9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim

Menikmati liburan yang menyenangkan tentu menjadi keinginan semua traveler. Namun, jika hanya memiliki budget yang minim untuk berlibur, maka pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk mengatur segala sesuatunya. 

Simak beberapa langkah cerdas berikut ini, yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan menyenangkan dengan budget yang minim:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih destinasi yang tepat dan sesuai budget

loader

Destinasi liburan sangat menentukan budget liburan, jadi penting untuk mengatur urusan yang satu ini dengan hati-hati. Beberapa destinasi yang jauh dengan moda transportasi yang terbilang sulit, akan membutuhkan budget liburan yang cukup tinggi. 

Hal-hal seperti ini harus kamu cermati dengan baik, apalagi jika hanya punya budget terbatas untuk liburan. Pilih destinasi liburan yang tepat dan sesuai dengan budget yang dimiliki sejak awal, sehingga kamu lebih mudah untuk mengatur segala sesuatunya dengan maksimal. 

2. Susun rencana sejak jauh-jauh hari

Liburan dadakan mungkin menyenangkan dan bisa memberi sensasi yang lebih seru, namun hal ini juga sangat beresiko dan bisa membuat liburan menjadi berantakan. 

Saat hanya memiliki budget minim, sangat penting untuk menyusun rencana liburan sejak jauh-jauh hari. Selain mempersiapkan biaya liburan, kamu akan memiliki waktu untuk mengatur segala sesuatunya dengan lebih matang. 

Kamu bahkan bisa menghemat biaya perjalanan dengan membeli tiket pesawat dan memesan hotel di harga terbaik, termasuk memilih waktu liburan yang tepat dengan biaya yang paling hemat.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

3. Berlibur bersama

Jika punya budget liburan yang minim, maka mengajak orang lain untuk berlibur bersama akan lebih hemat. Kamu bisa berbagi kamar dan juga biaya taksi selama liburan nanti, sehingga pengeluaran menjadi lebih kecil. 

Selain itu, berlibur bersama teman atau saudara seperti ini juga akan jauh lebih menyenangkan, jika dibandingkan ketika berlibur sendiri. Ada banyak aktivitas liburan yang bisa dinikmati bersama, sehingga liburan lebih berkesan dan bahkan terasa lebih nyaman.

4. Bawa semua barang yang dibutuhkan

loader

Jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa berbagai barang yang dibutuhkan selama liburan nanti. Bawa pakaian dan juga berbagai peralatan penting yang diperlukan, seperti: charger, kamera, dan yang lainnya. 

Siapkan juga obat-obatan untuk perjalanan liburanmu, sehingga tidak perlu lagi kerepotan dan mengeluarkan uang untuk kebutuhan ini jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Selain itu, bawa beberapa camilan kesukaanmu, agar tidak bosan dan kelaparan saat liburan nanti.

5. Pilih destinasi yang murah

Liburan seru tidak hanya di tempat yang mahal saja, kamu juga bisa menikmati liburan menyenangkan di destinasi wisata yang cukup murah. Cari informasi ini sejak jauh-jauh hari, sehingga bisa mengatur agenda liburanmu dengan baik sejak awal. Selain menikmati liburan yang lebih maksimal, hal ini juga akan menghemat budget liburanmu.

6. Pilih penginapan yang terjangkau

Biaya menginap termasuk salah satu yang paling menyita budget liburan, sehingga perlu mencermati ini dengan baik. Jika ingin berhemat, maka harus pintar dalam memilih penginapan yang tepat. 

Carilah informasi mengenai penginapan ini sejak awal, sehingga bisa melakukan perbandingan dan memilih penginapan yang paling tepat dan hemat biaya. 

Daripada membawa sewa hotel yang mahal, tinggal di guest house atau homestay selama liburan tentu bisa menjadi pertimbangan.

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

7. Makan di warung biasa 

loader

Biaya makan juga menjadi salah satu yang paling besar saat liburan. Jika ingin menghemat biaya liburan, maka hindari untuk makan di restoran yang mahal. 

Menikmati kuliner lokal di warung makan biasa tentu bisa menjadi agenda yang menyenangkan. Hindari rumah makan di sekitar tempat wisata, karena harganya biasanya lebih mahal. 

Pilih warung makan yang tidak ada di jalan utama atau bahkan sedikit masuk ke pemukiman, agar bisa menikmati makanan lezat dengan harga yang bersahabat.

8. Belanja dengan cerdas dan hemat

Jangan memborong semua oleh-oleh dari tempat liburan, apalagi jika tidak tahu akan dikemanakan oleh-oleh tersebut. Rencanakan budget belanja dengan cerdas, di mana kamu hanya membeli oleh-oleh yang secukupnya saja. 

Selain itu, belanjalah di tempat yang paling tepat dan murah, agar bisa menghemat biaya yang satu ini dengan baik.

9. Siapkan sejumlah dana darurat

Siapkan juga sejumlah dana darurat untuk liburanmu ini, agar kegiatan yang satu ini tidak sampai menimbulkan masalah di dalam keuanganmu. 

Alokasikan sejumlah dana darurat ini sejak awal, agar bisa berlibur dengan tenang dan kembali dari liburan dengan bebas hutang.

Liburan Hemat dan Tetap Menyenangkan

Berlibur dengan budget minim bukanlah sesuatu yang menakutkan, sebab kamu juga tetap bisa bersenang-senang selama liburan tersebut. 

Rencanakan dan siapkan dana liburanmu ini dengan baik sejak awal, agar bisa menikmati liburan yang hemat menyenangkan, tanpa masalah keuangan.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik dan Tips Liburan Aman 2022