Tips Membeli Baju Baru Lebaran Agar Kantong Tidak Cepat Tipis

Ada sebuah tradisi yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu membeli baju lebaran. Hal yang ini memang unik karena hanya terjadi setahun sekali.

Namun, dengan adanya banyak model baju tidak jarang membuat kalap dalam berbelanja. Kamu bisa beli berkali-kali dengan dalih sebagai baju lebaran.Untuk itu, sangat penting bagimu menyiapkan strategi yang tepat untuk membeli busana hari raya Idulfitri.

Karena tanpa adanya strategi yang tepat, kamu bisa tanpa sadar telah melakukan pemborosan uang yang berlebihan. Nah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Beli Baju Lebaran Anti Boncos

  1. Tentukan Anggaran Jauh-jauh Hari

    loader
    Anggaran Belanja Baju Lebaran

    Untuk menentukan anggaran yang diperlukan, kamu perlu mengetahui dengan jelas sumber pemasukan dana yang dimiliki, mulai dari dana Tunjangan Hari Raya atau THR, sisa tabungan, atau bahkan dana darurat.Kamu bisa menggunakan sumber dana tersebut untuk membeli baju baru untuk lebaran. Namun, sebaiknya tidak mengambil porsi dana darurat untuk membeli baju THR, ya. Gunakan dana darurat hanya untuk kebutuhan mendesak saja.

    Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengeluarkan semua dana yang dimiliki. Untuk itu, kita perlu membuat anggaran bentuk nominal yang jelas dan pertimbangkan sumber dana yang mana yang akan digunakan.

    Selain itu, menjelang hari raya Idulfitri biasanya ada banyak potongan harga, atau promo. Hal ini bisa dipertimbangkan sebelum membeli baju baru untuk hari raya.

  2. Manfaatkan Diskon Musiman, Terutama di Penghujung Ramadan

    Kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah Great Sale atau diskon musiman. Di Indonesia, kamu bisa menikmati berbagai diskon musiman dalam berbagai momentum, seperti hari raya Idulfitri, Imlek, ataupun pada saat Tahun Baru.

    Tak jarang banyak di antara kita membeli baju lebaran sejak awal Ramadan, hal ini wajar ketika kita mulai takut kehabisan stok produk baju lebaran.

    Akan tetapi, perilaku seperti ini ternyata kurang tepat. Faktanya, banyak toko baik offline maupun online yang menghadirkan promo di minggu kedua atau ketiga baik untuk koleksi baju ataupun produk baju lebaran.

    Biasanya, toko pakaian di mall akan melakukan potongan harga di waktu tepat sebelum lebaran atau H-3. Nah, mulai sekarang kamu harus mulai mengamati kembali dan bertindak secara bijak, apakah akan membeli produk ketika harga masih mahal atau menunggu promo atau potongan harga.

  3. Cek Kembali Koleksi Baju di Lemari

    loader
    Mengecek Koleksi Baju

    Hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli baju hari raya adalah dengan menyortir baju lama. Kamu bisa memilahnya jika masih layak untuk dipakai ulang.

    Cukup tambahkan aksesoris agar busana nampak baru atau berbeda. Selain itu, kamu bisa menjual baju preloved dan dananya bisa digunakan untuk membeli baju hari raya yang diinginkan.

    Jika tidak berkeinginan untuk menjualnya, bisa menyumbangkan ke beberapa tempat yang memerlukan. Ide mengeluarkan baju yang sudah terpakai sebelum membeli baju yang baru sangat baik untuk dilakukan.

  4. Jadi Kreatif, Perbaiki Baju yang Masih Layak untuk Dipakai

    Cara ini akan terdengar merepotkan bagi yang belum terbiasa melakukannya. Sebenarnya, ada banyak pilihan rombak busana, baik memberikan kepada penjahit atau melakukannya sendiri.

    Jika memilih menggunakan jasa penjahit, alangkah baiknya kita sudah memberikan ke penjahit jauh-jauh hari sebelum Ramadan. Sebab, sudah bukan lagi rahasia jasa penjahit akan sangat diminati banyak orang, bahkan sebelum Ramadan tiba.

    Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi kreatif dengan memasang aksesoris, seperti payet-payet, pita, ataupun yang lainnya. Kamu pun bisa memasangnya secara pribadi.Mungkin ini memakan waktu yang tidak sedikit. Namun, kegiatan ini bisa digunakan untuk mengisi waktu luangmu.

  5. Perhatikan Surat Elektronik yang Dimiliki

    Cara bisnis jaman sekarang baik offline maupun online sudah biasa menggunakan surat elektronik atau email untuk memberitakan sesuatu, baik promo maupun produk terbaru yang mereka miliki.

    Bahkan, beberapa toko terkadang memberikan potongan harga bagi yang pertama kali mendaftarkan diri untuk menerima surat elektronik dari sebuah toko tersebut. Tidak salahnya jika kamu bisa menggunakan metode ini untuk membeli produk lebaran.

Anggarkan Dana untuk Membeli Baju Baru

Pada dasarnya, budaya adalah hal yang masyarakat ciptakan dan tentunya semua berdasarkan pada standar masyarakat itu sendiri. Baju baru ketika lebaran seharusnya tidak menjadi barometer sukses tidaknya kita dalam melewati Ramadan.

Namun, semua sah untuk dilakukan selama tidak merugikan diri kita sendiri. Untuk itu, jika dirasa perlu untuk membeli baju baru, belilah dengan mempertimbangkan keadaan keuangan.

Baca juga: 8 Pengeluaran yang Harus Kamu Persiapkan Menjelang Lebaran