Ingin Berlibur Bersama si Kecil? Lakukan Tips Ini agar Liburan Berjalan Lancar Tanpa Drama

Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Bisa melakukan hobi bersama, pergi berlibur, atau hanya sekadar bersantai di rumah. Semuanya perlu dilakukan untuk me-refresh diri serta memperkuat bonding antar anggota keluarga. 

Lantas, bagaimana jika pergi berlibur bersama keluarga tapi dengan membawa si kecil? Tentu menjadi tantangan tersendiri karena anak-anak identik dengan ‘susah diatur’. Akan ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan, termasuk destinasi tujuan, barang bawaan, bahkan makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi anak. 

Namun, kamu tak perlu khawatir karena liburan tetap bisa menyenangkan meskipun dilakukan bersama si kecil, lho. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tips di bawah ini!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Tips Liburan Aman dan Menyenangkan Bersama si Kecil

loader

Liburan Bersama Anak

1. Pilih Destinasi Liburan yang Tepat

Sebelum mengajak anak berlibur, pastikan sudah memilih destinasi liburan yang tepat, ya. Ini bisa dilakukan dengan mencari tahu informasi melalui internet ataupun dengan meminta rekomendasi teman atau kerabat terdekat. Jika memungkinkan, kamu bisa bertanya langsung pada anak mengenai tempat mana yang ingin dikunjungi. 

Hal ini penting karena tak semua tempat wisata ramah dan aman untuk anak. Jika di tempat tujuan tak ada objek yang ‘dianggap’ menarik oleh anak, maka liburan tak akan berkesan. Anak pun bisa merasa grumpy karena merasa bosan.

2. Penginapan yang Nyaman

Jika ingin membawa si kecil berlibur dan harus menginap, pastikan bahwa penginapan yang kamu pilih cukup aman dan nyaman. Baik itu hotel, vila, ataupun tempat menginap yang lain, haruslah memiliki fasilitas yang ramah anak. Ini menjadi penting karena di penginapan inilah anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk beristirahat. 

Jika memesan kamar hotel, pilihlah kamar yang cukup luas. Pasalnya, akan ada banyak barang yang diletakkan di sana. Jika memungkinkan pilihlah tempat tidur king size agar lebih leluasa digunakan. Selain itu, fasilitas hotel pun harus diperhitungkan, seperti tersedianya playground atau kolam renang yang bisa menaikkan mood si kecil.

3. Membawa Barang yang Disuka

Setiap orang tua tak pernah bisa memprediksi kapan mood anak dalam keadaan baik atau buruk. Bisa jadi di pagi hari anak-anak ceria, tapi siang harinya menjadi rewel tanpa sebab. Ini tentu cukup merepotkan dan bisa mengganggu rencana berlibur yang sudah jauh-jauh hari disusun. 

Untuk mengatasinya, mungkin kamu perlu membawa barang atau mainan kesukaan si kecil. Ini bisa membantu menjaga mood dan menenangkan si kecil. Tapi, pastikan barang tersebut tak cukup menyulitkan untuk dibawa, ya.

4. Membawa Makanan atau Minuman Favorit

Selain barang, kamu bisa juga membawa makanan atau minuman favorit si kecil. Ini akan sangat membantu, apalagi jika anak tak bisa sembarangan makan karena alergi. Makanan atau camilan ini bisa juga dijadikan stok untuk berjaga-jaga kalau si kecil lapar di tengah malam. 

Bagi yang membawa bayi, pastikan membawa stok susu formula yang cukup, ya. Jangan lupa membawa semua peralatan yang diperlukan agar tak kerepotan jika dibutuhkan di tengah jalan.

5. Rencanakan Liburan secara Mendetail

Saat hendak mengajak anak berlibur, pastikan kamu merencanakannya dengan matang dan mendetail, ya. Pasalnya, anak paling tidak bisa diminta untuk menunggu atau berbelit-belit. Dengan rencana dan jadwal yang sudah dipersiapkan sebelumnya, maka akan sangat mudah mengatur anak dan menjaga mood-nya agar tidak rewel.

Carilah informasi selengkap-lengkapnya mengenai destinasi liburan yang dituju, seperti harga tiket, rute perjalanan, fasilitas dan objek wisata, hingga tempat makan yang akan dikunjungi. Semakin lengkap informasi yang didapatkan, semakin mudah pula mengatur liburan yang menyenangkan untuk anak. 

6. Jadwal yang Fleksibel

Meskipun menyusun jadwal sebelum berlibur bersama anak adalah hal yang penting, kamu harus bersiap pada kemungkinan terburuk, ya. Bisa jadi saat itu mood anak sedang buruk, cuaca tak mendukung, anak tiba-tiba sakit, atau hal buruk lain yang mungkin saja terjadi. Jadi, ekspektasikan diri lebih awal dengan perubahan-perubahan rencana tersebut agar tak terlalu kecewa. 

Nyaman Berlibur Bersama Anak dengan Asuransi Perjalanan

Membawa anak saat liburan memang cukup merepotkan. Tapi, liburan bersama orang tua akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi anak. 

Untuk itu, ciptakan momen liburan yang menyenangkan bagi si kecil dengan mempersiapkannya sebaik mungkin. Jika perlu, proteksi liburan keluargamu dengan asuransi perjalanan agar liburan lebih aman dan nyaman. Selamat berlibur!