Anti Malas, Praktikkan 7 Tips ini Agar Khatam Al-Qur’an selama Bulan Ramadhan

Bagi kamu yang beragama Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bulan Ramadhan. Bahkan mungkin bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang paling dinanti kedatangannya setiap tahun. Karena selain menjalani kewajiban berpuasa, umat Islam juga memiliki kesempatan untuk mensucikan dirinya dari segala dosa.

Mensucikan diri yang dimaksud adalah dengan berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk mendapat pahala yang banyak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai amalan, seperti bersedekah, shalat tarawih, dan juga membaca Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an pada bulan Ramadhan ini biasanya dilakukan selama satu bulan penuh.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Mengaji Al-Qur'an sampai Khatam selama Bulan Ramadhan

loader

Target utama banyak orang pada bulan ini adalah bisa khatam Al-Qur’an dalam jangka waktu 30 hari. Meskipun dianggap mudah, tapi ternyata masih banyak yang belum bisa menjalankannya hingga akhir. Jika kamu juga demikian, mungkin 5 tips di bawah ini bisa kamu praktekkan agar khatam Al-Qur’an selama bulan Ramadhan.

1. Buat Jadwal yang Teratur

Tips pertama, mulailah dengan membuat jadwal membaca Al-Qur’an yang tepat dan tentunya harus teratur. Tujuan dari dibentuknya jadwal ini agar bisa tahu perkiraan kapan akan khatam Al-Qur’an. Selain itu, kamu bisa lebih mudah mengerjakan pekerjaan lain tanpa bentrok dengan jadwal membaca Al-Qur’an.

Inspirasi  jadwal membaca Al-Qur’an yang baik bisa dibuat dengan membagi waktu membaca dalam sehari menjadi lima waktu. Setelah selesai menjalankan ibadah shalat wajib, biasakan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu. Lakukan kegiatan tersebut dengan rutin sesuai jadwal yang telah disusun tadi.

Baca Juga: 10 Kartu Kredit Terbaik untuk Belanja Kebutuhan Ramadhan

2. Selalu Bawa Al-Qur’an Mini Kemana dan Kapan Saja

Jika kamu sedang berada di luar atau dalam perjalanan, mungkin akan bingung bagaimana tetap istiqomah membaca Al-Qur’an. Tenang saja, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan selalu membawa Al-Qur’an berukuran mini kemana saja. Saran ukuran mini ini bertujuan agar tidak terlalu berat dan repot untuk dibawa kemanapun saat bepergian.

Dengan menggunakan tips ini, kamu bisa tetap membaca Al-Qur’an di sela kesibukan dalam perjalanan. Selain ukurannya yang mini dan ringan, Al-Qur’an ini tidak memakan banyak ruang ketika diletakkan dimana saja. Jadi, kamu bisa mengandalkan Al-Quran mini untuk tetap Istiqomah membaca Al-Qur’an.

3. Install Aplikasi Al-Qur’an

Selanjutnya manfaatkan kecanggihan teknologi dengan menginstall aplikasi Al-Qur’an. Di zaman yang canggih ini sudah banyak bertebaran aplikasi Al-Qur’an yang bisa diinstall di berbagai jenis device. Saat ini orang-orang juga didominasi dengan penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari.

Manfaat menggunakan aplikasi Al-Qur’an pada smartphone ini juga sangat beragam. Selain karena keefektifannya dalam memanfaatkan teknologi yang ada, aplikasi Al-Qur’an juga dikenal lebih praktis. Jadi, meskipun sedang berada di tengah perjalanan, kamu tetap bisa mencicil baca Al-Qur’an agar bisa khatam.

Baca Juga: Sedekah Online: Simak Hukum dan Tips Aman Sedekah Lewat Aplikasi Ini

4. Berlatih Membaca Satu Juz dalam Satu Hari

Lanjut lagi kamu bisa menargetkan selesai membaca satu juz selesai dalam satu hari. Cara ini sudah sangat familiar bagi mereka yang suka menjalankan tadarus setiap malam selama bulan Ramadhan. Karena target mereka adalah satu hari selesai satu juz, sehingga dalam sebulan bisa khatam membaca Al-Qur’an sebanyak 30 juz.

Jika kamu belum merasa sanggup untuk melakukan tips yang satu ini, tidak perlu khawatir berlebihan. Karena memang ada beberapa orang yang belum terbiasa membaca satu juz hanya dalam waktu sehari. Jika ingin berlatih, cobalah membaca Al-Qur’an ketika sedang ada waktu luang setiap harinya.

5. Menabung Bacaan pada Awal Bulan Ramadhan

Tips terakhir yaitu dengan menabung setiap bacaan-bacaan Al-Qur’an di awal bulan Ramadhan. Tidak jarang banyak orang terlalu bersemangat mengkhatamkan Al-Qur’an di awal bulan Ramadhan saja. Ternyata rasa malas datang di tengah bulan dan menyebabkan tidak khatam Al-Qur’an seperti rencana awal.

Untuk menghindari hal seperti itu, usahakan menabung sedikit demi sedikit di awal bulan Ramadhan. Kamu bisa mencicil bacaan-bacaan Al-Qur’an di awal bulan ketika masih dalam perasaan semangat yang besar. Tujuan tips ini yaitu supaya tidak kewalahan di akhir bulan mendekati hari Raya Idul Fitri.

6. Gunakan juga Waktu antara Adzan dan Iqamah untuk Membaca Al-Qur'an

Tidak haru menunggu setiap selesai sholat, kamu juga bisa memanfaatkan waktu antara adzan dan iqamah untuk membaca Al-qur'an atau bermeditasi. Anjuran ini cocok untuk kamu yang biasanya berusaha untuk sholat tepat waktu, terutama berjamaah di masjid atau mushola.

Cara ini tentunya perlu dipraktekkan secara konsisten, sehingga menjadi kebiasaan umum dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat bulan Ramadhan. Menggunakan waktu dengan kelembutan, terutama dalam bentuk upacara keagamaan, tentunya akan membuat hati lebih tenteram. Ibadah yang berlangsung selama bulan Ramadhan seringkali dianggap lebih lengkap.

7. Memperhatikan Jadwal dan Masa Menstruasi

Untuk para muslimah, pastikan siklus dan periode bulanan  dicatat dalam target bacaan harian. Jika kamu biasanya membaca 1 juz setiap hari, mungkin pada hari-hari tertentu kamu perlu membaca 1,5 juz atau 2 juz untuk tetap mencapai tujuan.

Doa Khatam Al Quran

Setelah khatam Al Quran, kamu bisa membaca doa khatam Al-Qur'an agar Al Quran yang sudah dibaca bisa menjadi petunjuk dan rahmat bagi yang membacanya.

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن

Allahummarhamna bil qur’an, waj’alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatan yaa rabbal alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah kami sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-Quran) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, serta rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dan jadikanlah ia hujjah kami, yaa Rabbal ‘alamin.”

Khatam Al-Qur’an Tanpa Rasa Malas Selama Bulan Ramadhan

Rasa malas biasanya datang di tengah bulan Ramadhan, dan umumnya membuat niat khatam Al-Qur’an tidak terwujud. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu bisa coba mempraktekkan kelima tips di atas saat bulan Ramadhan tiba nanti. Dengan niat kuat dan anti malas, khatam Al-Qur’an akan jadi lebih mudah selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Beli Takjil Online? Begini Cara Bayar Pesanan GoFood, Grab Food, ShopeeFood Pakai Kartu Kredit