Tips Hemat Pengeluaran Tanpa Harus Mengesampingkan Kehidupan Sosial

Di zaman seperti saat ini, koneksi menjadi hal yang cukup penting. Bahkan bisa dikatakan menjadi kunci kesuksesan untuk seseorang. 

Biasanya koneksi bisa diperoleh dengan bersosialisasi bersama banyak orang. Akan tetapi, agar bisa lebih aktif dalam bersosialisasi biasanya ada sejumlah hal yang harus dikorbankan.

Selain waktu yang pastinya akan banyak terbuang, uang pun juga harus rela dikeluarkan. Semakin sering kita bersosialisasi, maka akan semakin banyak nominal yang terbuang.

Lantas bagaimana agar bisa tetap hemat meski kamu aktif bersosialisasi? Simak tips yang bisa kamu jalankan tanpa perlu mengorbankan kehidupan sosial yang sedang dibangun.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sebaiknya pesan menu dessert

loader

Ketika meeting, kebanyakan akan diadakan di cafe atau tempat makan. Jadi, tips terbaik buat menghemat pengeluaran adalah memilih menu dessert saat bersama teman. Hal ini secara tak langsung bisa membantu menghemat pengeluaran sekitar 20 sampai 50 persen untuk membayar biaya makan.

2. Kurangi minuman beralkohol

loader

Jika berencana ingin pergi hangout ke bar, cobalah berusaha untuk memesan hanya satu minuman saja. Perlu diketahui bahwa harga jenis minuman beralkohol tak bisa dibilang murah. Sehingga, jika tidak membatasi diri bisa-bisa dompet akan  terkuras untuk membelinya.

Awalnya, mungkin akan merasa kurang dengan satu jenis minuman saja dan tergoda untuk memesan lagi. Apalagi, suasananya juga cukup mendukung. Untuk itu, perlu pengendalian diri, serta kesadaran diri akan tujuan finansial pribadi ketika godaan tersebut melintas.

Baca Juga: 8 Gaya Hidup yang Bikin Penyakit Maag Cepat Kambuh

3. Pilih nonton film hemat

loader

Nonton film di bioskop bisa jadi salah satu jenis pengeluaran terbesar dan bisa membuat kantong terkuras. Apalagi saat hari.libur, biasanya harga tiket nonton di bioskop akan jadi lebih mahal dibandingkan hari kerja.

Agar bisa menghemat pengeluaran, tapi tetap bisa nonton film hemat kamu bisa mencoba buat hunting promo tiket online. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan promo diskon untuk pembelian tiket  secara online. Jadi bisa tetap nonton  film kesukaan tanpa perlu keluar uang banyak.

Atau jika film yang dipilih memang hanya diputar saat akhir pekan, maka coba berhemat dengan menahan diri untuk tidak membeli apapun ketika menonton, misalnya minuman atau popcorn.

4. Nonton konser gratis (jadi volunteer)

loader

Hampir sebagian besar acara konser yang ada pasti akan membutuhkan volunteer. Daripada mengunjungi situs web agar bisa mendapatkan tiket promo, cobalah untuk mengajukan diri sebagai “volunteer” atau bisa juga mengirimkan query melalui pilihan “hubungi kami”.

Dengan begitu, kamu bisa menonton konser yang diinginkan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan sepeser biaya apapun. Bahkan umumnya kamu bisa mendapatkan kemudahan lainnya, seperti bertemu artis pengisi acara dengan lebih dekat, bisa minta foto juga!

5. Ada baiknya beli barang 'second hand' yang masih bagus

loader

Seiring berkembangnya zaman, sekarang ini ada begitu banyak aplikasi marketplace. Media yang memungkinkan semua orang untuk memperjualbelikan barang-barang second hand atau bekas yang sudah tidak lagi digunakan secara online.

Hal ini tentu akan lebih memudahkan kamu mendapatkan barang-barang second hand yang masih layak pakai  dan berkualitas. Sehingga, keinginan untuk tetap tampil gaya masih bisa dilakukan tanpa perlu membuat pengeluaran membengkak dan bikin pusing.

Baca Juga: Mau Cepat Sukses? Tiru Gaya Hidup Elon Musk Ini!

6. Bila Harus Memberikan Hadiah, Pilih yang hadiah bermakna

loader

Semakin erat hubungan dengan seseorang, pasti akan membuat kita jadi lebih perhatian dengan orang tersebut. Setiap ada momen yang dianggap berharga pasti ingin memberikan hadiah atau kado tertentu untuk merayakan momen tersebut. Misalnya saja seperti momen ulang tahun, maupun hari anniversary.

Untuk itu, coba berikan hadiah dengan makna mendalam ketimbang hadiah yang cuma mahal saja tapi kurang bermakna. Contohnya saja, jika teman dekat kamu seorang wanita. Kamu bisa mencoba membuatkan makanan favoritnya atau kerajinan tangan yang dibuat sendiri.  Hadiah tersebut tentu akan memberikan makna yang mendalam karena kamu membuatnya sendiri untuk mereka.

Jangan sia-siakan diskon!

Agar tetap bisa berbelanja tanpa takut pengeluaran membengkak, salah satu caranya adalah dengan menggunakan diskon. Dengan teknologi yang berkembang cukup pesat seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan voucher diskon dari mana saja. 

Cukup dengan sedikit usaha tambahan, maka diskon menarik bisa didapatkan. untuk mencarinya. Kamu bisa searching di mana saja, seperti situs-situs web, dan media sosial. Jadi, tetap bisa belanja apa saja tanpa takut dompet jebol, tapi jangan sampai kebablasan, ya!

Baca Juga: Ingin Hidup Enak Tanpa Mengandalkan Gaji Bulanan? Begini Tipsnya!