Tips Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami, Wajib Dicoba!

Rambut merupakan mahkota yang dianggap sebagai elemen penting dalam menunjang penampilan. Rambut sering digunakan sebagai cara untuk mengekspresikan kepribadian dan gaya seseorang.

Mengganti model rambut juga menjadi hal yang lumrah dilakukan untuk menonjolkan style tertentu. Salah satu yang digandrungi banyak orang, terutama perempuan, adalah rambut lurus dan berkilau yang sehat.

Untuk mendapatkan rambut lurus, beberapa orang akan mengandalkan treatment di salon menggunakan bahan dan alat khusus. Hanya dengan beberapa kali perawatan, rambut akan lurus sempurna.

Baca Juga: Ini Dia Tips Biar Penampilan semakin Menarik dan On Point saat Lebaran Tiba

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

10 Bahan Alami untuk Meluruskan Rambut

loader

Tips Memiliki Rambut yang Lurus

Selain ke salon, kamu juga bisa membuat rambut lurus dengan bahan-bahan alami. Berikut 10 bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut.

  1. Telur dan Zaitun

    Telur dan zaitun memiliki manfaat yang dapat melembabkan dan membuat rambut lebih lembut. Caranya, campurkan satu putih telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun.

    Oleskan dengan merata pada rambut setelah keramas saat masih setengah kering atau lembab. Tutup rambut dengan handuk dan diamkan selama satu jam. Lalu, bilas hingga bersih dengan air dingin.

  2. Santan dan Zaitun

    Kandungan santan yang berminyak sangat cocok menutrisi rambut. Campurkan dengan zaitun hingga merata, lalu oleskan ke rambut dengan jari atau sisir beruas besar.

    Tutup rambut selama 30 menit  dan bilas hingga bersih. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu secara rutin untuk rambut lurus dengan hasil yang maksimal. 

  3. Lidah Buaya

    Sejak dulu, lidah buaya dikenal baik untuk menutrisi rambut. Kandungan asam lemak, asam amino, Vitamin A, dan E pada lidah buaya dapat menumbuhkan folikel agar rambut lebih lebat. 

    Lidah buaya yang berbentuk seperti gel membuat tekstur rambut halus dan mudah diatur. Gunakan lidah buaya bersama minyak zaitun, oleskan ke rambut, dan diamkan selama satu jam. Bilas dengan bersih dengan sampo dan kondisioner untuk hasil yang lebih baik. 

  4. Madu

    Sama seperti lidah buaya, madu juga membantu folikel rambut untuk tubuh. Teksturnya yang lengket dapat memberikan kelembaban ekstra sehingga rambut akan lebih mudah diatur. 

    Campurkan madu dengan bahan alami lainnya, seperti susu atau zaitun, lalu oleskan ke rambut mulai dari akar hingga ujungnya. Diamkan selama 2 jam lalu bilas hingga bersih. 

  5. Pisang

    Rambut kering dan susah diatur akan menjadi lembut dengan menggunakan masker pisang. Hal ini karena pisang memiliki kandungan silika yang dapat membuat rambut lebih lembut dan kuat. 

    Pisang juga dipercaya dapat menyembuhkan kulit kepala yang kering atau terkelupas dan mampu menghilangkan ketombe. Campurkan pisang dengan zaitun, oleskan ke rambut dengan merata. Diamkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih dan tidak licin.

  6. Telur dan Yoghurt

    Campuran telur dan yoghurt dapat membuat rambut lebih lembut. Campurkan 3 putih telur dengan 3 cup yoghurt hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan secara merata ke seluruh rambut, dan tutup dengan handuk hangat.

    Setelah 30 menit, bilas rambut dengan sampo dan air dingin. Lakukan secara rutin, setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk rambut lurus yang mudah diatur.

  7. Telur dan Tepung Beras

    Ternyata, tidak hanya untuk membuat kue, tepung beras juga bisa digunakan sebagai bahan pelurus alami rambut. Campurkan 5 sendok tepung beras dan satu putih telur hingga teksturnya mengental seperti krim.

    Aplikasikan ke seluruh rambut dengan merata, mulai dari akar hingga ujung rambut. Sesekali pijat kepala dengan gerakan memutar selama 3 menit dan diamkan selama satu jam. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo hingga bersih.

  8. Pepaya dan Madu

    Pepaya juga menjadi salah satu bahan alami untuk meluruskan rambut. Tekstur pepaya yang kental sangat cocok dicampurkan dengan madu.

    Untuk menggunakan masker ini, blender halus pepaya secukupnya dan tambahkan dua sendok teh madu. Oleskan pada seluruh bagian rambut dan tunggu selama satu jam. Kemudian, bilas hingga bersih dengan air dingin.

  9. Cuka Apel

    Cuka apel memiliki manfaat yang baik untuk rambut, misalnya membantu mengurangi kadar minyak di kulit kepala, menghilangkan kotoran, dan meluruskan rambut. Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok cuka apel dan satu gelas air.

    Oleskan ke rambut setelah keramas sebagai bilasan terakhir. Lalu, bilas kembali hingga bersih  menggunakan sedikit air dan sampo. Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali seminggu. 

  10. Minyak Kedelai dan Minyak Jarak

    Kedua bahan ini dipercaya dapat membuat rambut yang ikal menjadi lurus secara alami. Caranya, campurkan dua sendok makan minyak jarak dengan satu sendok makan minyak kedelai, dan panaskan selama 5 menit dengan api kecil.

    Setelah dingin, oleskan ke seluruh bagian rambut dengan merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan sampo dan air hangat hingga bersih.

    Itulah 10 bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk meluruskan rambut. Bahan-bahan itu sangat mudah ditemukan, jadi bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

    Baca Juga: Gerakan Yoga untuk Atasi Perut Buncit dan Turunkan Berat Badan

Tips Merawat Rambut agar Tetap Sehat

loader

Rambut yang Lurus dan Sehat

Menjaga kesehatan rambut merupakan yang tidak boleh diabaikan. Sebab, rambut merupakan bagian tubuh yang penting dan dapat menunjang seluruh penampilan seseorang. Tidak harus dengan biaya mahal, kamu dapat menjaga kesehatan rambut dengan melakukan hal-hal sederhana di bawah ini. Berikut ulasannya.

  1. Bersihkan Secara Rutin

    Hal mendasar yang perlu dilakukan agar rambut tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihannya. Keramaslah 2 hingga 3 hari dalam seminggu. Jangan terlalu sering karena akan membuat rambut kering.

    Pilihkan sampo yang cocok dengan kondisi rambut. Jika perlu, pilihlah sampo dengan bahan alami atau sedikit menggunakan natrium atau sodium lauryl sulfat agar rambut tidak rusak. 

  2. Gunakan Kondisioner

    Selain dengan sampo, mulailah rutin menggunakan kondisioner setelah keramas agar rambut lebih lembut dan sehat. Berbeda dengan sampo, kandungan kondisioner diformulasikan untuk menutrisi rambut.

    Gunakan kondisioner setelah keramas saat rambut masih basah. Pijat sesekali agar menyerap ke rambut dan kulit kepala, lalu diamkan sebentar. Selanjutnya, bilas dengan air hingga bersih. 

  3. Kurangi Styling yang Berat

    Mencoba berbagai model rambut memang menyenangkan. Rambut jadi bisa dibentuk sesuai kebutuhan, seperti keriting atau bergelombang dan hair coloring. Namun, sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena akan merusak komponen rambut. Zat kimia pada pewarna rambut akan merusak warna alami rambut dan membuat kering.

    Suhu panas dari hair dryer atau hair curler juga akan merusak rambut dan menyebabkan patah hingga rontok. Oleh karena itu, styling rambut secukupnya saja. Jika memang dibutuhkan, berikan perawatan yang tepat agar rambut tetap terjaga kesehatannya.

  4. Potong Rambut Rutin

    Memotong rambut bukan hanya dilakukan ketika ingin berganti mode. Dengan memotong rambut secara berkala, kamu sudah mencegah rambut pecah dan bercabang sehingga menyebabkan tekstur yang kasar.

    Potonglah rambut setidaknya setiap 10 hingga 12 minggu. Disarankan untuk datang ke salon karena hair stylist memahami cara memotong yang benar untuk menghilangkan rambut bercabang.

  5. Sayangi Rambut

    Hal yang paling penting dalam merawat rambut sehat adalah dengan menyayangi rambut. Tak masalah jika rambut kamu ikal atau keriting, berikan perawatan sebaik mungkin agar tumbuh dengan sehat. Hindari kebiasaan yang dapat merusak rambut, seperti mengikat rambut terlalu kencang, tidak membersihkannya dengan rutin, dan tidak mengistirahatkan rambut.

    Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut. Itulah 5 kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Mulai sekarang, lakukan secara rutin agar rambut tumbuh sehat dan terawat.

Jaga Kesehatan Rambut Mulai Sekarang

Rambut merupakan fitur penting dalam penampilan seseorang. Tak heran jika sebagian orang bersedia melakukan perawatan ekstra agar tumbuh dengan sehat dalam waktu lama. Utamakan bahan-bahan alami dalam merawat rambut. Lakukan kebiasaan baik yang akan membuat rambutmu semakin sehat dan terawat.

Baca Juga: Kulit Kembali Mulus, 8 Salep Penghilang Bekas Luka Ini Perlu Kamu Coba