Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Supaya Jadi Besar dan Laris Manis

Mengembangkan bisnis atau usaha bukanlah pekerjaan mudah. Diperlukan strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan berhasil mencapai target dan memberikan keuntungan yang pesat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar usaha semakin berkembang, lebih maju, dan sukses di era digitalisasi saat ini.

Bagi pelaku UMKM, pedagang online, pemilik kedai kopi atau pebisnis lainnya, mengelola bisnis tahun ini masih penuh dengan tantangan karena pandemi corona yang belum usai. Namun, Anda jangan mudah menyerah, apalagi berputus asa.

Tetaplah semangat, yakinlah usaha Anda bisa sukses. Buatlah rencana dan strategi bisnis yang tepat sasaran supaya usaha Anda bisa menjadi lebih besar dan makin untung di tahun 2021. Menyoal strategi bisnis, ada tiga hal yang dapat dijadikan fokus utama dalam mengembangkan bisnis. Apa saja strateginya? Simak tips lengkapnya dari cermati.com berikut ini:

1. Terus Lakukan Inovasi dan Tingkatkan Kualitas Produk

loader

Supaya bisnis semakin maju, kuncinya adalah jangan malas untuk berinovasi. Pahami, di zaman sekarang selera pasar atau konsumen itu beragam, dinamis dan mudah bosan. Jadi, bisnis yang kurang mampu beradaptasi dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan akan sepi peminat.

Oleh sebab itu, inovasi diperlukan guna menjaga kesetiaan pelanggan lama, menggaet pelanggan baru dan mempertahankan bisnis dengan baik meskipun bisnis-bisnis baru bermunculan.

Bentuk inovasi bisnis pun beragam. Contohnya, inovasi produk baru, menambah sistem layanan pembayaran digital dan jasa kurir pengiriman, bergabung dengan e-commerce atau marketplace besar dan lain sebagainya.

Di samping inovasi, pebisnis juga perlu menjaga dan meningkatkan kualitas produk dagangan. Lakukan perbaikan kualitas produk dan layanan Anda secara konsisten supaya bisnis Anda menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor.

2. Tingkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital dan Sosial Media

loader

Di era digital, belanja apa saja bisa dilakukan dengan cepat, aman dan mudah via ponsel pintar. Bagi pebisnis, digitalisasi adalah hal yang menguntungkan sebab Anda bisa mengembangkan bisnis melalui strategi pemasaran digital (digital marketing) dan sosial media.

Pelajari dan terapkan ilmu digital marketing untuk meningkatkan konsumen dan penjualan. Misalnya, ketahui cara membuat website, cara memasang iklan online (di google, facebook, dan Instagram), cara membuat video marketing atau video promosi produk yang kekinian, cara meng-endorse influencer untuk membuat rekomendasi produk dan lain sebagainya. 

Selain itu, bangun juga positif sosial branding bisnis di media sosial (Facebook, Instagram, TikTok) dengan cara memiliki akun bisnis media sosial, rajin posting konten berkualitas seputar produk, promosi hingga edukasi tentang bisnis Anda. Lakukan hal ini secara konsisten, dan amati hasilnya.

3. Perkuat Modal Usaha Agar Bisnis Mampu Bertahan dan Berkembang

loader

Lakukan review dan evaluasi keuangan bisnis secara berkala. Cek apakah modal yang Anda miliki cukup kuat untuk menyokong semua kebutuhan dan strategi pengembangan bisnis tahun ini.

Jika modal usaha Anda saat ini tergolong pas-pasan, maka Anda perlu melakukan strategi untuk memperkuat modal. Pondasi keuangan bisnis yang kuat dapat mempermudah Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Misalnya, ada melihat ada potensi besar untuk ekspansi bisnis seperti membuka kedai kopi baru dengan suasana minimalis yang instagramable. Jangan ragu untuk mewujudkan impian bisnis terssebut. Lakukan riset, buatlah rencana dan strategi bisnis yang matang dan jangan lupa siapkan modalnya.

Namun apabila modal usaha Anda saat ini ternyata masih kurang, maka jangan bersedih. Ada solusi keuangan solutif untuk memperkuat modal usaha Anda yaitu dengan memanfaatkan Kredit Serba Guna dari J Trust Bank.

Caranya mudah, cukup dengan menjaminkan sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar, suku bunga 12,5% per tahun dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun.

Persyaratan dokumen pengajuan pinjaman juga mudah dan prosesnya cepat. Selain buat modal mengembangkan usaha, pinjaman tersebut dapat digunakan untuk semua kebutuhan, seperti biaya renovasi rumah, biaya sekolah, nikah hingga berobat.

Yakin dan Lakukan yang Terbaik

Apapun kondisi usaha Anda saat ini, tetaplah bersemangatlah. Yakinlah bahwa bisnis Anda bisa berkembang pesat, dan praktikkan tiga strategi bisnis di atas. Sebagai langkah awal, lakukan review sederhana untuk menemukan kendala bisnis yang Anda jalankan selama ini.

Misalnya, ternyata kendala usaha Anda hingga saat ini masih biasa saja adalah karena modal masih sedikit sehingga inovasi produk, pengembangan sistem dan layanan jadi tersendat. Jangan jadikan modal menjadi kendala Anda untuk semakin sukses. Urusan modal bisnis minim atau habis ada Kredit Serba Guna dari J Trust Bank yang siap membantu Anda.