Tips Hemat Pulsa dan Kuota agar Tak Merana di Tanggal Tua

Bagi sebagian orang, tanggal tua memiliki cerita yang kurang mengenakkan, apalagi jika berhubungan dengan keuangan. Pada tanggal tua, orang-orang tersebut harus berusaha mengatur anggaran yang sudah disusun sedemikian rupa agar cukup sampai akhir bulan. Agak susah memang, apalagi jika ada beberapa kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi. 

Hal yang lebih buruk lagi adalah ketika Anda dihadapkan pada krisis akhir bulan, di mana kuota internet dan pulsa tiba-tiba habis. Wah, bisa jadi Anda dibuat pusing tujuh keliling. Apalagi di zaman sekarang ini, kuota internet dan pulsa bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi. 

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menghindari hal seperti itu terjadi. Salah satunya dengan mengatur pemakaian dan melakukan penghematan kuota internet agar bisa cukup sampai akhir bulan. Jika masih belum tahu bagaimana cara melakukannya, di bawah ini ada beberapa tips menghemat pulsa dan kuota.

Baca Juga: Kelebihan Beli Pulsa Secara Online vs Offline

Cara Jitu Menghemat Pulsa dan Kuota Internet

loader

Cara Jitu Menghemat Pulsa dan Kuota Internet

  • Manfaatkan WiFi

    Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan keberadaan WiFi di sekitar Anda. Ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat kuota dan pulsa karena Anda tak perlu mengeluarkan kuota pribadi sama sekali. Apalagi sekarang WiFi sudah sangat mudah ditemui, baik di tempat kerja, rumah makan, bahkan di fasilitas publik. 

    Anda bisa mengaktifkan WiFi setiap saat agar ketika ada jaringan WiFi, ponsel pun bisa langsung tersambung. Tak perlu khawatir, pada beberapa kesempatan, jaringan WiFi justru lebih stabil jika dibandingkan dengan data seluler.

  • Aktifkan Layanan Hemat Data

    Cara kedua adalah dengan mengaktifkan fitur hemat data pada ponsel. Biasanya, Anda bisa menemukan fitur ini pada beberapa aplikasi seperti Google Chrome, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah untuk mengatur seberapa besar data yang akan digunakan, sehingga bisa sedikit menghemat kuota. 

    Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan fitur seperti memutar video dalam kualitas HD, mengunduh gambar, hingga upgrade aplikasi otomatis. Mudah, kan?

  • Manfaatkan Aplikasi Messaging

    Saat ini, keberadaan aplikasi berbasis messaging sudah sangat banyak jenisnya. Semua memiliki fitur yang menarik dan pastinya sangat membantu Anda dalam berkomunikasi. Anda hanya perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. 

    Nah, jika memiliki aplikasi messaging ini, Anda perlu memanfaatkannya secara maksimal agar bisa menghemat pulsa. Anda bisa melakukan panggilan atau berkirim pesan melalui aplikasi berbasis internet ini. Jadi, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk pembelian pulsa. 

    Tak perlu khawatir, kuota yang dibutuhkan untuk aplikasi ini pun tak terlalu besar. Apalagi sekarang sudah tersedia paket internet yang khusus untuk aplikasi berbasis messaging dan media sosial. Jadi, Anda bisa berhemat dalam membeli pulsa dan kuota. 

  • Manfaatkan Promo

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan penawaran atau promo yang diberikan operator seluler yang Anda gunakan. Hal ini bisa membantu Anda dalam menghemat budget. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mendapatkan layanan yang sama, kok.

  • Bijak Menggunakan Internet

    Cara terakhir yang bisa diterapkan adalah dengan mengurangi pemakaian internet untuk hal-hal yang kurang perlu, seperti nonton film atau bermain media sosial. Meskipun menghibur, tapi kegiatan tersebut membutuhkan kuota yang tak sedikit, lho. 

    Untuk itu, Anda harus bijak dalam menggunakan internet, ya. Apalagi jika mengaksesnya dengan data seluler, bisa jebol kuota Anda! Jika memungkinkan, Anda tetap bisa mengakses media sosial dengan memanfaatkan jaringan WiFi. 

Jadilah Pengguna Smartphone yang Pintar dan Bijak

Nah, itulah lima tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pulsa dan kuota, khususnya di tanggal tua. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan anggaran ekstra untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini, padahal ada cara yang bisa dilakukan untuk menghematnya. 

Tak perlu risau, meskipun berhemat bukan berarti Anda tak bisa menikmati layanan internet dengan maksimal. Perhitungan dan penggunaan yang cermat bisa membantu Anda tetap memiliki kuota dan pulsa yang cukup sampai akhir bulan. Sehingga, krisis kuota di tanggal tua pun bisa terhindarkan. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh