot. Itulah beberapa tips bisnis action figure yang bisa menghasilkan keuntungan. Satu hal yang pasti, Anda harus punya pemahaman yang baik dalam bidang ini dan pintar memanfaatkan peluang agar bisa mencapai kesuksesan.